Sponsors Link

4 Efek Samping Lemon untuk Jerawat Wajib Diketahui

Sponsors Link

Manfaat lemon untuk jerawat memang sudah tidak asing lagi di dunia perawatan wajah. Kandungan Vitamin C dan asam yang tinggi pada lemon dipercaya dapat mencegah terjadinya infeksi pada kulit wajah. Namun apakah kalian tahu bahwa ternyata ada beberapa efek samping yang di sebabkan karena penggunaan lemon pada kulit wajah, terutama pada kulit yang berjerawat. Apa sajakah efek samping tersebut, berikut beberapa efek samping lemon untuk jerawat beserta penjelasannya.

Sponsors Link

1. Kulit kering berakibat pada jerawat gatal

Usaha yang dilakukan untuk menghilangkan jerawat pada wajah menggunakan lemon biasanya dilakukan dengan mengoleskan perasaan air lemon secara langsung maupun di campur dengan air pada wajah. Namun tahukah kalian bahwa mengoleskan perasan air lemon pada wajah juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering? Kandungan asam sitrat yang tinggi pada lemon menyebabkan kondisi sel-sel kulit pada wajah juga menjadi asam sehingga kandungan airnya akan lebih cepat keluar.

Kandungan air yang keluar dapat menyebabkan kulit mengkerut dan kering. Kondisi kulit yang kering apalagi berjerawat akan ber-efek pada rasa gatal yang berlebih pada jerawat, sehingga dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Jadi bagi kalian yang pada dasarnya memiliki kulit wajah yang kering dan sedang berjerawat harus menghindari penggunaan lemon untuk mengobati jerawat agar tidak menimbulkan rasa yang justru semakin gatal, karena lemon bukan salah satu cara menghilangkan jerawat kecil dan gatal yang efektif.

2. Pendarahan pada jerawat

Tidak semua orang memiliki kulit wajah yang cocok dengan kandungan yang ada di dalam lemon. Bagi sebagian orang terutama yang memiliki kulit yang sensitif, lemon justru dapat berbahaya bagi keadaan jerawat pada wajah. Kandungan asam sitrat yang tinggi pada lemon dapat menimbulkan rasa pedih, karena asam sitrat yang terkandung mengenai jerawat yang sedang meradang secara langsung.

Bahkan kondisi tersebut dapat menyebabkan pendarahan ringan pada jerawat yang akhirnya dapat meninggalkan bekas setelah jerawat hilang. Oleh sebab itu segeralah bilas menggunakan air jika setelah pengolesan air lemon pada jerawat menimbulkan rasa pedih yang berlebih agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

3. Menimbulkan bekas jerawat

Cara membersihkan jerawat dengan lemon memang efektif, karena jerawat akan cepat kering dan sembuh. Namun ternyata penggunaan lemon dapat menimbulkan bekas jerawat pada wajah, karena mudah keringnya jerawat justru menimbulkan bekas hitam pada wajah. Efek samping lemon yang juga dapat mencerahkan kulit dapat membuat bekas jerawat semakin nampak pada wajah sehingga dapat mengganggu rasa percaya diri kalian.

4. Bintik-bintik hitam pada kulit berjerawat

Ketika kulit kalian mudah berjerawat mungkin saja pertanda bahwa kalian memiliki kulit yang sensitif. Selain dapat menimbulkan bekas jerawat pada wajah, ternyata lemon juga dapat menyebabkan bintik-bintik hitam pada wajah, terutama bagi kulit gelap. Penggunaan lemon secara berlebihan juga dapat menimbulkan perbedaan kecerahan kulit pada wajah, dimana pengaplikasian yang tidak merata dapat menyebabkan sebagian kulit menjadi cerah dan sebagian kulit menjadi gelap. Apalagi bagi jerawat yang ada di kulit wajah akan semakin nampak dan menurunkan kepercayaan diri saat keluar beraktivitas.

Itulah beberapa efek samping lemon untuk jerawat, jadi sebelum menggunakan lemon untuk pengobatan jerawat alangkah lebih baiknya jika kalian mengetahui secara pasti sifat kulit wajah kalian untuk menghindari efek-efek yang tidak diinginkan.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Herbal
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.