Sponsors Link

5 Efek Samping Suntik Jerawat Batu (No. 5 Paling Berbahaya)

Sponsors Link

Pernahkan anda merasa kesal dengan jerawat yang muncul secara tiba-tiba? Segala sesuatu tentang jerawat tentunya dapat memberikan dampak psikologis akibat jerawat. Ada berbagai macam-macam jenis jerawat dan cara mengatasinya berbeda-beda. Salah satu jenis jerawat ialah jerawat batu, yang tidak disukai karena menyebabkan pembengkakan di wajah bahkan menimbulkan rasa sakit.

Sponsors Link

Pada zaman yang serba modern dan instan ini, tentunya anda menginginkan cara menghilangkan jerawat yang cepat dan memberikan hasil nyata. Jerawat batu seringkali membandel sehingga sulit untuk dihilangkan dan memerlukan usaha yang cukup besar. Hal ini dikarenakan jerawat batu tidak hanya menyerang kulit bagian luar, tetapi juga kulit bagian dalam. Oleh sebab itu, penanganan jerawat batu memerlukan cara yang lebih mudah untuk dilakukan, salah satunya ialah melalui cara suntik.

Suntik Jerawat Batu

Seseorang yang menderita jerawat batu membandel hingga cukup parah, umumnya akan melakukan konsultasi ke dokter spesialis kulit. Jangan menggunakan sembarang obat jerawat batu yang ada di apotik karena sebaiknya menggunakan petunjuk dan resep dari dokter. Salah satu penanganan jerawat batu pada kulit wajah ialah melalui suntikan yang mengandung hormon kortison.

Hormon kortison merupakan senyawa golongan kortikosteroid, yang bermanfaat dalam mengurangi pembengkakan dan mempercepat cara mengatasi jerawat meradang. Suntik kortikosteroid hanya boleh dilakukan oleh dokter, yang biasanya dipilih untuk mencegah bekas jerawat akibat jerawat besar dan meradang. Jerawat besar dan meradang berpotensi menyebabkan kerusakan kulit yang menimbulkan bekas permanen. Tahukah anda bahwa suntik hormon kortison ini tidak boleh sembarangan disuntikkan karena harus dilarutkan terlebih dahulu agar konsentrasi hormon rendah saat disuntikkan. Biasanya, jerawat akan melunak dan hilang dalam tiga sampai lima hari.

Baca juga : Jenis Hormon Penyebab Jerawa dan Ciri-Ciri Jerawat Karena Hormon

Efek Samping Suntik Jerawat Batu 

Sebagai salah satu perawatan wajah berjerawat, suntik hormon kortikosteroid merupakan alternatif yang mudah dan cepat. Akan tetapi, terdapat efek samping yang perlu diketahui dan dipertimbangkan jika anda ingin menggunakan suntik hormon. Berikut ini ialah efek samping suntik jerawat batu :

1. Ketergantungan dan memerlukan pemeriksaan rutin

Usaha menghilangkan jerawat batu dengan menggunakan suntik hormon kortikosteroid tentunya memerlukan persetujuan dari dokter. Setelah mendapatkan suntikan hormon kortikosteroid di wajah, tentunya memerlukan pemeriksaan secara rutin untuk memastikan keamanan penggunaannya. Akan tetapi, efek sampingnya adalah dapat menimbulkan ketergantungan untuk terus menerus melakukan suntik hormon kortikosteroid.

Sponsors Link

Segala sesuatu yang berlebihan pastinya tidak baik. Oleh sebab itu, disarankan bagi anda untuk menimbang-nimbang kembali bila ingin melakukan suntik hormon kortikosteroid dalam usaha menghilangkan jerawat batu. Biasanya, akibat dari ketergantungan akan mempengaruhi psikologis dalam jangka panjang.

2. Sifatnya sementara dan memungkinkan jerawat batu muncul kembali

Efek samping lainnya dari suntik jerawat batu ialah memerlukan penyuntikkan berulang kali. Hal ini disebabkan suntik hormon kortison bersifat tidak mengobati secara permanen, sehingga jerawat batu dapat muncul kembali dan mengakibatkan permasalahan yang sama, yaitu memungkinkan jerawat batu timbul kembali.

Baca juga: Bahaya Jerawat Bernanah dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Akibat Dipencet

3. Beresiko mengalami iritasi

Jika anda ingin melakukan suntik hormon kortison, perhatikanlah terlebih dahulu dosis aman untuk hormon tersebut pada tubuh. Kortison merupakan hormon yang cukup kuat, dimana dalam jumlah kecil saja dapat memberikan pengaruh yang besar, sehingga memerlukan akurasi pada penanganannya. Jika konsentrasi hormon yang diberikan tidak tepat, maka dapat menimbulkan luka bopeng di muka. Penyuntikkan yang tidak sempurna akan menyebabkan iritasi kulit wajah.

Baca juga: Cara Membuat Kulit Wajah Mulus Tanpa Bekas Jerawat  dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Akibat Facial

4. Pembengkakkan kulit

Pada aplikasi suntik hormon kortikosteroid, beberapa saat setelah penyuntikan hormon beresiko menimbulkan kemerahan dan bengkak pada kulit.  Kondisi ini akan bertahan selama kira-kira seminggu, selanjutnya baru akan kembali normal. Akan tetapi, hal ini bergantung pada sensitivitas masing-masing kulit. Ada baiknya anda melakukan tes alergi dan sensitivitas terlebih dahulu sebelum melakukan suntik kortikosteroid.

Sponsors Link

5. Beresiko menimbulkan bekas luka

Suntik hormon kortikosteroid seharusnya memiliki manfaat yang dapat membantu menghilangkan bekas luka akibat jerawat. Akan tetapi, pengobatan dengan cara suntik ini juga dapat berakibat sebaliknya, yakni menimbulkan bekas luka di kulit wajah bila terlalu sering dilakukan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami dan Penyebab Jerawat Bernanah dan Berdarah dan Cara Mengatasinya

Kelebihan Suntik Jerawat Batu

Suntik jerawat banyak disenangi karena praktis, cepat mengatasi jerawat, hampir tidak menimbulkan nyeri dan proses penyuntikkan berlangsung cepat. Suntik hormon kortison juga sangat berguna untuk mencegah terbentuknya noda kehitaman bekas jerawat. Selain itu, suntikan hormon kortison juga digunakan oleh dokter kulit untuk mengurangi bekas luka yang menonjol atau keloid.

Suntik kortikosteroid dapat mengatasi dan menghilangkan jerawat batu dalam waktu kurang lebih 48 jam. Area wajah akan disuntikkan dengan hormon kortikosteroid akan terasa efeknya, dimana menghilangkan bengkak akibat jerawat. Selain itu, manfaat besar lainnya yang diperoleh dari suntik jerawat batu ialah tidak meninggalkan bekas luka akibat jerawat. Suntik hormon kortikosteroid tergolong dalam cara yang jarang dilakukan karena membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Baca juga:

Nah, setelah membaca penjelasan mengenai efek samping dan kelebihan dari suntik jerawat batu, semoga anda memperoleh informasi yang bermanfaat sebagai bahan pertimbangan untuk pengobatan jerawat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 17th, June 2016 / 02:06 Oleh :
Kategori : Pengobatan