Sponsors Link

6 Ciri Ciri Obat Jerawat Cocok dan Aman Digunakan

Sponsors Link

Mengalami masalah jerawat memang selalu membuat setiap penderitanya resah, terutama jika berbicara tentang bagaimana cara mengatasi atau mengobatinya yang benar. Banyak sekali obat jerawat baik obat jerawat alami maupun obat jerawat berbahan dasar kimia yang beredar dipasaran, dan menjanjikan kesembuhan jerawat dengan cepat. Namun pada kenyataannya banyak juga obat jerawat yang menimbulkan efek samping setelah penggunaan, terutama bagi kulit sensitif maupun karena tidak cocok. Oleh sebab itu, banyak orang yang mulai mencari cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat, dibandingkan dengan menggunakan obat jerawat.

Sponsors Link

Walaupun begitu, obat jerawat juga masih banyak dicari untuk mengobati jerawat yang muncul di wajah. Setidaknya ada beberapa ciri-ciri obat jerawat cocok digunakan untuk mengobati jerawat di kulit anda. Apa saja ciri-ciri tersebut? berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Jerawat tidak semakin parah

Ciri yang pertama obat jerawat anda cocok atau tidak pastinya adalah saat digunakan pada jerawat anda tidak menimbulkan jerawat anda semakin parah. Hal ini disebabkan banyak sekali obat jerawat yang beredar di pasaran menggunakan bahan kimia yang sebenarnya berbahaya baik bagi kulit maupun bagi jerawat anda. Belum lagi jika ternyata jenis kulit anda juga tidak cocok dengan bahan atau pun obat jerawat yang anda gunakan, maka pastinya akan menyebabkan jerawat anda menjadi semakin parah. Oleh sebab itu, ketika anda menggunakan obat jerawat dan tidak menimbulkan jerawat anda menjadi semakin parah atau bahkan meradang, maka bisa dikatakan pula bahwa obat jerawat tersebut cocok bagi jerawat anda.

  1. Tidak menimbulkan gatal pada jerawat

Ciri yang satu ini juga perlu anda waspadai ketika memakai obat jerawat. Hal ini disebabkan karena banyak obat jerawat yang apabila tidak cocok digunakan akan menimbulkan gatal pada jerawat. Oleh sebab itu, perlu anda perhatikan apakah saat anda menggunakan obat jerawat pada jerawat anda kemudian menimbulkan gatal pada jerawat maupun area sekitar jerawat atau tidak. Jika obat jerawat yang digunakan tidak menimbulkan gatal baik pada jerawat maupun area sekitar jerawat, maka bisa jadi obat jerawat tersebut cocok digunakan untuk mengobati jerawat anda.

  1. Tidak menimbulkan rasa perih atau iritasi pada jerawat

Tidak hanya tidak menimbulkan gatal pada jerawat dan area sekitar jerawat saja, namun obat jerawat yang tidak menimbulkan rasa perih atau iritasi pada jerawat maupun kulit anda juga menunjukkan adanya kecocokan terhadap obat tersebut. Obat jerawat yang menimbulkan rasa perih maupun iritasi pada jerawat biasanya juga disebabkan karena bahan atau kandungan dalam obat jerawat tersebut tidak cocok dengan jenis kulit anda. Apabila jerawat anda mengalami iritasi maka bakteri penyebab jerawat akan mudah masuk dan menyebabkan peradangan pada jerawat anda. Kondisi tersebut pastinya tidak baik bagi jerawat maupun kulit anda, karena dapat menyebabkan jerawat menjadi semakin parah.

  1. Kulit sekitar jerawat tidak kering atau panas

Obat jerawat yang digunakan juga tidak jarang memberikan efek samping pada kulit sekitar tumbuhnya jerawat. Dimana banyak juga obat jerawat yang menyebabkan kulit menjadi kering atau bahkan menimbulkan rasa panas pada kulit dan jerawat anda. Oleh sebab itu, jika obat jerawat yang digunakan tidak menimbulkan kulit sekitar jerawat menjadi kering atau juga panas, maka kondisi tersebut juga menjadi salah satu ciri bahwa obat jerawat yang digunakan cocok bagi jerawat maupun kulit anda.

  1. Jerawat hilang dalam beberapa hari

Ciri selanjutnya dimana menunjukkan bahwa obat jerawat yang anda gunakan adalah cocok yaitu ketika jerawat yang anda obati bisa hilang atau sembuh dalam beberapa hari. Tidak hanya sembuh saja, tetapi juga tidak menimbulkan efek samping lainnya bagi kulit anda. Berbeda dengan obat jerawat yang tidak cocok digunakan, maka biasanya akan menimbulkan efek samping yang berbahaya atau bahkan membuat jerawat semakin susah hilang atau tidak kunjung sembuh setelah pengobatan.

  1. Tidak menimbulkan lebih banyak jerawat lainnya

Ciri yang terakhir adalah bahwa obat jerawat yang anda gunakan tidak menimbulkan lebih banyak jerawat muncul di kulit anda. Karena apabila setelah pemakaian obat jerawat tertentu tetapi kulit anda justru mengalami lebih banyak jerawat yang muncul, seperti jerawat hilang timbul, maka itu tanda obat jerawat yang anda gunakan tidak cocok atau juga bisa jadi berbahaya bagi kulit anda.

Sponsors Link

Itulah beberapa ciri-ciri obat jerawat cocok digunakan untuk mengobati jerawat yang muncul pada kulit anda. Memang reaksi setiap kulit terhadap obat jerawat yang digunakan berbeda-beda pada setiap orang, terutama dengan jenis kulit yang berbeda. Ditambah lagi dengan banyaknya obat jerawat yang juga menggunakan bahan yang sebenarnya berbahaya untuk digunakan pada kulit.

Oleh sebab itu, walaupun anda merasakan kecocokan terhadap obat jerawat pada pertama kali pemakaian, tetap akan lebih aman jika obat jerawat yang anda gunakan adalah hasil dari konsultasi dokter. Dan apabila anda mengalami kondisi yang berlawanan dengan kondisi diatas yang menandakan adanya ciri-ciri obat jerawat berbahaya, maka sebaiknya segera berhenti menggunakan obat jerawat yang digunakan, atau anda juga dapat mencoba terlebih dahulu pada kulit di area yang tidak terlihat seperti dibelakang telinga.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.