Sponsors Link

6 Efek Samping Bawang Putih untuk Jerawat paling Berbahaya

Sponsors Link

Cara mencegah jerawat dengan bahan alami banyak dicoba terutama oleh kaum wanita karena caranya yang mudah dan sederhana serta memiliki hasil yang maksimal. Salah satu bahan alami yang biasa digunakan untuk jerawat adalah bawang putih. Walaupun bawah putih diketahui sangat efektif dalam mengobati jerawat dalam beberapa hari saja, namun tahukah kalian bahwa bawang putih juga memiliki efek samping bagi kulit wajah dan jerawat. Terutama memiliki efek samping pada kulit wajah yang bersifat sensitif, sehingga diperlukan kehati-hatian dalam penggunaan bahan alami untuk jerawat. Berikut ini beberapa efek samping bawang putih untuk jerawat yang biasanya dirasakan setelah penggunaannya:

Sponsors Link
  1. Menimbulkan rasa perih dan iritasi pada kulit wajah berjerawat.

Bagi kalian yang memiliki kulit normal mungkin sedikit yang akan merasakan rasa perih pada jerawat ketika penggunaan bawang putih untuk jerawat. Namun ternyata rasa perih merupakan salah satu efek samping bawang putih untuk jerawat yang sering terjadi. Hal ini disebabkan karena bawang putih mengandung antiseptik. Munculnya rasa perih tersebut yang kemudian akan merangsang adanya iritasi pada jerawat dan kulit sekitar jerawat.

  1. Menimbulkan rasa gatal pada jerawat.

Selain rasa perih dan iritasi, bawang putih untuk jerawat juga dapat menimbulkan rasa gatal pada jerawat dan area kulit berjerawat. Rasa gatal yang timbul disebabkan karena kondisi kulit berjerawat yang sedang sensitif bertemu dengan zat asing atau senyawa yang terkandung didalam bawang putih, sehingga menyebabkan kulit terasa gatal dan bahkan hingga menjadi kemerahan. Jika kita tidak hati-hati dalam mengatasi rasa gatal pada jerawat akan sangat berbahaya, karena keteledoran dalam menggaruk dapat menyebabkan jerawat pecah dan akhirnya meninggalkan bekas hitam pada wajah. Dimana kondisi tersebut pasti sangat mengganggu penampilan kalian.

  1. Menimbulkan rasa panas pada jerawat dan kulit sekitar jerawat.

Iritasi yang disebabkan oleh bawang putih juga disebabkan karena adanya rasa panas yang ditimbulkan, sehingga dapat dikatakan bahwa bawang putih dapat menimbulkan rasa panas pada jerawat atau bahkan juga pada pada kulit sekitar jerawat. Biasanya rasa panas yang muncul bersamaan dengan rasa gatal dan perih seperti kulit terbakar sesaat setelah penggunaan bawang putih untuk jerawat secara langsung. Dimana kondisi tersebut akan diikuti dengan timbulnya rasa nyeri dan efek denyutan pada jerawat.

  1. Menimbulkan peradangan pada jerawat.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bawang putih dapat menimbulkan rasa panas pada jerawat dan kulit sekitarnya, penggunaan bawang putih untuk jerawat juga dapat menyebabkan suatu peradangan. Timbulnya peradangan tersebut dapat disebabkan karena rasa panas oleh bawang putih yang tidak segera diatasi. Ciri-ciri adanya peradangan karena penggunaan bawang putih untuk jerawat seperti munculnya rasa bengkak pada jerawat dan kulit jerawat yang berubah menjadi kemerah-merahan.

  1. Menyebabkan kulit berjerawat melepuh.

Bawang putih yang menyebabkan rasa panas dan peradangan pada jerawat dan kulit sekitarnya ternyata juga memberikan efek samping lanjutan seperti kulit berjerawat menjadi melepuh. Kondisi tersebut merupakan salah satu bahaya bawang putih untuk jerawat yang disebabkan karena bawang putih mengandung senyawa-senyawa aktif yang dapat dengan  mudah membuat kulit wajah menjadi panas, gatal, perih, hingga melepuh. Tentu kondisi tersebut dapat sangat berbahaya bagi jaringan kulit wajah karena dapat merusak jaringan kulit wajah tersebut.

Sponsors Link

  1. Meninggalkan flek hitam bekas jerawat.

Efek samping bawang putih untuk jerawat yang terakhir adalah meninggalkan flek hitam bekas jerawat. Dimana sebenarnya setiap orang yang berusaha mengobati jerawat pasti berharap agar tidak meninggalkan bekas hitam karena dapat mengganggu penampilan. Tetapi ternyata penggunaan bahan alami bawang putih untuk jerawat sangat berpotensi untuk meninggalkan flek hitam bekas jerawat pada kulit wajah.

Itulah beberapa efek samping bawang putih untuk jerawat disamping manfaat bawang putih untuk jerawat yang dikenal ampuh dalam pengobatannya. Untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan gunakanlah bawang putih secukupnya dan bukan untuk perawatan jangka panjang. Demikian semoga bermanfaat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Herbal
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.