Sponsors Link

5 Efek Samping Facial Jerawat yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Facial memang sudah tidak asing lagi di dunia perawatan kulit dan wajah, dimana banyak orang percaya dan beranggapan bahwa facial dapat membantu dalam mengatasi masalah jerawat. Tapi tahukah kalian bahwa sebenarnya facial bukanlah cara yang tepat dalam mengatasi atau menghilangkan jerawat? Menurut beberapa dokter kulit dan kecantikan, melakukan facial pada wajah yang berjerawat sangatlah tidak dianjurkan, karena perawatan tersebut justru dapat menimbulkan beberapa efek samping yang tidak baik bagi keadaan kulit berjerawat. Berikut ini beberapa efek samping facial jerawat yang wajib kalian ketahui:

Sponsors Link
  • Jerawat Semakin Parah

Melakukan facial saat kulit wajah dalam keadaan berjerawat justru akan membuat jerawat menjadi semakin parah. Kondisi tersebut disebabkan karena adanya peradangan dan traumatik pada kulit wajah berjerawat sebagai akibat dari memencet, menekan, dan mengeluarkan jerawat secara paksa saat facial. Dimana sebenarnya jerawat sangat dilarang untuk di keluarkan atau dipecah secara paksa, karena jerawat pecah karena dipaksa dapat meninggalkan bekas hitam.

  • Meninggalkan Bekas Jerawat

Kondisi menekan hingga mengeluarkan jerawat secara paksa dapat menyebabkan peradangan yang lebih hebat, dan nanah atau darah didalamnya dapat keluar serta menyebar kemana-mana. Yang mana kondisi tersebut dapat berefek pada terbentuknya bekas jerawat atau flek hitam pada wajah. Perlu di ingat disini bahwa bekas jerawat jauh lebih susah untuk dihilangkan dibanding dengan menghilangkan jerawat itu sendiri, walaupun memang ada pula jenis facial untuk menghilangkan bekas jerawat. Oleh sebab itu jika tidak ingin jerawat kalian meninggalkan bekas, jangan pecahkan jerawat secara paksa, apalagi melakukan perawatan facial wajah jerawat.

  • Kulit Kemerahan

Kulit yang menjadi kemerahan merupakan efek samping facial jerawat yang paling umum terjadi sesaat setelah facial selesai dilakukan. Kondisi tersebut disebabkan oleh adanya aktivitas pengelupasan serta pencabutan komedo penyebab jerawat di wajah. Memang sebenarnya facial dilakukan untuk membersihkan komedo serta kotoran yang menempel atau bersarang di wajah, bukan untuk mengatasi jerawat yang bahkan disentuh dengan tangan saja tidak boleh.

  • Iritasi

Iritasi merupakan efek samping terburuk dari facial jerawat, dimana juga berkemungkinan besar untuk meninggalkan bekas jerawat berupa flek hitam dan kulit parut pada wajah. Iritasi setelah facial jerawat juga dapat disebabkan karena adanya penggunaan krim atau bahan kimia yang berkonsentrasi tinggi saat aktivitas facial. Terlebih lagi akan berbahaya bagi kulit yang sensitif, sehingga facial jerawat lebih baik dihindari terutama bagi kalian yang memiliki kulit sensitif.

  • Menimbulkan Lebih Banyak Jerawat

Facial jerawat juga dapat memberikan efek samping seperti bertambahnya jumlah jerawat yang muncul pada wajah. Hal ini disebabkan karena adanya kemungkinan bakteri bersarang pada peralatan facial yang tidak tersterilisasi dengan baik. Yang mana bakteri penyebab jerawat akan bertemu dengan pori-pori kulit yang terbuka selama facial berlangsung, sehingga memberikan jalan atau peluang bagi bakteri untuk masuk kedalam kulit wajah. Kondisi tersebut yang nantinya akan memicu perkembangbiakan  bakteri didalam kulit dan memicu timbulnya jerawat semakin banyak.

Itulah beberapa efek samping facial jerawat yang sangat berbahaya bagi kesehatan serta keadaan kulit wajah berjerawat. Walaupun facial dapat menghilangkan komedo dan kotoran pada wajah, namun tetap harus diingat bahwa jerawat sangat dilarang untuk disentuh atau ditekan dan dipecahkan secara paksa, karena dapat menimbulkan kondisi jerawat yang semakin parah. Demikian informasi mengenai efek samping facial jerawat yang wajib kalian ketahui sebelum memutuskan untuk memilih facial sebagai upaya menghilangkan jerawat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.