Sponsors Link

Hormon Penyebab Jerawat – Ciri Ciri dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Bagi wanita yang sering berhubungan dengan segala sesuatu tentang jerawat, wajib hukumnya untuk mengetahui apa saja penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor internal yang paling banyak menyebabkan jerawat adalah kadar hormon yang tidak menentu di dalam tubuh. Bagaimana hormon bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat?

Sponsors Link

Apa Itu Hormon?

Hormon adalah istilah dalam bahasa Yunani yang berarti: “yang menggerakkan”. Sementara pengertian dari hormon adalah pembawa pesan kimia antar sel atau antar kelompok. Tempat peredaran hormon sendiri adalah pada aliran darah manusia. Tugas hormon antara lain adalah mengubah aktivitas protein seluler, mempengaruhi ekspresi genetik, mengaktifkan dan menonaktifkan sistem kekebalan tubuh, mengatur metabolisme, merangsang pertumbuhan, menghambat pertumbuhan, mengatur fase hidup seperti kapan datangnya menstruasi dan kapan saatnya menopause.

Hormon Penyebab Jerawat

Inilah jenis jenis hormon yang menyebabkan jerawat, baik pada pria maupun wanita:

1. Hormon Androgen

Hormon androgen adalah hormon yang dimiliki oleh pria dan wanita. Hormon ini menjadi jenis hormon yang paling sering menyebabkan munculnya jerawat. Peningkatan jumlah hormon ini terutama terjadi saat seseorang sedang mengalami masa pubertas atau remaja, dan salah satu dampaknya adalah munculnya jerawat di wajah yang tidak terkendali.

2. Hormon Testosteron

Jenis hormon yang satu ini sangat penting bagi para pria. Produksi hormon testosteron akan mengalami peningkatan saat seorang laki laki memasuki masa remaja. Peran penting hormon testosteron adalah membantu penguatan pembentukan tulang pada remaja, menumbuhkan jakun dan jambang, serta merubah suara remaja menjadi lebih besar.

3. Hormon Progesteron

Kalau hormon yang satu ini dimiliki oleh kaum wanita. Sama seperti hormon testosteron pada pria, wanita mengalami peningkatan jumlah hormon progesteron dalam tubuh ketika menjelang masa menstruasi, awal kehamilan, atau menopause. Inilah yang menjelaskan mengapa banyak wanita berjerawat saat menjelang menstruasi.

Sponsors Link

Mengapa Hormon Bisa Menyebabkan Jerawat?

Banyak orang pasti bertanya, apa hubungan hormon dengan jerawat. Bagaimana peningkatan hormon berpengaruh pada munculnya jerawat?

Saat hormon di dalam tubuh mengalami peningkatan, maka akan mengaktifkan kelenjar minyak pada kulit wajah sehingga memproduksi sebum lebih banyak dari biasanya. Jika sebum ini bercampur dengan kotoran dan menyumbat folikel rambut pada pori pori kulit wajah, maka muncullah jerawat. Kondisi wajah yang berminyak juga meningkatkan pertumbuhan bakteri utama penyebab jerawat yaitu bakteri P.acnes.

Ciri Ciri Jerawat Karena Hormon

Hormon yang sedang tidak seimbang di dalam tubuh memang menjadi penyebab utama penyebab jerawat saat menstruasi muncul. Kenali apa saja ciri ciri jerawat yang muncul karena hormon dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya.

  1. Terjadi pada remaja laki laki dan perempuan, mulai usia 13 sampai 17 tahun.
  2. Pada remaja perempuan, jerawat pertama biasanya muncul menjelang siklus menstruasi yang pertama.
  3. Pada wanita dewasa, jerawat muncul menjelang san selama masa mentruasi.
  4. Jerawat muncul di awal kehamilan.
  5. Jerawat hormon susah dihilangkan dengan obat, namun bisa segera hilang jika penyebabnya telah teratasi.
Sponsors Link

Mengatasi Jerawat Karena Hormon

Seperti yang telah disebutkan, jerawat yang muncul akibat hormon tidak bisa disembuhkan dengan mudah. Namun jerawat tersebut akan segera hilang begitu kadar hormon telah normal kembali. Berikut adalah beberapa mengatasi jerawat karena hormon, yaitu untuk mengendalikan pertumbuhannya agar jerawat tidak menjadi sangat parah.

1. Pil KB

Sering disebut sebagai penyebab utama munculnya jerawat, pil KB justru bisa mengendalikan munculnya jerawat karena hormon, lho. Kandungan SHBG dalam pil KB mampu menyerap kelebihan kadar testosteron dalam darah sehingga efektif dalam mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

Pada wanita, kemunculan jerawat akibat pil KB akan terjadi hanya pada masa masa awal pemakaian yaitu sekitar 3 sampai 4 bulan. Namun jerawat akan mereda begitu tubuh sudah bisa menyesuaikan.

2. Obat Anti Androgen

Obat ini adalah jenis obat yang khusus menangani masalah jerawat akibat masalah hormon. Fungsi dari obat tersebut adalah mengurangi produksi hormon androgen dalam tubuh, yaitu hormon yang dimiliki pria dan wanita. Obat yang memiliki kandungan anti androgen antara lain adalah obat spironolactone yang ada di dalam obat untuk penyakit hipertensi.

3. Retinoid

Kandungan retinoid biasanya ada di dalam krim kecantikan atau salep khusus jerawat. Bahan utama retinoid dapat menghilangkan jerawat dengan sangat efektif, terutama yang disebabkan oleh hormon dalam tubuh yang tidak seimbang.

4. Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida atau benzoyl peroxide adalah bahan kimia yang terkandung di hampir setiap salep penghilang jerawat yang dijual di apotek. Bahan kimia ini memang terbukti ampuh melawan pertumbuhan bakteri pada segala jenis jerawat, termasuk jerawat yang disebabkan oleh hormon. Efek samping yang mungkin muncul dari penggunaan salep berbahan benzoil peroksida ini adalah kulit kemerahan seperti iritasi dan peradangan pada jerawat. Namun hal ini biasanya hanya berlangsung selama satu minggu pertama penggunaan salep saja.

5. Salicylid Acid

Salep dengan kandungan asam salisilat adalah salep yang baik untuk mengatasi masalah jerawat yang diakibatkan oleh hormon. Cara kerja salep ini adalah dengan menghilangkan penyumbatan yang terjadi pada pori pori kulit wajah. Efek samping yang timbul sama seperti pada penggunaan salep benzoil peroksida yaitu kemerahan dan iritasi pada kulit.

Itulah penjelasan lengkap tentang hormon penyebab jerawat dan bagaimana cara mengatasinya. Hormon penyebab jerawat memang muncul pada saat yang tidak terduga. Tetapi jangan khawatir, jerawat ini akan sembuh dengan sempurna setelah kadar hormon kembali seimbang di dalam tubuh.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.