Sponsors Link

7 Ciri Jerawat Karena Kosmetik dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Tahukah Anda apa saja yang bisa menyebabkan jerawat? Selain karena debu, polusi, dan kotoran yang menumpuk di wajah, jerawat juga bisa muncul karena banyak hal lain, lho. Apa saja misalnya?

Sponsors Link

Tanpa disadari, Anda mungkin sering melakukan kebiasaan penyebab jerawat yang sebenarnya berbahaya buat kulit Anda. Berbagai kebiasaan tersebut misalnya saja adalah begadang penyebab jerawat, malas membersihkan make up setelah selesai beraktivitas, malas mencuci wajah, hingga tidak tahu cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat yang membuat jerawat tumbuh lebih subur di wajah.

Ada satu lagi penyebab jerawat yang cukup umum, yaitu jerawat yang diakibatkan oleh pemakaian kosmetik. Jerawat muncul bisa disebabkan oleh reaksi alergi, tidak cocok dengan kosmetik, hingga salah memilih produk yang tepat untuk kulit. Tapi, bagaimana cara membedakan jerawat karena kosmetik atau bukan? Berikut ini ciri jerawat karena kosmetik yang harus Anda pahami:

1. Jerawat tumbuh di kulit yang merah seperti terbakar

Salah satu reaksi yang muncul akibat salah pemakaian kosmetik ada kulit yang kemerahan. Reaksi kulit merah seperti terbakar ini disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada kulit akibat inflamasi. Kosmetik terdiri dari berbagai bahan kimia dan bahan pengawet yang beragam. Kulit kita tidak selalu cocok dengan bahan-bahan kimia ini sehingga muncullah reaksi yang tidak diinginkan.

Jika ini terjadi, coba tenangkan kulit dengan menggunakan lidah buaya. Salah satu manfaat lidah buaya adalah mampu meredakan peradangan pada kulit akibat inflamasi. Namun jika tidak mempan, segera konsultasikan kondisi kulit Anda dengan dokter kulit.

2. Jerawat berbentuk seperti bentol-bentol

Jerawat yang timbul akibat reaksi alergi kosmetik atau tidak cocok dengan kosmetik berbeda dengan jerawat biasa. Salah satu ciri jerawat karena kosmetik adalah jerawat yang berbentuk seperti bentol-bentol karena gatal. Awalnya bentol-bentol tersebut kecil dan menggerombol seperti gatal biasa, namun lama-kelamaan semakin meradang dan menjadi jerawat yang parah.

3. Jerawat tumbuh menggerombol

Jerawat yang muncul karena masalah kulit seperti penumpukan debu dan kotoran di permukaan kulit, atau karena produksi minyak berlebih hingga menyebabkan pori-pori tersumbat biasanya berupa jerawat tunggal atau hanya muncul satu biji saja. Lain halnya dengan jerawat yang disebabkan oleh alergi kosmetik karena tidak cocok.

Jerawat yang muncul bentuknya bergerombol seperti pasir atau yang disebut dengan jerawat pasir. Penggunaan kosmetik memang menjadi salah satu penyebab jerawat pasir tumbuh di wajah. Ketahui cara menghilangkan jerawat pasir secara alami sebagai solusi tepat untuk jerawat Anda.

Sponsors Link

4. Jerawat terasa gatal

Jerawat yang ditimbulkan oleh kosmetik memang sangat menyiksa. Tidak hanya membuat kulit kemerahan akibat iritasi dan peradangan, jerawat juga terasa sangat gatal. Gatal-gatal ini tidak hanya disebabkan oleh pertumbuhan bakteri pada jerawat saja, tetapi juga karena salah satu komposisi bahan yang ada pada kosmetik Anda.

Salah satu jenis bahan yang sangat sering menimbulkan gatal-gatal adalah fragrance atau pewangi. Pewangi dipilih karena dapat memberikan bau yang harum sehingga lebih menarik konsumen untuk membelinya. Namun justru wewangian ini yang berpotensi menyebabkan iritasi, terlebih jika jenis kulit Anda adalah kulit sensitif. Pilihlah kosmetik tanpa pewangi untuk mengurangi resiko iritasi dan peradangan pada kulit. Kosmetik tanpa bahan pengawet biasanya diberi label fragrance-free.

5. Jerawat muncul saat kulit menjadi sangat kering

Salah satu tanda kulit yang tidak cocok dengan produk kosmetik atau skincare adalah kulit menjadi sangat kering hingga mengelupas. Kondisi ini tentu saja semakin parah dengan munculnya jerawat. Penyebab munculnya jerawat dan kondisi kulit sangat kering atau dehidrasi parah adalah kandungan acid yang terdapat pada skincare seperti produk peeling atau pembersih wajah. Kandungan acid yang menyebabkan wajah berjerawat antara lain adalah alphahudroxy acid, salisylic acid, dan retinol yang menyebabkan kulit kering hingga mengelupas.

Kembalikan kelembaban kulit Anda dengan menggunakan moisturizer atau pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Tapi jika kondisi kulit sedang kurang sehat seperti itu, gunakan pelembab berbahan alami seperti minyak zaitun, madu, yogurt, dan minyak kelapa untuk menenangkan kulit.

6. Kulit yang berjerawat terasa kencang

Salah satu ciri jerawat karena kosmetik yang lain adalah kulit wajah yang terasa sangat kencang, terutama pada area yang ditumbuhi jerawat. Kulit yang terasa kencang ini biasanya disebabkan oleh pH pada kosmetik yang Anda gunakan tidak sesuai dengan pH alami kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi terasa kencang namun tidak sehat.

ads

7. Benjolan jerawat sangat besar

Jerawat yang disebabkan karena kosmetik yang tidak cocok pada kulit biasanya memang bergerombol seperti pasir. Tetapi jerawat yang muncul tidak selalu bergerombol banyak seperti pasir, bisa juga jerawat yang muncul berbentuk benjolan besar, lebih besar dari jerawat batu. Bahkan pada banyak kasus jerawat yang muncul berupa benjolan sebesar biji kacang.

Jenis-jenis kandungan pada kosmetik yang bisa menyebabkan reaksi semacam ini adalah mercury, hydroquinone, dan isotretinoin.

Mengatasi Jerawat Karena Kosmetik Agar Tidak Semakin Parah

Siapapun pasti tidak ingin wajahnya berjerawat, termasuk karena tidak cocok dengan pemakaian kosmetik. Tapi jika sudah terlanjur, berikut cara ampuh untuk mengatasi jerawat tersebut.

  • Menghentikan pemakaian kosmetik – Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghentikan pemakaian produk kosmetik yang mungkin bisa menyebabkan alergi. Kondisi kulit akan semakin parah jika Anda melanjutkan pemakaian kosmetik.
  • Menetralkan kondisi kulit – Kulit yang meradang dan berjerawat tentu harus dinetralkan dulu sebelum disembuhkan. Menetralkan disini maksudnya adalah membebasan kulit dari semua produk perawatan selama beberapa saat. Pemakain kosmetik akan menimbulkan efek jerawat yang lebih parah lagi.
  • Perbanyak minum air putih – Air putih adalah obat yang sangat efektif untuk mengatasi jerawat karena kosmetik. Air putih akan membantu mengeluarkan semua zat racun dari kosmetik dan meresap di dalam kulit melalui urine. Kelembaban kulit juga akan selalu terjaga dengan minum air putih.
  • Hindari makanan berlemak – Makanan berlemak yang mengandung banyak minyak akan membuat kondisi kulit berjerawat menjadi semakin parah. Makanan jenis ini akan meningkatkan produksi minyak di wajah sehingga jerawat akan tumbuh semakin subur.
  • Gunakan bahan alami – Jika kulit Anda pernah mengalami alergi karena kosmetik hingga berjerawat parah, ada baiknya Anda menghentikan penggunaan bahan kimia dan mulai menggunakan bahan alami. Ketahui lebih banyak tentang manfaat bahan alami seperti manfaat lidah buaya untuk jerawat, manfaat madu untuk jerawat, dan lain sebagainya.

Itulah ciri ciri jerawat karena kosmetik dan bagaimana cara mengatasinya. Berhati-hatilah dalam memilih jenis kosmetik agar dampaknya tidak parah untuk kulit Anda. Baca dengan teliti komposisi kosmetik yang ingin Anda beli, dan cari tahu bagaimana efek samping yang mungkin ditimbulkan untuk kulit Anda. Jangan sampai maksud hati ingin cantik, tetapi kondisi kulit justru menjadi semakin parah.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab