Sponsors Link

9 Ciri Ciri Jerawat Kista Yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat biasanya mengejutkan bagi para remaja yang mengalami pubertas. Tetapi jerawat tidak hanya meresahkan para remaja saja. Orang dewasa yang memiliki kulit berjerawat bahkan sering merasa tidak percaya diri. Ini adalah salah satu dampak psikologis akibat jerawat yang muncul. Penyebab jerawat memang macam-macam. Penting bagi setiap orang yang berjerawat untuk memahami penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal agar bisa terhindar dari serangan jerawat.

Sponsors Link

Dari jenis jerawat dan cara mengatasinya yang bisa Anda lakukan, salah satu yang paling parah adalah jerawat kista. Jerawat kista terlihat sangat jelas di wajah karena bentuknya yang besar dan berisi cairan. Jika Anda belum terlalu memahami apa itu jerawat kista, yuk kenali ciri-cirinya!

1. Tumbuh pada kulit berminyak

Kulit berminyak pada dasarnya memang lebih rentan ditumbuhi jerawat, termasuk jerawat batu. Produksi sebum pada kulit berminyak lebih tinggi dari kulit kering, karena banyaknya kelenjar minyak yang ada. Sebum yang terlalu banyak beresiko menyumbat folikel rambut dan menyebabkan tumbuhnya jerawat. Hal ini akan menjadi lebih parah apabila ditambah dengan ketidakseimbangan hormon pada seseorang. Produksi hormon berlebih akan terjadi ketika seseorang mengalami fase pubertas atau menstruasi.

Pemilik kulit berminyak harus ekstra hati-hati dan merawat kulitnya dengan sangat baik. Jika Anda terkena jerawat hormon ketika pubertas atau menstruasi, ada banyak cara mengatasi jerawat karena hormon berlebih.

2. Ukurannya besar

Salah satu ciri ciri jerawat kista yang membedakannya dengan jerawat lain adalah ukuran jerawat batu. Jerawat kista mempunyai ukuran yang besar sehingga terlihat seolah-olah tumbuh dari bawah kulit yang membengkak. Inilah yang menyebabkan jerawat batu sangat terlihat dengan mata telanjang.

Parahnya, jerawat ini tidak bisa ditutupi dengan make up atau kosmetik. Jerawat kista lebih mudah meradang jika ditutupi dengan kosmetik atau bedak. Tidak heran jika jerawat kista termasuk jenis jerawat yang sangat mengganggu dan menurunkan kepercayaan diri si penderita jerawat.

3. Memiliki tekstur keras

Rasanya memang tepat jika jerawat kista dikategorikan sebagai jenis jerawat yang parah. Selain ukurannya yang besar hingga mudah terlihat, ciri ciri jerawat kista yang lainnya adalah memiliki tekstur yang keras. Biasanya jerawat muncul dalam bentuk yang kecil, lunak, dan masih bisa disamarkan dengan sedikit make up.

Sponsors Link

Lain halnya dengan jerawat kista. Sejak awal jerawat kista muncul, ukurannya sudah besar dan seakan menonjol dari bawah permukaan kulit. Menyentuh jerawat memang tidak disarankan karena bisa menjadi penyebab jerawat meradang. Tapi untuk mengetahui jerawat kista, sentuh jerawat dengan tangan yang bersih tanpa dipencet. Rasakan tekstur jerawat, dan jika terasa keras seperti batu, maka jerawat itu adalah jerawat kista.

4. Terasa nyeri di kulit

Karakteristik jerawat kista yang berikutnya adalah menimbulkan rasa nyeri di kulit. Ketika jerawat ini mulai tumbuh hingga matang dan akhirnya sembuh, jerawat kista akan menimbulkan rasa nyeri meskipun tidak disentuh. Tetapi jangan pernah menyentuh atau bahkan memencet jerawat kista karena akibatnya akan fatal bagi kulit. Jerawat kista akan semakin meradang jika disentuh atau dipencet dan bisa menimbulkan infeksi jika tidak segera diobati. Infeksi jerawat kista akan meninggalkan bekas hitam yang sulit dihilangkan dan membuat kulit menjadi bopeng.

ads

5. Sering muncul pada pria

Dibandingkan dengan wanita, pria memiliki resiko lebih besar untuk terkena jerawat kista. Jadi jika Anda laki-laki dan punya kulit wajah yang berminyak, hati-hatilah dengan jenis jerawat yang satu ini. Kulit pria memiliki kelenjar sebasea yang lebih aktif daripada wanita. Kelenjar sebasea berperan memproduksi sebum pada wajah, yang berpotensi menyebabkan jerawat jika menyumbat pori kulit wajah.

Hormon androgen juga berperan membentuk jerawat kista. Kebetulan hormon ini lebih dominan para pria. Terlalu banyak hormon akan memicu ketidakseimbangan hormon pada tubuh yang memicu munculnya jerawat.

6. Menyebar dengan cepat

Salah satu ciri ciri jerawat kista adalah mampu menyebar dengan sangat cepat di kulit. Inilah salah satu penyebab Anda tidak boleh menyentuh atau memencet jerawat kista. Pada jerawat kista terdapat banyak bakteri yang sangat mudah menyebar di bagian kulit yang lain. Penyebaran ini akan menjadi dua kali lebih cepat jika Anda sering menyentuh jerawat dan menyentuh wajah. Tangan Anda akan memindahkan bakteri dari satu bagian wajah ke bagian wajah yang lain.

Jerawat kista sangat mudah meradang dan menyebabkan infeksi pada kulit di sekitar area jerawat. Peradangan dan inflamasi yang terjadi pada kulit akan menumbuhkan jerawat kista yang lainnya. Ada cara menghilangkan jerawat dengan pepaya yang dapat mengatasi jerawat kista.

7. Berisi nanah dan darah

Jerawat kista dapat ditandai dengan mudah. Jerawat kista adalah jenis jerawat yang sudah parah dan berisi cairan. Pada jerawat kista yang sudah matang dan meradang, di dalamnya akan terdapat cairan nanah atau darah. Pada fase ini biasanya jerawat akan terasa gatal dan panas, sehingga kita akan tergoda untuk memencet dan mengeluarkan isinya. Hal ini sangat dilarang karena bisa membahayakan kesehatan kulit.

Bila Anda memencet jerawat kista hingga darah dan nanahnya keluar, darah dan nanah tersebut akan menginfeksi bagian kulit lain dan memunculkan jerawat kista yang baru. Selain itu, memencet jerawat kista juga bisa mengakibatkan luka bopeng dan bekas parut di wajah.

8. Menimbulkan bekas flek hitam

Ciri lain dari jerawat kista adalah akan meninggalkan bekas flek hitam pada kulit. Jerawat ini memang jerawat yang parah dan susah disembuhkan. Jerawat kista akan tumbuh membesar dan akhirnya meradang.

Jika tidak ditangani dan diberi perawatan yang tepat, jerawat batu akan meninggalkan bekas hitam yang susah dihilangkan. Tidak hanya meninggalkan bekas jerawat yang hitam, jerawat batu akan meninggalkan bekas parut di wajah dan membuat kulit wajah menjadi sangat kasar dan berlubang.

9. Susah untuk disembuhkan

Jerawat kista akan tumbuh membesar dan mengeras. Selain itu, jerawat kista akan meradang dan berisi nanah serta darah. Jerawat kista membutuhkan waktu yang relatif lama untuk bisa sembuh total. Jika kulit Anda ditumbuhi jerawat kista, maka bersabarlah menunggu hingga jerawat matang dan sembuh. Memencet jerawat hingga cairannya keluar akan menyebabkan infeksi pada kulit wajah dan membuat pertumbuhan jerawat semakin cepat menyebar.

Pilih pengobatan yang benar untuk menyembuhkan jerawat kista hingga ke akarnya. Pengobatan untuk menghilangkan jerawat kista bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik alami maupun medis.

Itulah ciri ciri jerawat kista yang wajib diketahui. Seperti yang telah dijelaskan di atas, jerawat kista lebih rentan menyerang seseorang yang memiliki kulit berminyak. Oleh karena itu lakukan perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Tumbuhnya jerawat di wajah memang tidak diinginkan semua orang, tetapi jika sudah terlanjur, rawat dengan cara yang benar hingga sembuh ya!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 02nd, November 2017 / 02:48 Oleh :
Kategori : Jenis