Sponsors Link

Facial Wajah Berjerawat di Rumah

Sponsors Link

Facial merupakan salah satu rangkaian perawatan wajah yang berguna untuk membersihkan kulit bersih, kesehatan dan kecantikan pada wajah. Di saat sekarang ini mulai banyak kaum hawa dan adam yang semakin peduli dengan penampilan. Imbasnya mereka berbondong-bondong untuk melakukan serangkaian treatment yang dapat membuat kulit menjadi indah dan sehat.

Sponsors Link

Melakukan facial sama dapat dilakukan pada klinik dan salon kecantikan. Untuk mendapatkan manfaat dari facial sendiri juga perlu diperhatikan tempat Anda melakukan facial sehingga hasil yang didapatkan maksimal. Facial untuk wajah berjerawat tergolong aman jika kondisi jerawat tidak begitu parah. Karena jerawat yang masih dalam tahap peradangan hanya akan membuat wajah Anda semakin parah jika facial wajah tetap dilanjutkan.

Artikel terkait :

Untuk itu diperlukan konsultasik dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum melakukan facial untuk wajah berjerawat. Facial untuk wajah berjerawat ternyata juga memiliki manfaat untuk kulit wajah. Berikut ini ulasan dari manfaat facial wajah berjerawat antara lain :

1.Wajah menjadi bersih

Manfaat pertama untuk facial adalah menjadikan kulit wajah menjadi bersih dan segala macam kotoran. Wanita mana yang tidak ingin memiliki kulit yang putih. Kulit putih tidak hanya identik dengan warna namun juga kebersihannya yang harus dijaga. Saat facial dilakukan maka wajah akan dibersihkan secara keseluruhan dengan bantua alat yang bertujuan untuk membantu mengangkat debu yang menempel pada kulit wajah. Setelah facial selesai Anda akan merasakan manfaatnya kulit wajah menjadi bersih, halus dan cerah sekali.

Artikel terkait :

2. Melembapkan wajah

Manfaat yang kedua dari facial untuk wajah berjerawat adalah untuk membantu melembapkan wajah secara alami. Pelembap pada kulit wajah diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit. Kulit yang kering justru mempercepat proses penuaan pada kulit. Untuk itu tujuan facial wajah sendiri adalah melembapkan wajah dan mengurangi produksi kelenjar minyak yang berlebih pada wajah.

Artikel terkait :

3. Mengatasi masalah kulit kusam

Kulit kusam tentu sangat merusak penampilan sekali, karena akibat dari kulit yang kusam wajah akan tampak sangat tua sekali. Banyak penyebab wajah menjadi kusam diantaranya debu, minyak wajah dan sel kulit mati yang menumpuk. Wajah melakukan proses regenerasi satu kali dalam 28 hari. Dan proses regenerasi pada kulit bisa saja tidak maksimal akibat banyak faktor akibatnya kulit menjadi kusam.

Dengan melakukan facial untuk wajah dapat membantu mengangkat sel kulit yang mati pada wajah. Sel kulit yang mati ini nantinya akan digantikan dengan sel kulit yang baru dengan memberikan stimulasi pada kulit. Sehingga setelah facial kulit wajah yang kusam sudah tidak ada lagi.

4. Membantu menyamarkan noda hitam

Manfaat keempat dari facial wajah berjerawat adalah untuk membantu menyamarkan noda hitam. Noda hitam dapat terjadi karena tiga faktor yaitu :

  • Noda hitam bekas jerawat dimana noda ini muncul saat jerawat sudah mulai menghilang pada kulit wajah.
  • Pigmentasi pada kulit juga menimbulkan noda hitam pada wajah. Tujuan dari pigmentasi pada kulit adalah melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.
  • Usia menjadi peristiwa alami munculnya noda hitam pada kulit. Saat sudah tua semua organ tubuh dan kulit ikut menua.

Namun pigmentasi dan noda bekas jerawat tetap bsa disamarkan dengan melakukan facial secara teratur.

(Baca juga : Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami)

Sponsors Link

5. Mengecilkan pori wajah

Pori-pori pada wajah berfungsi untuk pernafasan pada kulit dan tempat keluarnya minyak untuk melembapkan kulit wajah. Pada dasarnya pori-pori wajah berukuran kecil dan tiak tampak pada kulit. Namun karena produksi kelenjar minyak yang berlebih, jerawat dan kotoran pada pori mengakibatkan pori-pori diwajah menjadi besar. Pori yang besar tentu memudahkan untuk debu masuk sehingga terjadilah peradangan dan timbul jerawat.

Untuk membantu mengatasi pori pada wajah menjadi kecil melakukan facial menjadi salah satu solusi. Saat facial wajah akan dibersihkan secara menyeluruh sehingga ukuran pori-pori dapat kembali seperti ukurannya yang semula.

(Baca juga : Cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat)

6. Mengurangi jerawat

Manfaat keenam facial wajah berjerawat adalah mengurangi jerawat. Masalah kulit yang umum ini memang sangat tidak menyenangkan sekali. Jerawat pada wajah dapat membuat penampilan menjadi kurang indah. Belum lagi jerawat pada wajah dapat meninggalkan bopeng pada kulit.

Bopeng adalah jaringan parut yang terbentuk pada kulit akibat memencet jerawat dan mencuci wajah dengan keras. Bopeng pada wajah sama sekali tidak dapat dihilangkan karena bersifat permanen. Mengurangi jerawat sendiri dapat dilakukan dengan metode facial atau masker dengan bahan alami.

7. Menghilangkan komedo

Manfaat ketujuh dari facial adalah untuk menghilangkan komedo pada wajah. Komedo disebabkan karena minyak berlebih pada wajah. Umumnya komedo terdapat pada dagu, pipi, dahi dan hidung. Komedo terbagi menjadi dua yaitu :

  • Komedo putih yang terdapat dibawah lapisan kulit luar dan memiliki warna yang putih.
  • Komedo hitam yaitu komedo yang terletak dilapisan epidermis, saat teroksidasi dengan udara komedo akan berubah menjadi warna hitam.

Komedo dan jerawat adalah sama-sama masalah pada kulit. Untuk itu dengan melakukan facial secara teratur dapat membantu menghilangkan komedo pada wajah secara rutin dan bertahap.

Artikel terkait :

Manfaat facial ternyata sangatlah banyak sekali untuk kulit wajah. Melakukan facial secara teratur memberikan manfaat yang nyata. Namun untuk wajah berjerawat hendaknya melakukan facial setelah mematikan tidak ada jerawat yang sedang meradang.

ads

Cara melakukan Facial di Rumah

Facial tidak hanya bisa dilakukan pada salon dan klinik kecantikan. Untuk memperhatikan efek sampingnya Anda bisa memilih melakukan facial sendiri dirumah dengan menggunakan masker yang alami. Jika ingin melakukan facial sendiri dirumah berikut ini alat-alat yang harus disiapkan antara lain :

  • Pembersih wajah
  • Air hangat
  • Scrub wajah
  • Masker
  • Serum
  • Handuk
  • Jepit rambut
  • Kuas
  • Baskom

Setelah alat-alat tadi disiapkan, maka berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk facial di rumah sendiri :

  • Pertama sekali adalah membersihkan wajah secara menyeluruh dengan menggunakan pembersih wajah yang biasa Anda gunakan.
  • Setelah itu keringkan wajah dengan menggunakan handuk.
  • Ambil baskom yang telah berisi air panas dan hadapkan wajah Anda pada baskom hingga uap dari air panas menyentuh kulit wajah Anda.
  • Lalu lanjutkan dengan mengoleskan masker pada wajah dengan kuas. Oleskan secara merata pada wajah dan tunggu hingga 30 menit.
  • Kemudian setelah 30 menit maka bersihkan wajah Anda dari masker yang telah mengering tadi.
  • Keringkan wajah dengan handuk dan lanjutkan dengan pemberian serum pada wajah.
  • Gunakan serum yang cocok untuk wajah, karena serum dapat memberikan kelembapan pada wajah sampai lapisan kulit yang paling dalam.
  • Setelah itu tenangkan diri Anda untuk sejenak.

Langkah ini bisa Anda praktekkan sendiri dirumah dan dapat dilakukan pada hari libur. Karena tubuh dan wajah juga memerlukan istirahat sejenak dari berbagai aktifitas harian. (Baca juga : Facial jerawat)

Efek Samping Facial Wajah Berjerawat

Facial untuk wajah berjerawat tidak hanya memberikan manfaat pada kulit wajah yang berjerawat saja. Namun melakukan facial wajah juga dapat menimbulkan efek samping. Namun efek samping yang timbul akibat facial wajah adalah karena terlalu sering dan melakukan facial ditempat yang belum terjamin keamanannya. Berikut ini beberapa efek samping yang bisa timbul karena facial antara lain :

1.Kandungan cream berbahaya

Tidak dipungkuri bahwa saat Anda melakukan facial wajah di klinik dan salon maka Anda akan dioleskan semacam cream pada wajah. Namun tahukah Anda bahwa yang namanya cream tetap memiliki kandungan kimia didalamnya. Jika kulit Anda merupakan jenis kulit sensitif maka ketidakcocokan kulit dengan cream akan langsung terlihat. Untuk mencegah hal ini terjadi ada baiknya untuk tidak terlalu sering melakukan facial untuk wajah.

(Baca juga : Cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik)

2. Kulit menjadi mudah keriput

Efek samping berikutnya dari melakukan facial adalah kulit mudah untuk keriput. Ternyata jika terlalu sering melakukan facial dapat mengakibatkan keriput pada kulit lebih cepat. Padahal keriput merupakan masalah utama kulit pada wanita. Banyak wanita yang rela untuk mengeluarkan uang banyak untuk membeli produk antiaging. Namun demikian keriput pada kulit memang tidak bisa dielakkan namun dapat diundur beberapa tahun saja.

(Baca juga : Ciri-ciri obat jerawat berbahaya)

3. Ruam di wajah

Ruam pada wajah juga dapat timbul setelah melakukan facial pada wajah yang berjerawat. Ini terjadi karena kulit mengalami semacam penyiksaan dengan mengeluarkan jerawat dan komedo dari kulit. Orang dengan tipe kulit sensitif akan tampak sekali efek samping facial ini baginya. Itu sebabnya melakukan facial sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter kulit.

4. Elastisitas kulit menjadi rusak

Kulit wajah memerlukan elastisitas untuk mencegah keriput pada kulit. Dan senyawa yang berperan untuk menjaga elastisitas kulit adalah kolagen. Kolagen memang diproduksi sendiri didalam tubuh namun seiring dengan pertambahan usia produksi kolagen menjadi berkurang. Itu sebabnya memerlukan tambahn dari luar yang berasal dari makanan yang mengandung protein, buah-buahan dan sayuran-sayuran. Jadi jika Anda ingin elastisitas kulit tetap terjaga rajinlah untuk mengonsumsinya.

(Baca juga : Manfaat kolagen untuk jerawat)

Efek samping akibat facial pada wajah ini ada yang bersifat sementara dan ada juga yang bersifat permanen pada wajah. Jadi pikirkan terlebih dahulu sebelum akan melakukan facial.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan