Sponsors Link

Jerawat Bernanah – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sebagian besar orang tentu pernah mengalami jerawat baik di wajah maupun di bagian tubuh lainnya. Namun, ada pula yang memiliki tingkat sensitivitas kulit yang tinggi sehingga menyebabkan ia mudah mengalami jerawat. Munculnya jerawat tersebut tentu akan mengurangi rasa percaya diri kita, terlebih jika yang muncul adalah jerawat bernanah maka akan semakin membuat tidak nyaman. Ada beberapa penyebab munculnya jerawat bernanah ini yang perlu kita waspadai dan harus diatasi. Oleh karena itu, wajahjerawat.com akan membahasnya beberapa penyebab munculnya jerawat bernanah dan juga cara mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya jerawat bernanah:

Sponsors Link

1. Hormon Tidak Seimbang

Munculnya jerawat karena hormon tidak seimbang ini terjadi karena peningkatan hormon androgen yang bisa terjadi pada wanita mupun pria. Biasanya terjadi pada masa pubertas, menstruasi, ataupun karena pengaruh pikiran yang terlalu stress. Hormon tidak seimbang inilah yang bisa menyebabkan munculnya jerawat bernanah.

2. Lemak Menumpuk

Lemak yang menumpuk pada kulit ini bisa disebabkan oleh faktor makanan yang tidak sehat, misalnya saja konsumsi makanan berlemak seperti gorengan yang berlebihan. Selain itu, makanan lainnya yang dapat menyebabkan menumpuknya lemak yaitu junk food ataupun makanan cepat saji lainnya yang tidak memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

3. Kurang Menjaga Kebersihan Wajah

Kurang menjaga kebersihan wajah bisa menjadi penyebab jerawat berlebihan hingga mengakibatkan munculnya jerawat bernanah. Hal ini bisa terjadi dikarenakan salah satunya mencuci wajah kurang bersih atau jarang melakukan perawatan wajah seperti menggunakan masker. Atau kurang menjaga kebersihan diri seperti jarang mandi atau tidak mengganti pakaian yang telah kotor.

4. Infeksi Jerawat

Infeksi jerawat ini bisa terjadi karena anda memencet jerawat dengan jari atau tangan yang kotor sehingga mengakibatkan jerawat sakit saat di sentuh hingga menjadi jerawat bernanah. Oleh karena itu, mengetahui jerawat matang harus diapakan agar tidak muncul jerawat bernanah.

Itulah beberapa penyebab munculnya jerawat bernanah yang perlu diwaspadai, namun apabila jerawat bernanah sudah terlanjur bersarang di kulit kita maka kita perlu segera mengatasinya. Berikut ini adalah cara mengatasi jerawat bernanah yang cukup mudah dilakukan:

1. Tidak Memencet Jerawat

Cara mengatasi jerwat bernanah yang cukup mudah ialah dengan tidak memencetnya ataupun menyentuhkan. Terlebih jika tangan atau jari kita kotor, hal ini akan mengakibatkan terjadinya infeksi dan jerawat bernanah semakin parah.

2. Menggunakan Bahan-bahan Alami

Penggunaan bahan-bahan alami ini mampu mengatasi jerawat bernanah, misalnya dengan menggunakan bawang putih, madu, jeruk nipis, blimbing wuluh, dan juga jagung muda. Cara menggunakannya sangatlah mudah, yaitu cukup dioleskan pada kulit berjerawat dan diamkan sesaat lalu bilas hingga bersih.

3. Menggunakan Obat Topikal

Cara lain yang cukup mudah untuk mengatasi jerawat bernanah adalah dengan menggunakan obat topikal (obat luar/obat oles) yang bisa didapatkan tanpa resep dokkter dan bisa dibeli di apotek terdekat. Apabila jerawat muncul karena hormon maka bisa menggunakan salep jerawat hormon.

4. Menggunakan Antibiotik

Berbeda dengan obat topikal yang bisa didapat tanpa resep dokter, penggunaan antibiotik ini biasanya atas anjuran dokter. Jadi, Anda perlu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu apabila jerawat bernanah yang dirasa sudah sangat parah. Dokter akan memberikan obat berupa obat topikal dan juga antibiotik untuk mencegah terjadinya penurunan daya tahan tubuh hingga infeksi.

Sponsors Link

5. Konsumsi Makanan Sehat

Selain dengan menggunakan cara-cara di atas, perlu diimbangi dengan konsumsi makanan sehat untuk mengatasi jerawat bernanah. Hal ini dikarenakan jerawat bernanah bisa muncul akibat kurangnya nutrisi pada tubuh. Oleh karena itu, konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur sangat penting.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.