Sponsors Link

Hormon Penyebab Jerawat Pada Pria – Jenis dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Memiliki kulit yang bersih, sehat, dan terawat tentu menjadi idaman bagi wanita maupun pria. Meskipun terkadang, pria sedikit cuek terhadap penampilannya dibanding wanita namun ketika muncul masalah jerawat maka baik pria ataupun wanita akan segera mencari cara untuk mengatasinya. Hal ini dikarenakan jerawat membuat seseorang menjadi tidak nyaman dan tidak percaya diri. Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah faktor hormon, termasuk pada pria. Oeh karena itu, pada pembahasan kali ini wajahjerawat.com akan membahas mengenai jenis hormon penyebab jerawat dan cara mengatasinya yang seringkali muncul pada pria. Berikut ini adalah beberapa jenis hormon penyebab jerawat pada pria.

Sponsors Link

Jenis-jenis Hormon Penyebab Jerawat

1. Hormon Seks

Salah satu hormon penyebab jerawat yang muncul pada pria adalah hormon seks. Disebut hormon seks, karena hormon ini berhubungan dengan sistem reproduksi. Pada pria, hormon seks yang mempengaruhi munculnya jerawat adalah hormon seks androgen. Meningkatnya produksi hormon androgen inilah kemudian menyebabkan produksi minyak pada kulit pun meningkat. Sehingga, menyebabkan tersumbatnya bagian pori-pori kulit hingga timbullah jerawat.

2. Hormon Kortisol

Berbeda dengan hormon seks yang berhubungan dengan sistem reproduksi pria, hormon kortisol ini dipengaruhi oleh stress. Sehingga sering disebut hormon stress, munculnya disebabkan oleh respon terhadap stress sehingga berpengaruh pada kesehatan kulit hingga muncullah jerawat. Perlu diketahui ciri-ciri jerawat karena hormon dan cara mengatasinya secara tepat.

3. Hormon Melatonin

Hormon melatonin merupakan hormon yang memiliki fungsi fisiologis bagi tubuh manusia, diantaranya memproduksi enzim antioksidan, mengontrol tidur, mengatur tekanan darah, mengurangi efek hormon testosteron, dan mengurangi stress pada kulit. Oleh karena itu, apabila hormon ini mengalami gangguan bisa jadi menyebabkan muncullnya jerawat.

4. Hormon Insulin

Hormon insulin ini berkaitan dengan perannya untuk mengatur kadar gula dalam tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula atau glukosa, akan menyebabkan peningkatan hormon insulin ini. Hal ini akan berdampak pada kesehatan tubuh dan juga kulit, salah satunya muncul jerawat.

Setelah mengetahui beberapa jeni hormon penyebab jerawat pada pria di atas, maka apabila Anda mengalami jerawat yang diakibatkan hormon seperti di atas maka prlu segela dilakukan cara untuk mengatasinya. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi jerawat karena hormon yang terjadi pada pria.

Cara Mengatasi

1. Menjaga Pola Makan

Cara mengatasi jerawat yang pertama adalah dengan menjaga pola makan, pilihlah makanan-makanan yang mengandung nutrisi sehingga baik untuk kesehatan tubuh dan juga kulit. Selain itu, hindari konsumsi gula dan minyak atau makanan berlemak, karena akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon insulin dan juga produksi sebum (minyak pada kulit) secara berlebih.

2. Menjaga Kebersihan Kulit

Agar jerawat hilang dan tidak muncul lagi, kita perlu menjaga kebersihan kulit karena bakteri atau kotoran yang menumpuk dapat menyumbat pori-pori kulit hingga menimbulkan jerawat. Mandi hingga bersih dan cuci wajah hingga bersih, serta gunakan pakaian yang bersih agar terhindar dari kuman atau bakteri penyebab jerawat.

Sponsors Link

3. Gunakan Bahan Alami

Salah satu cara mengatasi jerawat agar tidak membekas adalah dengan menggunakan bahan alami, seperti lemon dan madu. Manfaat lemon dan madu untuk jerawat inilah yang akan membantu mengatasi jerawat dan juga bekasnya. Caranya gunakan campuran lemon dan madu sebagai masker.

4. Olahraga

Untuk menjaga kestabilan hormon salah satu caranya adalah pola hidup sehat yaitu dengan berolahraga rutin. Melakukan olahraga secara rutin tidak hanya berdampak baik bagi kesehatan tubuh, melainkan juga untuk kesehatan kulit sehingga terhindar dari jerawat.

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.