Sponsors Link

5 Efek Jerawat di Hidung Untuk Diwaspadai

Sponsors Link

Membicarakan segala sesuatu tentang jerawat termasuk obrolan yang seringkali kita dengar sebagai topik para remaja. Ya, pada usia remaja jerawat memang menjadi salah satu masalah kulit yang menjengkelkan dan menimbulkan dampak psikologis tersendiri. Dampak psikologis akibat jerawat tersebut tentunya juga akan berpengaruh bagi prestasi serta aktifitas seseorang dalam komunitasnya. Oleh sebab itu perawatan wajah berjerawat secara alami dirumah sangat dibutuhkan sebagai salah satu cara mencegah jerawat.

Sponsors Link

Jerawat yang tumbuh di bagian hidung bisa disebabkan karena penumpukan lemak, kuman, serta bakteri penyebab jerawat. Tidak jauh berbeda dengan efek jerawat di kepala, efek jerawat di punggung, jerawat di bagian hidung juga berdampak bagi kesehatan tubuh terutama kulit wajah. Tidak menutup kemungkinan juga jerawat di hidung tersebut juga menjadi penyebab munculnya komedo di sekitar area wajah.

Beberapa efek jerawat yang tumbuh dibagian hidung berkaitan dengan kesehatan kulit wajah dan kesehatan saluran pernapasan. Seperti apa dampak jerawat yang juga mampu menyebabkan gangguan pernapasan tersebut? Simak ulasannya berikut ini yuk!

1.Komedo Akut

Penyebab komedo yang paling utama adalah paparan sinar matahari yang bercampur dengan sel kulit mati pada bagian wajah. Adanya jerawat pada bagian hidung juga menyebabkan kuman jerawat dan komedo bisa bercampur jadi satu. Jika sudah demikian, biasanya pada bagian sekitar hidung dan mulut akan menjadi area wajib komedo semakin tumbuh.

2. Gatal dan Iritasi

Rasa gatal sebagai bagian dari efek jerawat merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, gatal yang kemudian menimbulkan iritasi seperti munculnya ruam kemerahan, sensasi perih dan terbakar merupakan bentuk iritasi yang sudah parah. Jerawat parah semacam ini harus segera ditangani oleh tim medis untuk memberikan antibiotik dan semacamnya guna mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

3. Infeksi Kulit

Infeksi kulit bisa saja dialami oleh mereka yang berjerawat di bagian hidung. Tidak bisa dipungkiri, terkadang kebiasaan memencet jerawat juga menimbulkan dampak yang serius dalam beberapa kasus. Untuk itu, berusahalah menghindari bahaya memencet jerawat tersebut dengan cara menghilangkan kebiasaan memencet jerawat. Jerawat yang seringkali terkontaminasi bakteri dan kuman dari tangan akan menimbulkan infeksi yang ditandai dengan jerawat yang berisikan darah atau nanah didalamnya.

4. Nyeri Saluran Pernapasan (Hidung)

Mengapa jerawat dihubungkan dengan kondisi saluran pernapasan? Ini dikarenakan jerawat yang tengah dibahas adalah berada di bagian hidung. Hidung adalah alat pernapasan utama yang memiliki kepekaan terhadap apapun yang ada disekitarnya. Selain bau, hidung juga memiliki saraf perasa yang peka terhadap tekanan dan sentuhan tertentu. Munculnya jerawat di sekitar hidung akan mengganggu aktifitas pernapasan berupa rasa nyeri dan gatal yang akhirnya memaksa tangan untuk menyentuh jerawat tersebut.

5. Flek Hitam

Flek hitam merupakan indikasi adanya penyumbatan sirkulasi darah kotor yang kemudian menumpuk di pembuluh darah sekitar wajah. Hal ini juga dipicu oleh adanya penyumbatan pori-pori wajah terlebih dulu yang dikarenakan tumbuhnya jerawat. Seiring dengan tumbuhnya jerawat di bagian hidung yang banyak menyimpan kelenjar minyak, flek hitam bisa muncul terutama saat kebersihan wajah tidak dijaga. Bila keadaan flek hitam semakin banyak, maka yang dibutuhkan adalah dengan menerapkan cara menghilangkan jerawat flek hitam sesegera mungkin.

Untuk menghindari beragam efek yang telah ditimbulkan jerawat tersebut, anda bisa mencoba cara mencegah jerawat alami atau dengan menerapkan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat. Demikian artikel informatif yang dapat disampaikan terkait efek jerawat di hidung, semoga bisa menjadi referensi untuk kulit wajah yang berjerawat dan bermanfaat untuk anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 21st, October 2017 / 15:27 Oleh :
Kategori : Penyebab