Sponsors Link

Ciri-Ciri Jerawat Meradang

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat merupakan hal yang sering terjadi pada kita. Selain memberikan dampak psikologis akibat jerawat, jerawat juga sering membuat kita merasa risih akan keberadaanya. Bakteri penyebab jerawat tak segan-segan akan hinggap kepada siapa saja yang tidak memperhatikan kebersihannya. Tentu tak mau bukan kita mengalami masalah jerawat tersebut? Beberapa jerawat memang digolongkan menjadi beberapa jenis yaitu, jerawat di wajah, jerawat di dagu, jerawat di bibir, jerawat di leher dan jerawat lainnya. Namun, terkadang ada beberapa cara kita yang salah dalam mengaplikasikan cara menghilangkan jerawat salah satunya adalah dengan efek akibat jerawat dipencet menggunakan tangan kotor. Kecerobohan ini sama sekali tidak dianjurkan, sebab akan menimbulkan jerawat meradang. Berikut adalah ciri-ciri dan penyebab jerawat meradang.

Sponsors Link

Ciri-ciri Jerawat Meradang

  1. Ukuran lebih besar

Ciri-ciri yang paling mjudah terlihat dari jerawat meradang adalah ukurannya yang besar dibandingkan dengan jenis jerawat seperti jerawat pasir, whiteheads atau balckheads dan jenis lainnya. Membesarnya ukuran jerawat yang meradang bisa disebabkan akibat cairan  yang terkandung di dalam jerawat tersebut seperti debu menyebabkan jerawat mengalami pembengkakan. Bahkan ketika Anda berusaha menutupi jerawat meradang tersebut, jerawat tetap akan terlihat. Untuk itu, jerawat meradang sangat merugikan kita sebab  jerawat tersebut langsung akan merusak kepercayaan diri kita.

  1. Tekstur keras

Tekstur jerawat meradang cenderung keras. Hal ini diakibatkan karena jerawat meradang berisi sekumpulan nanah dan bakteri di dalamnya. Karena tekstur yang keras, maka jerawat meradang akan terasa sangat kaku di wajah.

  1. Terasa nyeri dan sakit

Jika jerawat meradang tak sengaja tersentuh oleh tangan atau sesuatu yang lain, maka akan terasa sakit dan nyeri. Jika Anda menyentuh dan menekannya lebih keras, maka rasa sakit ini akan berkelanjutan. Akibatnya rasa sakit tersebut akan sulit hilang dalam waktu yang relatif sedikit.

  1. Berwarna merah

Karena tekstur yang keras akibat kandungan nanah dan bakteri di dalamnya, maka jerawat meradang ini akan tampak meradang dengan warna merah menyala dengan kandungan nanah yang berwarna putih di dalamnya.

  1. Mudah menyebar dengan cepat

Ketika Anda memiliki jerawat meradang di kulit Anda, maka jaga selalu kebersihan kulit Anda. Apabila kondisi wajah dalam keadaan kotor, maka bakteri penyebab jerawat  akan meradang dan jerawat tersebut akan lebih cepat. Bahkan bila tidak ditangani dengan benar, penyebaran ini akan sampai pada leher. Maka segera lakukan penanganan agar tidak menyebar dengan cepat.

  1. Mudah menular

Apabila Anda tak sengaja menyentuh jerawat meradang, bahkan melakukan bahaya memencet jerawat maka nanah dan bakteri yang terdapat pada jerawat meradang akan mudah menular ke kulit sehat lainnya. Hal ini akan menyebabkan efek inflamasi atau peradangan pada daerah kulit, maka jerawat meradang akan lebih tambah parah. Jika memang terlanjur menular, segera lakukan perawatan.

  1. Meninggalkan bekas jerawat

Jerawat meradang yang dihilangkan akan berpotensi menghilangkan bekas jerawat. Tak jarang bekas jerawat ini sangat mengganggu penampilan Anda. Selain bekas kehitaman, jerawat meradang juga dapat meninggalkan bekas berupa lubang-lubang di wajah.

  1. Biasanya menumpuk

Tak hanya berukuran besar dan berwarna merah, jerawat meradang biasanya juga terletak secara menumpuk di wajah. Tentu sangat mengganggu bukan? Selain membuat Anda merasakan sakit di wajah, hal ini juga sangat mengganggu penampilan Anda.

  1. Terdapat di seluruh anggota tubuh

Anda sudah tahu bukan bahwa jerawat bisa terdapat di mana saja. Entah jerawat di dagu, jerawat di bibir, jerawat di wajah, jerawat di punggung, jerawat di daun telinga dan jerawat lainnya. Penanganan jerawat yang kurang tepat ini akan menimbulkan peradangan. Hal inilah yang membuat jerawat meradang dapat tumbuh di seluruh bagian anggota tubuh.

  1. Terasa gatal

Selain jerawat terasa nyeri dan sakit, jerawat meradang juga berpotensi menimbulkan rasa gatal pada kulit. Hal ini disebabkan karena jerawat meradang mengandung nanah dan bakteri di dalamnya. Ketika Anda merasa gatal, jangan sekali-kali menggaruknya dengan tangan kotor, sebab hal ini akan memperparah jerawat meradang.

Penyebab Jerawat Meradang

  1. Genetik

Jerawat yang meradang bisa disebabkan dari tipe kulit yang Anda miliki yaitu tipe kulit berminyak. Jenis kulit ini bisa ditimbulkan dari faktor genetik yang dibawa dari keluarga Anda yang juga memiliki tipe kulit berminyak. Seseorang yang secara genetik memiliki kulit berminyak, akan mempunyai banyak kelenjar minyak pada kulitnya. Jika terdapat anggota keluarga yang mengalami jerawat meradang akibat kulit berminyak, maka Anda juga berpotensi memiliki jerawat meradang. Akan tetapi setiap masalah pasti ada jalannya, Anda dapat mengurangi asupan minyak pada kulit Anda dengan membatasi makanan berminyak dan berlemak serta selalu rutin membersihkan wajah 2 kali sehari.

  1. Tidak segera mengobati jerawat

Faktor kedua yang menyebabkan jerawat meradang adalah tidak seriusnya Anda dalam mengatasi dan mengobati jerawat. Anda terlalu banyak menunggu dan membiarkan jerawat di anggota tubuh Anda. Tanpa adanya penanganan, jerawat di tubuh Anda bukan sembuh, malah akan membuatnya lebih cepat menyebar ke daerah yang lain. Selain itu, pembiaran ini juga menyebabkan jerawat mengalami peradangan parah atau yang biasa kita sebut sebagai jerawat meradang. Maka, jika Anda mendapati jerawat muncul di bagian tubuh Anda, segera lakukan penanganan yang tepat atau konsultasikan dengan dokter kulit Anda.

  1. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup tidak sehat yang dimaksud adalah kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, makan makanan berlemak, kurang berolahraga serta tidak beristirahat dengan cukup. Merokok akan membuat sel-sel kulit rusak dan pembulih darah menjadi sempit. Sel kulit yang rusak akan menumpuk sel-sel kulit mati sehingga menimbulkan jerawat. Makanan penyebab jerawat seperti makanan yang mengandung minyak, santan atu pedas dapat merangsang kelenjar minyak untuk berproduksi lebih banyak lagi. Oleh karena itu mulailah menerapkan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dengan mengganti makanan-makanan tersebut dengan makanan pencegah jerawat dan sayuran anti jerawat serta buah-buahan yang bagus untuk mengobati jerawat yang meradang di tubuh Anda. Selain itu cobalah untuk membuat racikan-racikan bahan alami seperti masker tomat, masker bengkoang, masker lidah buaya, masker bawang putih dan manfaat lainnya.

 

Demikian ciri-ciri jerawat meradang dan penyebab jerawat meradang itu sendiri. Semoga bermanfaat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Jenis