Sponsors Link

6 Efek Jerawat di Punggung dan Cara Mencegahnya

Sponsors Link

Jerawat yang bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja pasti akan menyebabkan dampak bagi penderitanya. Tidak bisa dipungkiri, segala sesuatu tentang jerawat menjadi hal yang sangat mengganggu baik bagi wanita ataupun pria. Jerawat yang merupakan gejala penumpukan minyak berlebih tersebut tidak hanya monoton berada di wajah saja. ada juga macam macam jenis jerawat yang kemudian tumbuh di bagian leher, hidung, kepala, bahkan punggung. Bisa dibayangkan bagaimana ketidaknyamanan yang dirasakan saat jerawat tumbuh dibagian tubuh yang cukup sensitif tersebut.

Sponsors Link

Jerawat di punggung tidak jauh berbeda penyebabnya dengan penyebab jerawat di kepala, penyebab jerawat di leher, dan bagian lainnya. Secara umum, jerawat di punggung juga diakibatkan penumpukkan lemak yang diproduksi kelenjar minyak bawah kulit. Jerawat yang tumbuh di bagian punggung selain menimbulkan dampak psikologis akibat jerawat, juga mengakibatkan beberapa bahaya bagi kesehatan kulit. Berikut ini adalah efek yang bisa diakibatkan dari munculnya jerawat di bagian punggung.

1.Iritasi Kulit

Iritasi kulit akan menjadi efek yang muncul kali pertama saat anda menemukan adanya jerawat di bagian punggung. Bahaya dari jerawat di punggung sama halnya dengan bahaya jerawat di telinga dan bahaya jerawat di ketiak. Jerawat di punggung ini bisa mengakibatkan iritasi kulit berupa ruam kemerahan di sekitar jerawat, efek panas di bagian punggung, serta perih jika terkena bahan pakaian yang sedikit ketat.

2. Mengarah ke Limpoma

Memang jerawat punggung tidak selalu berakhir dengan diagnosa limpoma. Limpoma bisa saja terjadi bila pertumbuhan benjolan yang awalnya berbentuk kecil seperti jerawat, dengan cepat bisa semakin besar ukurannya. Hindari tindakan memencet jerawat tersebut dan alangkah baiknya jika sudah terlihat perbedaan ukuran segera mencari pertolongan medis.

3. Pemicu Abses

Abses adalah kumpulan nanah yang ada di suatu bagian dalam tubuh. Penumpukan nanah tersebut adalah reaksi alamiah dari tubuh saat melakukan perlawanan terhadap infeksi tertentu. Abses yang muncul di punggung ditandai dengan tumbuhnya jerawat yang berisikan cairan putih kental. Jika sudah terbukti bahwa cairan tersebut adalah nanah, maka langkah yang perlu dilakukan adalah mengurangi pembengkakan jerawat tersebut, atau bisa juga dengan mencoba cara menghilangkan jerawat bernanah untuk menghindari risiko abses tersebut.

4. Mengindikasi Adanya Kelainan Genetik

Kelainan genetik adalah efek lain yang bisa diketahui dari adanya jerawat di bagian punggung. Ya, dengan mendiagnosa jerawat yang tumbuh bisa jadi itu merupakan salah satu bentuk  gejala kelainan genetik yang disebut neurofibromatosis. Neurofibroma adalah benjolan yang bisa terbentuk karena adanya gangguan pertumbuhan sel dan memicu sel tumor pada jaringan saraf.

5. Gatal dan Nyeri

Rasa gatal dan nyeri pada jerawat sudah pasti dirasakan meskipun jerawat tersebut tumbuh di bagian punggung. Jerawat punggung justru seringkali mendapatkan gesekan dari pakaian, atau gerakan sesaat yang bisa memicu jerawat pecah, robek atau teriritasi oleh benda tertentu.

6. Gangguan Kesehatan Lain

Ada beberapa jenis gangguan kesehatan kulit yang bisa diakibatkan dari jerawat, misalnya pityriasis capitis atau seborhheic dermatitis. Gangguan kesehatan kulit tersebut umumnya adalah dampak dari jerawat parah yang tumbuh di bagian tubuh tertentu, termasuk punggung. Ada juga Polycystic ovarian syndrome yang disebabkan dari ketidakseimbangan beberapa jenis hormon penyebab jerawat seperti estrogen dan progesteron.

Pencegahan jerawat di punggung tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Beberapa tindakan bisa dicoba untuk menjaga kulit tetap sehat dan bebas dari jerawat, seperti yang berikut ini:

Demikian artikel mengenai efek jerawat di punggung yang bisa diwaspadai dengan cara pencegahan maupun pengobatan. Semoga bermanfaat!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 21st, October 2017 / 14:38 Oleh :
Kategori : Penyebab