Sponsors Link

7 Efek Jerawat Gatal dan Penyebabnya

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat biasanya menjadi momok menakutkan bagi siapapun yang menginjak masa remaja. Ini merupakan fase ilmiah dari masa anak-anak menuju remaja yang dialami oleh sebagian besar manusia di belahan bumi manapun. Remaja dianggap paling rentan terkena jerawat. Maka dari itu penting sekali bagi remaja untuk menghindari kebiasaan penyebab jerawat agar sedikit mengurangi kemungkinan jerawat tumbuh. Lalu apa sih sebenarnya jerawat itu? Jerawat adalah masalah kulit yang diawali dengan adanya bintik-bintik yang muncul di beberapa bagian tubuh tertentu misalkan wajah, leher, dada dan punggung.

Sponsors Link

Namun yang paling umum yang biasanya ditumbuhi jerawat adalah daerah wajah. Selain pada masa puber, jerawat juga bisa timbul akibat perubahan hormon selama siklus mentruasi. Jika tidak ditangani dengan baik, jerawat ini akan berubah menjadi jerawat yang lebih parah yakni bisa meradang dan bernanah. Bintik-bintik yang parah ini seringkali akan menimbulkan luka bekas di wajah. Nah, ketika seseorang mengalami jerawat di wajahnya, seringkali dia akan mengalami rasa gatal yang berlebihan. Pada pembahasan artikel kali ini, kita akan mengetahui apa saja efek jerawat gatal. Let’s read!

Jerawat gatal

Sudah disinggung sedikit di awal bahwa jerawat adalah masalah kulit yang disebabakan oleh produksi minyak berlebih, infeksi dari bakteri penyebab jerawat, perubahan hormon selama masa menstruasi dan juga keturunan. Rasa gatal pada jerawat yang terjadi di wajah kita adalah hal lazim yang terjadi pada semua orang. Namun, ada beberapa kulit sensitif yang menyebabkan mudahnya timbul rasa gatal di wajah dan bisa terjadi pada waktu-waktu tertentu. Gatal pada jerawat sebenaranya sama sekali tidak berbahaya.

Sebagaimana kita mengetahui bahwa wajah adalah bagian dari tubuh yang sangat mudah rentan dan melakukan kontak langsung dengan benda-benda asing seperti debu, polusi, kotoran, panas, dingin dan banyak benda lainnya.  Untuk kasus jerawar gatal yang ringan, gejala tersebut bisa dihilangkan dengan cara sederhana tanpa memerlukan perawatan yang spesifik yakni bisa dengan menggosok atau menggaruk sebentar. Teteapi bila rasa gatal tersebut semakin parah dan menimbulkan iritasi yang berlebihan,, maka harus segera diatasi denagn dokter spesialis dengan penanganan yang cepat.

Penyebab jerawat gatal

Meskipun sepertinya sepele tetapi jerawat gatal akan mengurangi rasa percaya diri kita. Rasa gatal pada jerawat akan menghambatmu untuk berani berbicara di depan khalayak ramai. Sebelum kita membahas efek jerawat gatal, kita terlebih dahulu mengulas tentang penyebab jerawat gatal itu sendiri:

  1. Iritasi kulit

Iritasi kulit disebabkan dari pemakaian berbagai macam obat tertentu di wajah dan juga produk perawatan wajah seperti sabun pembersih muka atau kosmetik lain yang tidak cocok pada kulitmu. Kulit yang sensitif ini dapat menimbulkan rasa gatal pada jerawat di wajah. Hal ini dapat disebabkan karena kandungan bahan-bahan atau zat-zat kimia pada kosmetik yang bukannya menjadi obat penghilang rasa gatal tetapi malah memperparah gatalmu.

Sponsors Link

  1. Malas mencuci muka

Siapapunyang malas mencuci muka akan rentan untuk terkena rasa gatal pada jerawat di wajah. Mengapa? Karena debu dan polusi di luar sana sangat berpotensi membuat iritasi di wajah dan rasa gatal yang tidak dapat dikendalikan. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan sering-sering mencuci muka. Kamu bisa mempelajari cara mencuci wajah yang benar supaya wajah kamu tetap terawat. Bila kamu sudah merasa wajahmu kering dan berminyak, kamu bisa langsung mencuci wajahmu untuk menghindari timbulnya rasa gatal di wajah.

  1. Makanan tidak sehat

Di masa yang serba cepat seperti sekarang ini, masyarakat lebih memilih untuk makan makanan cepat saji yang dirasa paling mudah diakses dan paling mudah didapat dimanapun dia berada. Padahal mengkonsumsi makanan tidak sehat atau cepat saji dapat menimbulkan rasa gatal pada jerawat yang ada di wajah. Tak hanya makanan cepat saji, mengkonsumsi makanan berminyak dan berlemak yang tidak kamu batasi juga akan menimbulkan rasa gatal pada jerawat di wajah.

ads
  1. Tangan kotor

Ketika kamu menyentuh wajahmu tanpa kamu memastikan kebersihan dari kedua tanganmu maka ini bisa menjadi penyebab timbulnya rasa gatal pada jerawat diwajah. Timbulnya rasa gatal ini disebabkan oleh bakteri  yang menempel dan masuk ke pori-pori wajah. Ingat bahwa kulit wajah adalah kulit yang paling sensitif untuk terinfeksi benda-benda yang mudah sekali terkena bakteri. Jadi, lebih berhati-hati ya.

Efek jerawat gatal

Gatal yang ditimbulkan oleh jerawat akan membuat peradangan kulit di wajah. Rasa gatal pada jerawat di wajah bila tidak diatasi dengan benar akan semakin parah. Hal ini diakibatkan terlalu enjoynya seseorang saat menggaruk-garuk bagian jerawat yang gatal, hingga membuat kulit memerah. Respon menggaruk adalah respon yang wajar namun bisa berdampak negatif pada jerawat ataupun wajah kita. Berikut adalah beberapa efek jerawat gatal :

  • Infeksi

Infeksi kulit yang terjadi pada wajah bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, infeksi pada kulit bisa disebabkan karena adanya paparan bakteri, virus atau mikroba yang dapat menyebabkan menularnya rasa gatal ke daerah lain. Bila hal ini terjadi maka jangan sekali-kali kamu menggaruknya. Apabila kamu menggaruknya maka akan menyebabkan kulitmu iritasi sekaligus menyebarkan infeksi itu sendiri. Infeksi juga dapat terjadi karena tangan yang kamu pakai untuk menggaruk adalah tangan yang kotor. Seperti diketahui bahwa keadaan kulit ketika mengalami jerawat biasanya kering dan kehilangan kelembabannya.

Di dalam kulit kering akan terjadi penumpukan kulit mati dimana rasa gatal akan semakin tumbuh dan menjadi-jadi. Tangan dan kuku yang kotor sudah bisa dipastikan akan banyak sekali mengandung kuman. Apabila kamu menggunakan tangan kotor untuk menggaruk wajahmu, maka bakteri atau kuman akan cepat sekali masuk ke kulit kita dan infeksi juga akan terjadi pada jerawat di wajah. Hal ini akan menjadi media subur bagi jerawat untuk tumbuh kembali.

Hanya beberapa jam saja mungkin jerawat bisa tumbuh kembali dan menular ke seluruh bagaian wajah. Untuk menghilangkan rasa gatal ini, kamu bisa memakai pelembab pada bagian kulit kering untuk mengurangi rasa gatal yang timbul. Dari kasus ini, infeksi yang tidak kamu hindari akan bertambah menjdai parah dan mnegakibatkan peradangan. Bila sudah terjadi peradangan maka biaya yang harus kamu keluarkan untuk menyembuhkannya juga tidak sedikit loh ya. 

Sponsors Link

  • Meninggalkan bekas

Tak hanya menimbulkan infeksi, ketika kamu menggaruk rasa gatal pada jerawat di wajahmu, biasanya juga sering menimbulkan bekas jerawat. Bekas jerawat ini bisa berubah bintik hitam atau sedikit kemerah-merahan yang akan sangat mengganggu penampilanmu. Bila kamu terlalu parah dalam menggaruk jerawat ini maka bekas bukan lagi berbentuk bintik hitam tetapi bisa sampai seperti lubang di wajah. Sungguh mengerikan ya. Maka hindari untuk menggaruk jerawat di wajah dengan keras agar kamu bisa terbebas dari segala resiko yang sangan fatal tersebut.

  • Memicu keluar darah

Ketika kamu mengalami jerawat gatal di wajahmu otomatis secar refleks kamu akan menggaruknya. Terkadang tanpa sengaja kamu akan menggaruknya secara berlebihan. Jika kamu menggaruknya terlalu kasar maka kemungkinan jerawat yang ada di wajahmu akan mengeluarkan darah. Darah ini bisa menular ke daerah lain dan memicu tumbuhnya jerawat baru.

Demikian uraian singkat mengenai efek jerawat gatal. Ingat, untuk selalu menghindari hal-hal yang membuat jerawat gatal. Apabila kamu mengalami jerawat gatal, hindari untuk menggaruknya terlalu keras, supaya kamu terbebas dari efek yang sangat fatal. Dan rajin-rajinlah untuk membaca penyebab jerawat gatal dan cara mengatasinya agar kamu bisa meminimalisir berkembanganya jerawat gatal di wajahmu.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 05th, November 2017 / 02:06 Oleh :
Kategori : Jenis