Sponsors Link

Jerawat Bengkak Tanpa Mata – Penyebab dan Cara Mengobati

Sponsors Link

Berurusan dengan segala sesuatu tentang jerawat memang tidak ada habisnya. Masalah kulit yang satu ini memang selalu meresahkan bagi kaum pria dan wanita, karena adanya dampak psikologis akibat jerawat yang tidak bisa disepelekan. Beberapa jenis jerawat bahkan dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang dan membuatnya minder. Seperti jerawat parah yang wujudnya sangat mengganggu. Jerawat parah biasanya mengandung banyak nanah dan darah sebagai matanya, juga membengkak melebihi ukuran normal.

Sponsors Link

Tetapi bagaimana jika yang muncul adalah jerawat bengkak tanpa mata? Jerawat jenis ini tidak menunjukkan ciri ciri jerawat meradang sama sekali, sehingga kita juga tidak tahu kapan jerawat akan sembuh. Apa yang menyebabkan munculnya jerawat bengkak tanpa mata dan bagaimana cara mengobatinya?

Penyebab

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan jerawat bengkak tanpa mata? Ini dia:

1. Hormon Tidak Seimbang

Jerawat yang membengkak dapat disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh. Hormon penyebab jerawat biasanya muncul di fase fase tertentu, misalnya saat remaja mengalami pubertas, wanita yang sedang menstruasi dan menopause.

2. Kebersihan Kulit Tidak Dijaga

Menjaga kebersihan kulit adalah syarat utama agar jerawat tidak mudah muncul. Jerawat sendiri diakibatkan oleh penumpukan kotoran di wajah yang menyumbat pori pori kulit. Berbagai jenis kotoran yang kerap menjadi penyebab jerawat adalah minyak, sel kulit mati, dan komedo.

3. Penggunaan Kosmetik Berlebihan

Meski wanita sangat bergantung dengan penggunaan kosmetik, tidak semua jenis kosmetik cocok dengan kulit wanita. Kandungan bahan pengawet dan bahan kimia lain di dalam kosmetik dapat menyumbat pori pori kulit, alergi, dan bahkan iritasi pada kulit yang sensitif. Kenali ciri ciri jerawat karena kosmetik agar dapat menemukan cara bagaimana menghilangkannya dengan tepat.

4. Keturunan

Penyebab munculnya jerawat tanpa mata yang ketiga adalah karena faktor keturunan. Biasanya seseorang mewarisi jenis kulit yang dimiliki oleh keluarga. Oleh karena itu ada orang yang sangat mudah terkena jerawat, meski mereka sudah melakukan langkah pencegahan yang terbaik. Coba lihat orang tua dan saudara Anda, jika mereka memiliki tipe kulit yang serupa, maka jerawat yang tumbuh disebabkan oleh keturunan.

5. Tipe Kulit Berminyak

Kulit yang berminyak memang lebih rentan terkena jerawat daripada kulit kering. Pada kulit berminyak, produksi minyak dan sebum lebih tinggi sehingga lebih berpotensi menyumbat pori pori kulit. Belum lagi jika tercampur dengan kotoran atau sel kulit mati. Gunakan skin care untuk kulit berminyak agar produksi minyak wajah dapat dikontrol.

Cara Mengobati

Agar tidak menjadi masalah yang berkepanjangan, jerawat bengkak tanpa mata dapat diobati dengan beberapa cara berikut ini:

  • Krim dan Salep Jerawat. Gunakan krim atau salep dengan kandungan benzoil peroksida untuk menghilangkan jerawat yang membandel.
  • Kompres Es Batu bermanfaat untuk membekukan bakteri yang ada di jerawat dan menghambat pertumbuhannya, sehingga jerawat cepat kering dan sembuh.
  • Tea Tree Oil dapat dibeli di toko kosmetik terdekat. Minyak alami ini mengandung ekstrak pohon teh asli yang berguna untuk membunuh bakteri pada jerawat dan menyembuhkan segala jenis jerawat, mulai jerawat ringan hingga jerawat yang parah.
  • Teh Hijau memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi sehingga baik untuk melawan jerawat. Teh hijau dapat diminum atau dijadikan sebagai masker.

Itulah penyebab dan bagaimana cara mengobati jerawat bengkak tanpa mata. Jagalah kebersihan kulit wajah agar jerawat tidak mudah tumbuh dan lakukan cara yang terbaik untuk mencegahnya.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.