Sponsors Link

Jerawat Batu di Bawah Mata – Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Jerawat batu ternyata bisa timbul dimana saja. Salah satunya jerawat batu yang muncul di area bawah mata. Apa itu jerawat batu di area bawah mata? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya!

Sponsors Link

Jerawat Batu di Bawah Mata

Di bawah ini adalah ulasan lengkap mengenai jerawat batu di area bawah mata

  • Penyebab jerawat batu di bawah mata

Jerawat batu di area bawah mata adalah jerawat yang muncul membengkak, besar, dan terdapat di dalam kulit. Apabila disentuh jerawat batu ini akan terasa sakit.

  1. Penyebab jerawat batu di area bawah mata adalah akibat dari menutupnya pori-pori yang tersumbat karena minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Ketiga komponen ini kemudian bergabung dengan bakteri penyebab jerawat sehingga menyebabakan peradangan. Lambat laun peradangan ini menjadi bengkak, membesar, dan terasa sakit.
  2. Pori-pori tersumbat ini diakibatkan dari makeup tebal, pelembab yang terlalu banyak mengandung minyak, dan proses pembersihan wajah yang tidak menyeluruh.
  3. Terkadang penyumbatan ini juga diakibatkan dari pengaruh hormonal saat wanita sedang mengalami menstruasi atau kehamilan.
  4. Tetapi faktor genetik juga mempengaruhi adanya jerawat batu. Apabila orang tua memiliki riwayat memiliki kelenjar minyak berlebih, maka hal tersebut bisa saja diturunkan kepada anak-anaknya.
  5. Penyebab lainnya adalah pertumbuhan kulit yang tidak normal akibat sulitnya kulit untuk beregenerasi. Hal ini membuat penumpukan sel kulit mati yang kemudian menyebabkan peradangan jerawat batu.
  6. Penggunaan makeup di sekitar mata seperti eye liner dan maskara ataupun blush on bawah mata yang sedang booming akhir-akhir ini juga memiliki andil besar adanya jerawat batu di area bawah mata. Sehingga pembersihan makeup bawah mata harus benar-benar bersih agar tidak menimbulkan jerawat batu.
  • Ciri-ciri jerawat batu di bawah mata

Adanya jerawat batu di area bawah mata dicirikan dari hal-hal berikut ini seperti timbulnya benjolan besar di bawah mata. Area sekitar mata tampak merah dan bawah mata terlihat seperti bengkak. Apabila area bawah mata ditekan akan terasa sakit dan sedikit nyeri. Bahkan jika membuka atau mengedipkan mata, area bawah mata sedikir terasa sakit. Apabila mengetahui ciri-ciri tersebut segera cek apakah jerawat batu memang ada di area mata.

  • Cara mengatasi jerawat batu di bawah mata

Cara menghilangkan jerawat batu dan bekasnya terutama di bawah mata bermacam-macam. Salah satunya adalah menggunakan terapi laser. Terapi laser ini bisa dilakukan di salon, dokter kulit atau dirumah. Jika dilakukan di rumah, maka pastikan bahwa alat-alat yang dibutuhkan, panduan,  dan caranya sudah tepat. Namun jika kurang yakin, alangkah lebih baik jika teknik laser ini dilakukan di dokter kulit. Air hangat juga bisa Anda gunakan untuk mengobati jerawat batu dibawah mata. Dengan bantuan air hangat, jerawat batu di area bawah mata menjadi kempes. Penggunaan air hangat untuk mengobati jerawat batu di bawah mata mengahalangi bakteri untuk hidup di sana.

Caranya yakni dengan merendam kapas ke dalam air hangat. Kemudian usapkan kapas tersebut ke bawah mata yang memiliki jerawat batu. Ulangi langkah ini sebanyak 5 kali selama 2-3 hari. Cara berikutnya adalah menggunakan jeruk nipis sebagai cara mencegah jerawat secara alami. Manfaat vitamin C untuk kulit berjerawat di dalamnya dapat membuat jerawat batu bawah mata lebih cepat sembuh. Caranya adalah dengan menggunakan kapas yang sudah dioleskan air jeruk nipis. Tempelkan ke jerawat batu dan lakukan hal tersebut 2-3 kali dalam seminggu. Dengan melakukan cara diatas, lambat laun segala sesuatu tentang jerawat akan menghilang.

Demikian ulasan lengkap mengenai jerawat batu di bawah mata dan semoga bermanfaat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Jenis
Search
Tips Kecantikan Untuk Wanita

Punya Komedo yang membandel?? Ternyata bawang putih sangat berkhasiat loh untuk menghilangkannya. Dicoba yuk!