Sponsors Link

7 Efek Samping Suntik Jerawat Wajib Diketahui dan Diwaspadai!

Sponsors Link

Jerawat menjadi satu permasalahan kulit yang biasa dialami baik wanita maupun pria, dan dapat mengganggu kenyamanan seseorang. Selain tidak nyaman, jerawat dapat mengurasi rasa percaya diri seseorang sehingga banyak yang melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya. Salah satu cara yang menjadi pilihan beberapa orang adalah dengan suntik jerawat. Lalu, apakah suntik jerawat ini benar-benar dapat menghilangkan jerawat? Memang benar suntik jerawat ini dapat menghilangkan jerawat, namun memiliki beberapa efek samping. Berikut ini adalah beberapa efek samping suntik jerawat maupun bahaya injeksi jerawat yang wajib diketahui:

Sponsors Link

1. Menyebabkan Kulit Bopeng

Efek samping suntik jerawat yang pertama adalah menyebabkan kulit bopeng, hal ini dikarenakan kandungan kortison pada cairan suntik. Hasil yang diharapkan setelah suntik jerawat tentu kuli yang mulus, namun yang didapat setelah suntik jerawat adalah menyebabkan kulit bopeng. Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan lidah buaya bisa menjadi pilihan apabila terjadi bopeng di kulit.

2. Mengganggu Kesehatan Tubuh

Suntik jerawat juga memiliki efek samping dapat menggangggu kesehatan tubuh seseroang. Efek samping yang muncul, di antaranya yaitu sakit perut, sakit kepala, sakit dada, pusing, batuk, demam, sakit tenggorokan, muntah, masalah pernapasan, gatal-gatal, nyeri otot, dan pingsan.

3. Munculnya Spot Merah

Efek samping suntik jerawat yang selanjutnya adalah munculnya spot merah akibat dari bekas suntikan jerawat. Timbulnya luka di kulit setelah suntik jerawat inilah yang bisa menyebabkan munculnya spot merah atau bekas jerawat memerah. Penyebab bekas jerawat memerah tidak hanya karena suntik jerawat melainkan bisa karena kurangnya menjaga kebersihan dan juga memencet jerawat saat meradang.

4. Beresiko Iritasi dan Kulit Menipis

Salah satu permasalahan jerawat yang snagat menjengkelkan adalah masalah jerawat batu, tak heran jika banyak orang lakukan berbagai cara untuk menghilangkannya salah satunya dengan cara suntik. Efek samping suntik jerawat batu yaitu beresiko mengalami iritasi kulit serta membuat kulit jadi menipis atau disebut dengan atrofi kulit.

5. Memperparah Bekas Jerawat

Harapan untuk mendapatkan kulit mulus kembali setelah suntik jerawat tak melulu berhasil, karena salah satu efek samping suntik jerawat justru memperparah bekas jerawat. Terlebih jika tidak dilakukan perawatan kulit dengan benar maka kemungkinan bekas jerawat semakin parah. Oleh karena itu, perlu dilakukan treatment penghilang bekas jerawat untuk mengembalikan kulit bebas dari bekas jerawat.

6. Membuat Kulit Kering

Selain efek samping suntik jerawat di atas, ada efek samping yang mempengaruhi keadaan atau kesehatan kulit akibat suntik jerawat yaitu dapat membuat kulit kering. Zat yabg terkandung dalam obat suntik memberikan efek samping membuat kulit kering, sehingga perlu bernar-benar menjaga kelembaban kulit.

7. Perubahan Pigmentasi Kulit

Efek samping suntik jerawat selanjutnya adalah terjadinya perubahan pigmentasi kulit, dimana kulit bagian yang disuntik jerawat akan berwarna lebih terang dari sekitarnya. Apabila hal ini terjadi di wajah, tentu akan membuat tidak nyaman dan percaya diri karena kulit terlihat belang dengan warna yang berbeda dengan sekitar. Untuk menghilangkannya perlu dilakukan perawatan wajah rutin agar warna kulit sama rata alias tidak belang.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.