Sponsors Link

10 Efek Samping Menghilangkan Jerawat dengan Air Garam Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat amat menganggu dan seringkali terjadi pada setiap orang, terutama bagi remaja yang sedang mengalami masa pubertas. Berbagai cara dilakukan untuk membuat kulit wajah terbebas dari masalah kulit yang satu ini, salah  satunya ialah menggunakan air garam. Tetapi, ternyata penggunaan air garam dapat menyebabkan berbagai masalah kulit wajah yang lainnya. Penasaran apa aja ? cek dibawah ini ya.

Sponsors Link
  1. Membuat Kulit Wajah Kusam dan Gelap

Penggunaan garam untuk menghilangkan jerawat memberikan efek buruk pada wajah apabila penggunaannya tidak sesuai dan berlebihan. Masalah wajah pertama yang dapat muncul akibat penggunaan air garam untuk wajah ialah membuat kulit wajah menjadi lebih kusam. Terkhusus, bagi anda yang tinggal di wilayah yang panas, penggunaan air garam lebih berisiko membuat kulit wajah anda menjadi lebih kusam dan gelap. Pada garam terdapat kandungan yang akan membuat kulit wajah menjadi lebih hitam apabila penggunaannya dalam waktu lama ditambah kulit wajah anda sering berpapasan langsung dengan sinar matahari. Untuk tetap dapat  memanfaatkan air garam untuk kulit wajah, disarankan untuk menggunakannya pada malam hari ataupun ketika berada di dalam ruangan. ( Baca juga :efek samping menghilangkan jerawat dengan tomat )

  1. Membuat Kulit Wajah Gatal

Secara umum penggunaan air garam untuk kecantikan tidaklah berdampak buruk bagi wajah. Namun, pada orang orang yang memiliki kulit yang sensitif, mereka tidak bisa sembarangan melakukan berbagai perawatan yang biasa orang lain lakukan. Penggunaan air garam dapat membuat kulit wajah mereka menjadi gatal. Rasa tidak nyaman ini bisa terjadi karena mereka tidak cocok dalam penggunaan air garam sebagai pembersih wajah mereka. Hal ini bisa terjadi ketika orang orang yang memiliki kulit sensitif menggunakan berbagai produk yang tidak sesuai dengan kulit mereka sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada kulit mereka salah satunya ialah rasa gatal yang hebat. ( Baca juga : )

  1. Membuat Kulit Wajah Terasa Terbakar

Efek samping menghilangkan jerawat dengan air garam ialah membuat kulit merasa panas seperti terbakar. Hal ini dapat terjadi pada mereka yang memiliki kulit yang sensitif, selain itu pada anda yang sering berpapasan dengan sinar matahari akibat kesibukan yang anda miliki di luar ruangan..  Penggunaan air garam untuk wajah dapat membuat kulit wajah anda menjadi gosong dan juga menimbulkan rasa panas di wajah. Kandungan pada garam dapat memicu reaksi yang tidak diinginkan dan harus dihindari apabila kulit wajah anda memang mudah sekali terbakar. ( Baca juga :masker wajah berjerawat dan komedo )

  1. Membuat Wajah Tergores

Apabila anda memilih untuk menggunakan garam untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah anda, hal pertama yang anda harus perhatikan ialah memastikan bahwa garam sudah larut dalam air. Karena apabila partikel partikel garam dalam air jumlahnya masih terlalu banyak hal ini akan membuat kulit wajah anda tergores akibat partikel partikel garam kecil pada air garam yang anda buat. Partikel partikel garam  yang kasar ini akan membuat kulit anda tergores, terlebih apabila anda menggosok wajah anda terlalu keras. Untuk dapat merasakan manfaat air garam untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah anda, pastikan bahwa partikel partikel garam sudah larut dalam air dan pastikan anda menggosok wajah anda dengan lembut dan benar. ( Baca juga :cara menghilangkan jerawat dengan madu dan garam )

Sponsors Link

  1. Membuat Kulit Wajah Perih

Penggunaan air garam pada wajah untuk menghilangkan jerawat salah satunya ialah membuat kulit wajah menjadi perih. Hal ini bisa disebabkan ketika membersihkan kulit wajah yang berjerawat menggunakan air garam, anda menggosoknya terlalu kencang dan kuat sehingga jerawat pecah dan menyebabkan rasa perih yang tidak nyaman pada kulit wajah anda. Kulit wajah yang perih akibat penggunaan air garam bisa juga disebabkan karena terlalu sering terkena sinar matahari yang berbahaya bagi kulit manusia, ataupun karena anda memiliki kulit yang sensitif yang menyebabkan kulit wajah anda lebih berisiko perih. ( Baca juga : penyebab jerawat ada nanahnya)

ads
  1. Menimbulkan Bekas Jerawat

Selain menghilangkan jerawat, menghilangkan bekas jerawat juga tidak kalah susahnya. Kedua masalah wajah ini sangat menganggu penampilan dan dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Banyak orang yang memilih untuk menggunakan bahan alami seperti air garam untuk menghilangkan jerawat di kulit wajah, namun penggunaan air garam yang tidak tepat justru akan menyebabkan masalah kulit wajah yang baru. Hal ini terjadi ketika mereka memencet jerawatnya sendiri dan membersihkannya dengan air garam. Namun, penggunaan air garam di daerah jerawat yang sudah terlalu sering dipencet akan menyebabkan bekas jerawat yang juga sulit untuk diatasi. ( Baca juga :cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan garam )

  1. Mengakibatkan Kulit Wajah Bruntusan

Alih alih ingin membuat kulit wajah bebas dari jerawat, penggunaan air garam untuk wajah dapat menyebabkan efek buruk bagi kulit wajah. Salah satunya ialah menyebabkan kulit wajah menjadi bruntusan. Hal ini terjadi apabila anda menggunakan air garam tidak sesuai dengan aturan dan juga berlebihan. Ditambah apabila anda memiliki kulit yang sensitif, penggunaan air garam dapat menyebabkan kulit wajah anda menjadi bruntusan. Bruntusan sendiri sangat menganggu penampilan dan dapat menyebabkan kurangnya rasa percaya diri. Untuk itu, gunakan air garam dalam dosis yang tepat dan pastikan kulit anda tidak sensitive. ( Baca juga :manfaat parasol untuk jerawat )

  1. Membuat Kulit Wajah Terkelupas

Penggunaan air garam untuk anda yang tinggal di daerah yang memiliki suhu yang tinggi dan cuaca yang panas memang kurang dianjurkan. Hal ini karena penggunaan air garam tersebut memiliki berbagai dampak buruk pada kulit wajah salah satunya ialah membuat kulit wajah terkelupas. Penggunaan air garam pada mereka yang memiliki kulit yang sensitive dan juga sering beraktivitas di luar ruangan dan berpapasan langsung dengan terik matahari sangat tidak dianjurkan. Hal ini akan menyebabkan munculny berbagai masalah kulit wajah baru. ( Baca juga : obat menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam di apotik)

  1. Membuat Mata Terinfeksi

Apabila penggunaan air garam untuk mengatasi masalah jerawat ini masuk dan mengenai mata. Makamata akan mengalami berbagai masalah seperti merasa perih, mata menjadi merah dan juga cairan pada mata berlebih. Untuk itu sebelum membersihkan wajah baik menggunakan air garam ataupun tidak, kita harus memastikan bahwa tidak ada satupun bahan yang masuk ke mata sehingga mata akan baik baik saja dan terhindar dari berbagai infeksi. Apalagi, ketika partikel partikel garam tersebut masuk ke dalam mata, maka akan sangat menganggu kondisi mata dan akan menyebabkan hal yang lebih parah terjadi. ( Baca juga :cara cepat menghilangkan jerawat membandel )

Sponsors Link

  1. Membuat Wajah Bengkak

Efek samping menghilangkan jerawat dengan air garam juga akan menyebabkan kulit wajah menjadi bengkak. Sebenarnya, penggunaan air garam dapat mengatasi masalah pembengkakan pada kaki. Namun, pada sebagian orang yang menggunakan air garam terlalu banyak pada wajah mereka, hal yang akan terjadi ialah membuat wajah menjadi bengkak dan hal ini pastinya sangat menganggu penampilan. Untuk itu kita harus bijak dalam menggunakan air garam. ( Baca juga :cara menghilangkan jerawat batu di pipi )

Penggunaan air garam sebenarnya memiliki manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit. Salah satunya ialah untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel, namun penggunaan air garam yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit wajah seperti yang telah dijelaskan. Untuk itu, kita harus berhati hati dalam menggunakan berbagai produk kecantikan terutama untuk wajah.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan