Sponsors Link

Bahaya dan Efek Samping Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

Sponsors Link

Berbicara mengenai jerawat tentu tidak akan ada habisnya. Jerawat dapat menyerang siapa saja, terutama bagi pemilik kulit berminyak. Tingginya kadar minyak pada wajah menyebabkan kemungkinan penyumbatan pori pori kulit wajah semakin meningkat. Penyumbatan pori pori oleh minyak merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat di wajah.

Sponsors Link

Menghilangkan jerawat di wajah dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari cara yang instan hingga cara alami. Di antara sekian banyak cara menghilangkan jerawat secara tradisional, bawang putih adalah bahan alami yang dapat digunakan. Meski efektif untuk menghilangkan jerawat, ada efek samping menghilangkan jerawat dengan bawang putih yang harus diperhatikan. Inilah beberapa efek samping yang mungkin muncul.

1. Gatal Gatal Pada Jerawat

Saat sedang berjerawat, kulit sedang dalam kondisi yang sangat sensitif. Tidak heran kulit berjerawat mudah gatal, terutama setelah diolesi bawang putih. Kandungan zat tertentu di dalam bawang putih memicu munculnya rasa gatal. Jerawat yang gatal menimbulkan rasa tidak nyaman dan bisa berbahaya. Jika Anda terus menerus menggaruk jerawat hingga pecah dan bernanah, maka area di sekitarnya tidak lama lagi akan terinfeksi jerawat juga dan menyebar hingga bagian wajah lainnya.

2. Menyebabkan Peradangan Jerawat

Mengoleskan bawang putih pada jerawat menimbulkan rasa panas dan gatal pada kulit di sekitarnya. Efek samping penggunaan bawang putih untuk menghilangkan jerawat adalah peradangan yang mungkin ditimbulkan. Ini bahaya bawang putih untuk jerawat yang harus diperhatikan. Peradangan dapat muncul karena rasa panas yang terus menerus. Jika jerawat semakin membengkak setelah memakai bawang putih, maka dapat dipastikan bahwa jerawat telah meradang.

3. Membuat Kulit Melepuh

Efek samping menghilangkan jerawat dengan bawang putih adalah kulit melepuh. Kandungan senyawa aktif di dalam bawang putih memang bisa berbahaya bagi kulit yang sensitif karena jerawat. Senyawa aktif tersebut membuat kulit terasa panas, gatal, dan akhirnya melepuh. Kulit jerawat yang melepuh sebenarnya sangat berbahaya karena bisa merusak jaringan kulit wajah. Jika kulit mulai terasa panas, segera siram dengan air dingin sampai rasa panas hilang. Kemudian jangan menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat di masa mendatang.

4. Menyebabkan Iritasi Kulit

Kulit berjerawat rentan mengalami iritasi. Hal ini karena banyaknya bakteri yang bersarang pada jerawat. Iritasi biasanya diawali dengan munculnya rasa perih hingga terasa nyeri. Sensasi perih adalah efek samping yang paling umum yang ditimbulkan oleh bawang putih. Kandungan antiseptik pada bawang putih adalah pemicu utama dan munculnya rasa perih yang berkembang menjadi iritasi kulit.

5. Kulit Terasa Panas

Selain perih dan iritasi, kulit jerawat yang diolesi dengan bawang putih akan terasa panas dan tidak nyaman. Rasa panas yang terus menerus menyebabkan kulit terasa terbakar. Kondisi ini akan semakin parah karena dalam waktu bersamaan jerawat juga terasa nyeri dan gatal.

6. Menyebabkan Bekas Jerawat Hitam

Anda pasti bertanya tanya apa yang menjadi penyebab bekas jerawat menghitam. Bawang putih mungkin dapat menghilangkan jerawat dalam waktu singkat. Namun efek samping yang muncul adalah bekas jerawat berwarna hitam yang sulit dihilangkan. Dengan demikian, masalah lain yaitu cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam.

Meski manfaat bawang putih untuk jerawat sangat besar, efek samping yang ditimbulkan juga harus diperhatikan. Penggunaan bawang putih tidak disarankan bagi pemilik kulit sensitif. Jika memang tidak cocok menggunakan bawang putih, sebaiknya cari bahan alami lain yang lebih aman.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.