Sponsors Link

Hidung Bengkak Karena Jerawat? Inilah Penyebab dan Cara Mengobatinya

Sponsors Link

Membicarakan tentang jerawat rasanya tidak ada habisnya. Jerawat muncul karena adanya penumpukan kotoran dan bakteri di wajah yang bercampur dengan minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebum. Keduanya menyumbat folikel rambut wajah dan menyumbat pori. Penyumbatan yang meradang inilah yang kemudian menghasilkan jerawat. Parahnya lagi, jerawat tidak hanya muncul di wajah saja, tetapi juga di bagian tubuh lainnya bahkan yang tersembunyi sekalipun.

Sponsors Link

Namun tentu saja jerawat paling umum tumbuh di wajah, termasuk di area hidung. Banyak orang mengalami jerawat parah seperti jerawat nanah di hidung hingga membuat hidung bengkak karena jerawat. Apa penyebab hidung bengkak karena jerawat dan bagaimana cara mengobatinya?

Penyebab

Saat hidung bengkak karena jerawat, Anda pasti bertanya tanya bagaimana hal itu bisa terjadi. Inilah penyebab hidung membengkak saat tumbuh jerawat yang harus diwaspadai.

1. Jerawat Meradang

Saat jerawat meradang, ukuran jerawat menjadi berkali kali lipat dari semula. Munculnya mata jerawat juga menjadi ciri ciri jerawat meradang lainnya. Tidak hanya itu, saat jerawat di hidung sedang meradang, kulit di sekitar jerawat akan menjadi kaku dan membengkak. Bengkak ini biasanya juga disertai dengan kemerahan pada kulit dan rasa nyeri pada jerawat.

2. Iritasi Jerawat

Jerawat adalah sumber kotoran dan bakteri. Agar kotoran dan bakteri yang ada pada jerawat tidak mudah menyebar dan membuat jerawat tumbuh di area yang lain, jangan sembarangan menyentuh jerawat. Hal itu akan menyebabkan jerawat menjadi iritasi dan membengkak. Saat iritasi, jumlah bakteri pada jerawat meningkat sehingga jerawat lebih sulit sembuh.

3. Inflamasi di Sekitar Jerawat

Saat jerawat meradang, kulit di sekitarnya akan mengalami inflamasi. Inflamasi ditandai dengan warna kemerahan pada kulit, rasa nyeri, jerawat yang membesar, terasa panas, dan pembengkakan di sekitar jerawat. Namun inflamasi juga menjadi pertanda bahwa jerawat akan segera sembuh.

4. Ada Jerawat di Dalam Hidung

Jerawat tidak hanya tumbuh di hidung bagian luar saja, tetapi juga hidung bagian dalam. Penyebabnya adalah infeksi dan penumpukan kotoran yang ada di dalam hidung. Jerawat di dalam hidung akan terasa sangat nyeri dan membuat ukuran hidung tampak membesar.

5. Jerawat Akan Sembuh

Saat terjadi pembengkakan pada jerawat dan area di sekitarnya, itu adalah ciri ciri jerawat segera sembuh. Jerawat telah mencapai fase puncak dari pertumbuhannya dan mencapai ukuran yang terbesar. Jangan menyentuh atau memencet jerawat, biarkan ia kempes dan sembuh dengan sendirinya.

Cara Mengobati

Berikut ini adalah cara mengobati hidung bengkak karena jerawat yang bisa dilakukan.

  • Salep Jerawat dapat mengurangi pembengkakan pada jerawat, yang sekaligus akan mengempeskan hidung yang bengkak. Salep penghilang jerawat dapat dibeli di apotek.Pilih salep dengan kandungan benzoil peroksida.
  • Lidah Buaya dapat mengurangi peradangan para jerawat. Manfaat lidah buaya untuk jerawat lainnya adalah mengempeskan jerawat dan mengurangi rasa nyeri pada jerawat, serta mempercepat proses penyembuhan jerawat.
  • Obat Anti Nyeri. Saat hidung terasa sangat nyeri, obat anti nyeri dapat diminum untuk meredakan rasa sakitnya. Nyeri muncul karena jerawat sedang berkembang dan jumlah bakteri pada jerawat mengalami peningkatan.

Itulah penjelasan tentang penyebab dan cara mengobati hidung bengkak karena jerawat. Hidung yang membengkak tentu menyebabkan Anda menjadi tidak nyaman. Selain itu, penampilan Anda pasti terlihat berbeda sehingga mempengaruhi kepercayaan diri bukan? Lakukan cara mencegah jerawat yang tepat agar kulit tidak menjadi sarang tempat tumbuhnya jerawat dengan mudah.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.