Sponsors Link

5 Ciri Ciri Jerawat yang Sudah Matang dan Akan Sembuh

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat masih menjadi masalah yang sangat meresahkan bagi kaum wanita. Kemunculannya memang selalu membawa dampak tersendiri. Salah satu dampak psikologis akibat jerawat yang tidak dapat disepelekan adalah, jerawat mampu menimbulkan stress. Jika jerawat parah sudah tumbuh di wajah, tentu kepercayaan diri menurun karena jerawat dihilangkan.

Sponsors Link

Wanita harus berhati hati jika ingin menyembuhkan jerawat. Meski terlihat sepele, namun jika salah mengambil langkah justru membuat jerawat menjadi semakin parah. Fase penyembuhan jerawat baru bisa dimulai setelah jerawat matang. Jerawat yang matang adalah jerawat yang sudah berhenti tumbuh, dan segala jenis bakteri sudah berkumpul di sana.

Sebelum itu, apa saja sih ciri ciri jerawat yang sudah matang? Agar tidak salah, yuk pahami dulu yang di bawah ini:

1. Benjolan Jerawat Terlihat Jelas

Salah satu ciri ciri jerawat yang sudah matang adalah benjolan jerawat yang terlihat jelas. Besarnya benjolan jerawat tergantung pada jenis jerawat yang muncul. Pada jerawat batu, benjolan dapat membesar seukuran biji jagung, namun pada jerawat pasir benjolannya berukuran relatif lebih kecil. Namun benjolan ini terlihat menonjol di kulit.

2. Warna Jerawat Sangat Merah atau Putih

Ciri lain yang menandakan bahwa jerawat sudah matang adalah warna jerawat yang memerah. Warna merah pada jerawat berasal dari darah kotor yang ada pada jerawat. Namun jerawat yang matang juga bisa berwarna putih kekuningan. Ini berarti di dalam jerawat terdapat nanah. Nanah dan darah pada jerawat mengandung banyak bakteri.

3. Terdapat Cairan di Dalam Jerawat

Cairan yang ada di dalam jerawat adalah darah, nanah, atau keduanya. Darah dan nanah menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Inilah mengapa jerawat tidak boleh dipencet. Memencet jerawat dengan tangan hanya akan memindahkan bakteri di tangan ke jerawat dan membuat jerawat meradang parah, bahkan menjadi infeksi.

4. Jerawat Terasa Nyeri

Jerawat matang terasa berdenyut denyut dan nyeri, bahkan saat tidak disentuh sekalipun. Rasa nyeri ini berasal dari ukuran jerawat yang membesar, tetapi juga menandakan bahwa jerawat siap pecah. Jangan menyentuh jerawat pada fase fase ini karena jika jerawat pecah dengan paksaan, bakteri jerawat akan menyebar.

Sponsors Link

5. Pori Pori di Sekitar Jerawat Membesar

Daerah kulit di dekat jerawat tentu akan terkena dampak dari jerawat matang ini. Salah satunya adalah pori pori yang ikut membesar. Membesarnya pori pori disebabkan kulit yang tertarik oleh benjolan jerawat. Namun kondisi kulit akan kembali seperti semula setelah jerawat pecah dan sembuh. Saat memberi salep jerawat, oleskan pula ke kulit di sekitar jerawat.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Jerawat Matang?

Setelah mengetahui ciri ciri jerawat yang sudah matang berwarna merah dan membesar seperti bisul. Kondisi ini biasanya sering membuat kita gemas dan ingin segera memencetnya. Memencet jerawat adalah hal yang berbahaya lho. Nah, inilah hal hal yang harus dilakukan saat jerawat matang.

  • Jangan Dipencet atau Disentuh. Memencet jerawat sangat dilarang karena bisa menimbulkan infeksi pada jerawat. Jika jerawat dipaksakan untuk dipencet, maka hal itu akan merusak jaringan kulit dan membuat luka jerawat susah sembuh.
  • Beri Salep Jerawat. Oleskan salep agar jerawat cepat meletus, kering dan mengempes. Salep jerawat membantu membunuh bakteri yang ada di dalam jerawat.
  • Biarkan Meletus dengan Sendirinya. Jerawat yang matang akan meletus dengan sendirinya, saat kulit mulai melunak. Tunggu dengan sabar sampai jerawat meletus dengan sendirinya.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab