Sponsors Link

Jerawat Besar Tidak Bernanah – Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Selalu ada saja hal bisa dibahas mengenai segala sesuatu tentang jerawat. Kaum wanita atau pria yang pernah berjerawat tentu sudah tidak asing lagi dengan dampak psikologis akibat jerawat yang muncul, dan itu menjadi hal yang paling tidak diinginkan.

Sponsors Link

Jerawat ada banyak jenis dan macamnya, salah satunya adalah jerawat yang besar seperti benjolan namun tidak bernanah. Jerawat besar tidak bernanah ini bisa muncul karena beberapa penyebab. Ketahui apa saja penyebab jerawat besar tidak bernanah dan bagaimana cara mengatasinya seperti berikut ini:

Penyebab Munculnya Jerawat Besar

Inilah beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya jerawat besar tidak bernanah di wajah:

1. Produksi Minyak di Wajah Meningkat

Jerawat selalu erat kaitannya dengan kulit berminyak. Tipe kulit berminyak memang lebih rentan untuk terkena jerawat. Saat produksi minyak oleh kelenjar sebum meningkat dan dibarengi dengan pori pori kulit yang terbuka, maka minyak yang dihasilkan bisa menyumbat pori pori.

Lakukan berbagai cara mencegah jerawat pada kulit berminyak baik dengan cara alami maupun cara medis. Seperti menggunakan kosmetik khusus untuk kulit berminyak, merawat wajah dengan masker secara rutin, serta menghindari makanan penyebab timbulnya jerawat.

2. Pori Pori Wajah Tersumbat

Penyumbatan pada pori pori kulit wajah menjadi salah satu penyebab jerawat berlebihan yang harus diwaspadai. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan pori pori kulit wajah tersumbat, misalnya banyaknya kotoran yang menempel di kulit wajah dan peningkatan produksi minyak yang disebabkan oleh hormon penyebab jerawat saat wanita menjelang menstruasi.

Untuk menghindari penyumbatan pada pori pori kulit wajah, selalu bersihkan wajah dengan pembersih setiap selesai keluar rumah. Ini akan menghindari penumpukan kotoran di wajah. Serta gunakan air dingin saat mencuci wajah karena air hangat bisa membuka pori pori kulit wajah menjadi semakin besar.

3. Penumpukan Sel Kulit Mati

Sel kulit mati tidak boleh menumpuk pada wajah. Dampak dari penumpukan sel kulit mati adalah wajah yang terlihat kusam, hitam, dan tidak bercahaya. Yang lebih parah lagi adalah jika penumpukan sel kulit mati meradang menjadi jerawat. Peradangan pada sel kulit mati tentu saja dipengaruhi oleh produksi minyak di wajah yang berlebihan serta pori pori wajah yang terbuka.

Agar sel kulit mati tidak menumpuk di wajah, lakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan scrub alami untuk wajah berjerawat dan berminyak. Lakukan scrubbing pada kulit wajah sebanyak seminggu sekali agar pertumbuhan sel kulit baru tidak terhalang oleh sel kulit yang sudah mati.

4. Pertumbuhan Bakteri di Kulit

Jerawat yang tumbuh di wajah biasanya disebabkan oleh bakteri tertentu. Jenis bakteri penyebab jerawat yang berbahaya adalah bakteri P.acnes yang menjadi pemicu munculnya jerawat parah seperti jerawat batu atau jerawat pasir. Bakteri bisa disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati yang sudah terlalu banyak dan meradang hingga memicu pertumbuhan bakteri pada kulit.

Selain itu faktor eksternal seperti sering menyentuh wajah dengan tangan, rambut yang tidak bersih, hingga jarang mengganti sarung bantal juga bisa menyebabkan bakteri penyebab jerawat hinggap di wajah. Jaga kebersihan diri dan lingkungan agar tidak mudah terkena jerawat.

5. Faktor Makanan

Kaum wanita sudah pasti paham bahwa ada banyak makanan penyebab jerawat makin parah yang wajib dihindari. Jenis makanan tersebut antara lain adalah makanan pedas, makanan berlemak, gorengan, makanan kaleng, hingga produk susu dan semua olahannya.

Mengapa bisa demikian? Berbagai jenis makanan yang disebutkan di atas memiliki kandungan minyak yang bisa meningkatkan aktivitas kelenjar sebum di wajah dan menghasilkan minyak wajah yang lebih banyak lagi.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Jerawat apapun jenis dan bentuknya tetap saja membuat kaum wanita merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Jerawat yang muncul di wajah harus segera diatasi, termasuk jerawat besar tidak bernanah dengan cara berikut ini:

1. Penggunaan Obat Medis

Periksakan jerawat parah di wajah Anda pada dokter, lalu mintalah diresepkan obat untuk menghilangkan jerawat tersebut. Jenis obat yang biasanya diberikan oleh dokter adalah obat antibiotik, retinoid, isotretinoin, dan obat jenis spironolactone.

2. Chemical Peeling

Chemical peeling atau peeling kimia adalah prosedur kecantikan yang dilakukan untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Prosedur ini dilakukan dengan cara mengoleskan cairan kimia khusus pada kulit wajah untuk mengikis lapisan kulit yang ditumbuhi jerawat. Cara ini sangat efektif dan hasilnya bisa dilihat dalam waktu singkat.

Sponsors Link

3. Injeksi Steroid

Cara berikutnya yang bisa ditempuh untuk mengatasi jerawat adalah injeksi steroid, yaitu penyuntikan zat khusus yang bertujuan untuk menghilangkan jerawat. Injeksi steroid tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang kecuali oleh dokter kulit yang sudah ahli.

4. Laser Jerawat

Metode yang satu ini sangat populer di kalangan wanita. Laser menjadi cara menghilangkan jerawat yang tumbuh terus menerus yang dinilai aman dan terbukti. Dengan laser wajah, sel yang menumpuk di bawah kulit berjerawat akan langsung dihancurkan, sehingga setelah laser jerawat selesai hasilnya bisa langsung terlihat.

5. Penggunaan Bahan Alami

Cara lain yang tidak kalah populer di kalangan wanita adalah menggunakan bahan alami untuk mengatasi jerawat. Bahan alami ini antara lain adalah buah buahan seperti lemon, tomat, dan jeruk nipis. Atau bisa juga dengan menggunakan berbagai jenis minyak alami seperti minyak zaitun dan tea tree oil.

Pencegahan Munculnya Jerawat

Jika jerawat besar tidak bernanah sudah muncul di wajah, sudah pasti akan sangat meresahkan bagi siapa saja, baik pria maupun wanita. Jerawat bukan hanya mengganggu penampilan tetapi menunjukkan bahwa kondisi kesehatan kulit sedang tidak baik. Lakukan berbagai cara mencegah jerawat besar tidak muncul di wajah:

  1. Membersihkan kulit setiap malam sebelum tidur dengan susu pembersih dan sabun wajah.
  2. Menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit.
  3. Menghilangkan kebiasaan penyebab jerawat seperti suka menyentuh wajah dengan tangan agar tidak semakin menambah bakteri.
  4. Tidak memencet jerawat karena alasan kenapa jerawat tidak boleh dipencet adalah bisa menyebabkan penyebaran bakteri.
  5. Membersihkan make up segera setelah selesai aktivitas, karena menumpuknya make up di kulit menjadi alasan kenapa jerawat susah sembuh.

Itulah penjelasan lengkap tentang jerawat besar tidak bernanah yang muncul di wajah. Jerawat yang tidak bernanah memiliki bentuk seperti benjolan dan sama sama mengganggunya seperti jerawat yang memiliki mata darah atau nanah. Jaga kesehatan kulit dengan baik agar terhindar dari berbagai macam masalah , terutama jerawat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.