Sponsors Link

15 Ciri-Ciri Jerawat Nasi dan Cara Mengatsinya Super Ampuh

Sponsors Link

Jerawat nasi dikenal sebagai jerawat yang disebabkan karena faktor hormonal dimana penderitanya salah mengkonsumsi makanan seperti makanan berlemak, berminyak dan berkalori tinggi serta kurang menjaga kebersihan diri. Terbentuknya jerawat nasi adalah karena peradangan kulit wajah akibat dari  berkumpulnya sel-sel kulit mati,  bakteri penyebab jerawat  dan minyak berlebih yang berada di permukaan kulit dan membentuk sebuah benjolan.

Sponsors Link

Perihal masalah tempat, jerawat nasi juga tak selalu berada di area wajah pada umumnya, namun juga dapat berada di area punggung, ketiak dan beberapa tempat yang ada di anggota tubuhmu. Nah, seseorang biasanya akan melakukan berbagai cara menghilangkan jerawat  salah satunya dengan memencetnya, akan tetapi perhatikanlah bahwa memencet jerawat nasi bukanlah hal yang tepat karena akan menyebabkan efek akibat jerawat dipencet berupa infeksi kulit dan meninggalkan bekas jerawat. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas secara cepat dan lengkap tentang ciri-ciri jerawat nasi.

Ciri-ciri jerawat nasi

  1. Berukuran bulat kecil

Berbeda dengan jenis jerawat lainnya yang biasanya seiring pertumbuhan dan perkembangannya berubah menjadi besar, jerawat nasi tergolong jerawat yang memiliki ukuran minimalis atau berukuran kecil-kecil seperti nasi. Namun, karena ukuran yang sangat kecil inilah jika berkumpul menjadi satu akan menjadi sesuatu yang amat mengganggu penampilan.

  1. Berwarna putih kemerahan

Selain karena ukuran yang sangat kecil, jerawat ini bisa dikatakan sebagai jerawat nasi karena memiliki warna putih sedikit kemerahan sama seperti nasi. Ini pula yang membedakan jerawat nasi dengan jerawat-jerawat lainnya.

  1. Isinya keras

Kamu bisa mengetahui isi jerawat nasi keras ketika kamu menyentuh lalu memencetnya. Kenapa keras? Karena di dalam jerawat nasi ini berisi butiran kecil seperti nasi. Butiran ini dihasilkan dari menyumbatnya pori-pori yang berdampak pada buntunya kelenjar minyak.

  1. Biasanya bergerombol

Pada umumnya jerawat yang terjadi karena penumpukan debu  menyebabkan jerawat, kotoran dan bakteri akibat dari produksi minyak berlebih hingga membuat tersumbatnya pori-pori hanya kan memunculkan satu jerawat saja. Berbeda dengan jerawat nasi, jerawat ini mucul denagn ukuran kecil tetapi bergerombol seperti nasi.

  1. Terasa gatal

Selain itu, jerawat nasi juga akan menyebkan kulit terasa gatal. Rasa gatal ini diakibatkan dari tersumbatnya pori-pori kulit akibat kelenjar minyak berlebih yang bergabung dengan kotoran, debu dan bakteri. Gatal inilah yang biasanya memicu seseorang untuk melakukan penggarukan atau pemencetan terhadap jerawat tanpa memperhatikan bahaya memencet jerawat yang sangat berbahaya.

Penyebab jerawat nasi

Selain karena salahmengkonsumsi makan, jerawat nasi juga disebakan oleh hal-hal berikut :

  1. Hormon

Jerawat nasi juga disebakan karena ketidakstabilan hormon. Hal ini akan membuat kulit cenderung untuk memproduksi minyak berlebih. Ketidakstabilan hormon ini mudah dialami oleh seseorang yang sedang mengalami pubertas, penyebab jerawat saat menstruasi,, ibu hamil dan wanita menjelang menopause.

Sponsors Link

  1. Kulit berminyak

Orang yang meiliki jenis kulit berminyak akan sangat rentan mengalami jerawat nasi. Bisa dibayangkan bukan, jerawat nasi yang dihasilkan karena produksi minyak berlebih dialami oleh seseorang yang meiliki jenis kulit berminyak. Tentu masalahnya akan semakin kompleks.

  1. Kaum wanita

Wanita dianggap sebagai pihak yang rentan terkena jerawat nasi karena merekalah yang lebih rentan melakukan pergantian hormon diabndingkan pria. Sudah jelas bahwa yang lebih sering terkena jerawat adalah wanita yang sedang menstruasi, ibu hamil dan wanita menopause. Untuk itu, wanita harusnya dapat memperhatikan

Cara mencegah jerawat nasi

  • Rutin membersihkan wajah

Wajah adalah anggota tubuh yang sering terkena jerawat nasi. Untuk itu kamu perlu memberikan perhatian lebih kepada wajah yakni dengan rutin membersihkan wajah secara berkala agar wajahmu tetap bersih dan terhindar dari kotoran dan bakteri.

  • Jangan memegang wajah bahkan memencet jerawat dengan tangan kotor

Tangan kotor adalah tangan yang dihinggapi banjyak debu, kotoran dan bakteri. Memencet bukanlah hal yang tepat untuk menghilangkan jerawat apalagi jika kamu memncetnya menggunakan tanganmu yang kotor tentunya bukan menjadi sembuh, jerawatmu malah semakin parah.

Sponsors Link

  • Rajin mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi

Hidup sehat harus kamu mulai dari sekarang. Gantilah kebiasaanmu mengknsumsi makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus seperti makanan yang berlemak, berminyak dan makanan pedas dengan makanan yang meiliki kandungan gizi yang tinggi seperti sayur-sayuran atau buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin A dan E.

  • Rutin minum air putih

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa air putih sangat bekhasiat tinggi terlebih untuk mencegah jerawat nasi. Minum air putih dipercaya sebagai cara yang tepat untuk menghindari jerawat nasi bahkan menjadi tips membersihkan darah kotor penyebab jerawat yang dapat menimbulkan tumbuhnya jerawat nasi. Rutin minum 8 gelas air putih akan membuat tubuh sehat dan terhindar dari jerawat nasi.

  • Istirahat cukup

Kulit akan selalu melakukan regenerasi sel dan pergantian hormon. Maka dari itu memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat setiap harinya akan sangat bermanfaat bagi tubuhmu untuk mengjindari timbulnya jerawat nasi yang sangat mengganggu dan merusak penampilanmu.

Demikian ciri-ciri jerawat nasi pada ulasan di artikel ini. Semoga kita dapat mengaplikasikan cara mencegah jerawat nai agar kita terhindar jerawat yang sangat mengganggu ini. Semoga bermanfaat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Jenis