Sponsors Link

4 Ciri Ciri Jerawat Pasir Di Pipi Dan Dahi Yang WaJIB Diketahui

Sponsors Link

Pernahkah kalian mendengar sebutan jerawat pasir? Jerawat pasir memang salah satu jenis jerawat yang muncul di wajah dan memiliki ciri-ciri tertentu. Penyebab tumbuhnya jerawat sangat beragam, dimana jerawat pasir ini biasa timbul karena adanya komedo atau kebiasaan memicit komedo serta masalah kebersihan kulit wajah yang tidak dijaga dengan baik. Memang biasanya sedikit sulit membedakan antara komedo dengan jerawat pasir karena ukurannya yang sama-sama kecil dan kadang berbintik hitam. Oleh sebab itu berikut ini beberapa ciri ciri jerawat pasir di pipi dan dahi yang biasa muncul di area wajah terutama bagian pipi.

Sponsors Link
  1. Berukuran Kecil dan Bergerombol

Ciri-ciri jerawat pasir yang paling utama adalah bentuk dan ukurannya. Jerawat pasir memiliki bentuk dan ukuran yang kecil berbeda dengan jenis jerawat lainnya seperti ciri-ciri jerawat batu yang memiliki ukuran besar. Tidak hanya berukuran kecil, munculnya jerawat pasir juga biasanya dalam keadaan bergerombol dibagian wajah seperti di pipi dan dahi. Ukurannya yang kecil dan bergerombol inilah yang terkadang dibingungkan dengan komedo dan pastinya juga membuat kepercayaan diri kita menurun. Selain itu karena posisinya yang bergerombol maka diperlukan perhatian dan perawatan yang hati-hati agar tidak mudah menyebar.

  1. Memiliki Pucuk yang Berwarna Putih

Selain bentuk dan ukurannya yang kecil, bentuk jerawat pasir juga memiliki ciri khas dimana dibagian ujung jerawat memiliki warna putih. Bentuk warna putih ini merupakan sebuah lemak yang terkandung didalam jerawat seperti nanah. Tidak hanya berwarna putih saja, namun sebagian jerawat pasir juga memiliki warna merah seperti jenis jerawat yang lainnya. Inilah mengapa diperlukan sifat hati-hati dalam mengatasi jerawat pasir, karena jika jerawat pasir pecah dan lemak yang terkandung didalamnya menyebar ke kulit lain makan akan mempermudah dan mempercepat penyebaran jerawat pada bagian wajah yang lainnya. Itulah salah satu bahaya jerawat pasir di wajah yang perlu diperhatikan.

  1. Cepat Menyebar

Salah satu ciri lain dari jerawat pasir dan membedakan dari sifat jenis jerawat yang lainnya adalah proses penyebaran jerawat yang tergolong mudah dan cepat. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa jerawat pasir perlu diberlakukan dengan hati-hati karena proses terbentuknya sebum dan munculnya lemak pada permukaan jerawat berlangsung sangat cepat. Sehingga proses penyebarannya pun menjadi cepat. Oleh sebat itu jangan sekali-kali memencet atau memecahkan jerawat pasir yang bergerombol di bagian wajah karena dapat menyebabkan munculnya jerawat lain atau perluasan jerawat lebih cepat.

  1. Bermula dari Komedo

Karena bentuknya yang kecil dan bergerombol maka tidak heran jika jerawat pasir sering di bingungkan dengan komedo. Namun tahukah kalian bahwa sebagian jerawat pasir juga bermula dari komedo. Ciri yang terakhir dari jerawat pasir adalah penyebabnya yang lebih didominasi oleh penumpukan kelenjar minyak di pori-pori kulit wajah. Penumpukan tersebut kemudian memunculkan benjolan-benjolan kecil seperti komedo dimana menjadi cikal bakal munculnya jerawat pasir yang bergerombol.

Walaupun bentuknya kecil namun jerawat pasir tetap perlu di atasi dengan baik dan benar, hal ini karena sifatnya yang mudah menyebar sehingga dapat memicu timbulnya jerawat lain atau bahkan masalah kulit lain seperti iritasi atau bekas jerawat yang seperti parut. Demikian penjelasan mengenai ciri-ciri jerawat pasir yang perlu diwaspadai, semoga bermanfaat.

Demikian artikel megenai ciri ciri jerawat pasir di pipi dan dahi Semoga informasi yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Jenis
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.