Sponsors Link

15 Efek Samping Menghilangkan Jerawat dengan Tomat dan Solusinya

Sponsors Link

Tomat adalah jenis buah yang sangat sering kita jumpai sehari-hari. Selain sangat baik untuk kesehatan tubuh, tomat juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit, termasuk menghilangkan jerawat. Sebelum membahas lebih jauh efek samping menghilangkan jerawat dengan tomat, mari kita kenali dulu lebih jauh manfaat buah tomat untuk kecantikan.

Sponsors Link

Buah tomat kaya akan anti oksidan yang membuat kulit terbebas dari racun dan radikal bebas. Anti oksidan ini pula yang melawan bakteri penyebab jerawat, hingga jerawat enggan kembali lagi. Kandungan vitamin C yang tinggi pada tomat akan mencerahkan dan meratakan warna kulit Anda. Buah tomat juga mengandung banyak lycopene yang akan melindungi kulit dari efek buruk sinar UV dan mencegah penuaan dini. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, tomat dapat menjadi astringent alami yang mampu mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Baca juga:

Meskipun tomat adalah bahan alami yang secara umum aman bagi kulit, bukan berarti tidak ada efek samping menghilangkan jerawat dengan tomat. Anda harus mengetahui apa saja efek sampingnya agar tidak menggunakan tomat secara berlebihan. Bahan alami juga tidak lepas dari efek samping, lho.

1. Kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari

Tomat tergolong buah yang tinggi kandungan asam sitrus karena vitamin C di dalamnya. Vitamin C membuat kulit Anda menjadi sensitif dengn sinar UVA. Jangan menggunakan atau mengkonsumsi tomat secara berlebihan di siang hari. Zat lycopene pada tomat tidak bersahabat dengan kulit wajah dan akan berakibat buruk jika langsung terapar oleh sinar UVA.

2. Membuat kulit menjadi kemerahan

Akibat dari kulit yang sensitif terhadap sinar matahari tentu adalah kulit yang akan mudah memerah. Memakai tomat secara berlebihan akan menimbulkan efek samping menghilangkan jerawat dengan tomat. Wajah Anda akan mudah memerah begitu bersentuhan dengan sinar matahari. Sebaiknya gunakan tomat pada malam hari sebelum tidur untuk mengurangi kemerahan pada kulit wajah.

Baca juga:

3. Menimbulkan reaksi alergi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, penggunaan tomat yang berlebihan akan membuat kulit menjadi sensitif. Hal ini akan diikuti oleh munculnya reaksi alergi pada kulit. Pengaruh zat lycopene yang bersentuhan dengan sinar UVA akan menimbulkan ruam, gatal-gatal, dan iritasi pada kulit.

Sponsors Link

4. Membuat kondisi mulut tidak stabil

Menghilangkan jerawat dengan tomat tidak hanya bisa dilakukan dengan masker tomat saja. Anda bisa memakan tomat secara langsung untuk penyembuhan dari dalam. Namun konsumsi tomat bisa membuat kondisi mulut Anda menjadi tidak stabil. Mulut bisa menjadi sangat kering sebagai salah satu reaksi alergi, atau sebaliknya produksi saliva pada mulut akan berlebihan sehingga membuat Anda menjadi tidak nyaman.

Baca juga:

5. Kesehatan mata dan bibir

Jika menggunakan tomat sebagai masker, hindari area mata dan bibir. Kedua membran mukosa ini sangat sensitif terhadap tomat. Buah tomat dapat mempengaruhi penglihatan Andam dan membuat bibir menjadi bengkak karena alergi.

ads

6. Kulit menjadi bersisik dan mengelupas

Vitamin C yang terkandung di dalam tomat memang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena bisa mencerahkan kulit secara alami. Namun kelebihan suplai vitamin C justru akan membuat kulit menjadi sangat kering bahkan bersisik dan mengelupas. Gunakan Vitamin E untuk menjaga kelembaban kulit dan hindari menggunakan tomat yang berlebihan.

Baca juga:

Cara Mengurangi Resiko Efek Samping Menghilangkan Jerawat dengan Tomat

Efek samping menghilangkan jerawat dengan tomat memang cukup mengganggu kesehatan dan penampilan Anda. Meskipun tomat adalah bahan alami tanpa unsur kimia di dalamnya, tetap saja ada efek samping yang timbul jika Anda tidak menggunakannya sesuai takaran. Tapi jangan khawatir, ini dia tips untuk Anda dalam mengurangi resiko efek samping menghilangkan jerawat dengan tomat.

1. Jangan dibiarkan menempel terlalu lama di wajah

Banyak orang salah persepsi mengenai hal ini. Membiarkan masker terlalu lama menempel di wajah tidak akan meningkatkan khasiatnya di kulit Anda. Yang ada justru kulit Anda memerah karena inflamasi. Gunakan masker dengan standar waktu yang ditentukan, yakni 10 hingga 20 menit saja. Dalam rentang waktu tersebut, penyerapan vitamin oleh kulit akan berlangsung maksimal.

2. Bersihkan wajah secara menyeluruh

Setelah selesai menggunakan masker tomat, jangan lupa membilas wajah hingga benar-benar bersih. Gunakan air dingin (bukan air es) agar kulit terasa segar. Pastikan tidak ada sisa tomat yang menempel sedikitpun di wajah Anda. Sisa tomat yang tertinggal akan berubah menjadi kotoran, dan bisa menjadi jerawat jika sudah bersatu dengan debu dan kotoran.

Baca juga:

3. Hindari kontak langsung dengan matahari

Terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari akan merubah zat lycopene dalam tomat menjadi berbahaya bagi kulit. Pada kulit wajah akan muncul berbagai reaksi alergi seperti kemerahan, iritasi, dan gatal. Hindari kontak langsung dengan matahari dan sebaiknya gunakan masker pada malam hari saja.

4. Jangan langsung menggunakan krim

Untuk menjaga kecantikan kulit wajah, wanita biasanya menggunakan krim malam sebelum tidur. Perawatan dengan tomat pun juga lebih baik jika dilakukan pada malam hari. Untuk menghindari efek samping yang lebih parah, jangan gunakan krim segera setelah menggunakan masker tomat. Apalagi jika krim Anda adalah krim dokter yang mengandung bahan kimia. Beri jarak 1-2 jam untuk menggunakan kedua perawatan ini.

Baca juga:

Sponsors Link

Manfaat Tomat untuk Wajah Berjerawat

Selain berbagai efek samping di atas, tidak dapat dipungkiri buah tomat memang sangat bermanfaat untuk kulit berjerawat. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah tomat:

  1. Menghilangkan noda hitam bekas jerawat
  2. Meratakan warna kulit
  3. Membunuh bakteri penyebab jerawat
  4. Mengecilkan pori-pori kulit bekas jerawat
  5. Melembabkan kulit yang berjerawat
  6. Mengurangi kelebihan minyak wajah penyebab jerawat
  7. Mempercepat proses penyembuhan jerawat
  8. Mencerahkan kulit wajah secara alami
  9. Melindungi kulit dari bahaya sinar matahari
  10. Mencegah jerawat muncul lagi

Itulah efek samping menghilangkan jerawat dengan tomat. Setelah membaca tips ini, selalu ingat untuk tidak menggunakan tomat secara berlebihan ya. Meskipun tomat adalah bahan yang alami, penggunaan secara berlebihan tetap saja tidak baik. Gunakan secukupnya saja agar kulit Anda dapat menyerap khasiat buah tomat secara maksimal. Selamat mencoba!

Baca juga:

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 31st, August 2017 / 04:23 Oleh :
Kategori : Pencegahan