Sponsors Link

Jerawat Batu Bernanah – Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Jerawat batu bernanah adalah salah satu jerawat yang paling berbahaya. Selain jerawat ini bandel menempel di anggota tubuh kita, pengobatannya juga tidak mudah. Pembahasan kali ini adalah mengupas tuntas mengenai jerawat batu bengkak bernanah. Berikut ulasannya!

Sponsors Link

Jerawat Batu Bernanah

Berikut adalah ulasan mengenai jerawat batu bengkak bernanah, diantaranya adalah:

  • Apa itu jerawat batu bernanah?

Jerawat memang bisa ditemukan di area mana saja pada tubuh kita baik itu di wajah, punggung, leher, dada ataupun bahu. Jenis-jenis jerawatnya juga bermacam-macam seperti komedo hitam, komedo putih, papula, jerawat kecil, jerawat batu hingga bernanah. Jerawat batu bengkak bernanah adalah jerawat yang memiliki nanah pada bagian ujungnya. Nanah yang terdapat pada jerawat batu ini diakibatkan dari infeksi yang muncul pada tubuh Anda. Ketika sel darah putih berusaha untuk melawan infeksi, sel tersebut menghasilkan campuran cairan yang terkena kuman dengan sel darah putih mati dan kemudian menjadi nanah. Saat nanah berada di bawah kulit atau pori-pori kulit, hal inilah yang menyebabkan jerawat batu bengkak bernanah. Jadi, timbulnya nanah menandakan bahwa terdapat infeksi jamur atau bakteri di dalamnya.

  • Penyebab jerawat batu bernanah

Jerawat batu bernanah disebabkan dari beberapa aspek.

  1. Pertama, jerawat batu bengkak bernanah diakibatkan dari perubahan hormonal ketika wanita mengalami pubertas, sedang dalam siklus menstruasi, mengalami kehamilan, dan memulai atau mengakhiri penggunaan alat kontrasepsi. Hormon memiliki andil dalam meningkatkan produksi minyak sehingga memicu penyumbatan kulit mati dan pori-pori.
  2. Hormon juga bisa meningkat dan memicu kelenjar keringat karena disebabkan oleh stress yang dialami oleh penderita. Ketika kelenjar keringat meningkat, sebum menjadi tidak terkendali dan mengakibatkan jerawat batu bernananah.
  3. Riwayat keluarga juga mempengaruhi adanya jerawat batu bengkak bernanah pada anggota tubuh kita. Jika anggota keluarganya memiliki riwayat jerawat batub bernanah, maka sang anak pun memiliki peluang untuk mendapatkan jerawat yang sama.
  4. Jerawat jenis ini juga bisa disebabkan dari kebiasaan buruk penyebab jerawat seperti kurang menjaga kebersihan wajah. Apalagi, jika salah menggunakan kosmetik atau perawatan skincare.
  5. Makanan yang sembarangan juga bisa mempengaruhi timbulnya jerawat batu bengkak bernanah pada tubuh kita.
  • Cara mengatasi jerawat batu bernanah

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati dan menghilangkan jerawat batu bengkak bernanah, yakni dengan menggunakan bahan-bahan di sekitar kita. Minyak pohon teh atau tea tree oil memiliki kandungan anti jamur, anti bakteri, dan anti virus. Minyak ini dioleskan ke bagian jerawat batu bengkak bernanah yang sebelumnya telah dicampurkan menggunakan air. Manfaat bawang putih untuk jerawat efektif sebagai cara mencegah jerawat secara alami. Bawang putih mengandung sulfur atau disebut dengan thiacremonon. Sulfur tersebut bisa membantu meringankan jerawat batu bengkak bernanah dengan cepat.

Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih dengan menumbuk 3-4 siung bawang putih samapi halus. Lalu tambahkan air dan oleskan ke bagian jerawat batu bengkak bernanah. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas menggunakan air bersih. Manfaat madu untuk jerawat bisa efektif membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi resiko peradangan jerawat batu bengkak bernanah. Langkah penggunaannya adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Kemudian dengan cotton bud, oleskan madu ke anggota tubuh yang memiliki jerawat batu bengkak bernanah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Dengan melakukannya secaa rutin, jerawat batu bengkak bernanah pasti akan segera sembuh.

Demikian ulasan mengenai jerawat batu bengkak bernanah dan semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Jenis
Search
Tips Kecantikan Untuk Wanita

Punya Komedo yang membandel?? Ternyata bawang putih sangat berkhasiat loh untuk menghilangkannya. Dicoba yuk!