Sponsors Link

Jerawat Bisul – Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Masalah kulit yang dijumpai adalah jerawat dan bisul, meskipun kedua masalah kulit ini sangatlah jauh berbeda sekali. Namun faktor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat dan bisul pada kulit adalah bakteri yang tumbuh didalam pori-pori kulit. Sudah banyak artikel yan membahas mengenai apa itu jerawat, jerawat adalah peradangan pada kulit yang disebabkan oleh tertutupnya pori-pori pada kulit. Inilah yang mengakibatkan kulit meradang dan merah.

Sponsors Link

Berdasarkan bentuk dan ukurannya jerawat dibedakan menjadi beberapa jenis seperti jerawat pasir, jerawat biasa, jerawat batu dan jerawat bisul. Dan yang akan dibahas kali ini adalah mengenai jerawat bisul. Jerawat bisul adalah jerawat yang disebabkan karena bakteri penyebab jerawat yang awal mula ukurannya kecil dapat berubah menjadi besar.

Artikel terkait :

Ciri-ciri jerawat bisul

Setiap jerawat memiliki cici-ciri tersendiri untuk membedakan antara jerawat satu dengan jerawat lain. Karena setiap jerawat memilii penyebab dan cara mengatasi yang berbeda-beda. Berikut ini ulasan mengenai ciri-ciri dari jerawat bisul antara lain :

  • Ukuran jerawat bisul besar dari pada jerawat batu.
  • Mengandung nanah dan memiliki mata di tengahnya.
  • Kulit disekitar jerawat bisul menjadi memerah dan panas.
  • Terasa sakit saat disentuh oleh tangan.

Ciri-ciri dari jerawat bisul ini akan tampak sekali berbeda, untuk itu diharapkan jangan pernah memencet jerawat karena akan meninggalkan lubang yang besar sekali. Ada baiknya biarkan jerawat meletus dengan sendirinya.

Artikel terkait :

Faktor Penyebab Jerawat Bisul

Adapun terdapat beberapa sebab jerawat berubah menjadi jerawat bisul yang tumbuh pada wajah, berikut ini beberapa sebabnya :

1.Produksi kelenjar minyak

Kulit memproduksi kelenjar minyak yang dikeluarkan melalui pori-pori pada kulit. Kelenjar minyak berfungsi untuk melembapkan kulit secara alami disamping penggunaan kosmetik pelembap dari luar. Namun ada kalanya pori-pori diwajah menjadi tersumbat akibat sel kulit mati ataupun debu yang menempel pada pori wajah. Akibatnya terjadilah peradangan pada kulit sehingga menimbulkan jerawat. Berdasarkan jenisnya jerawat terbagi menjadi beberapa macam termasuk jerawat bisul. Ukuran yang dimiliki oleh jerawat ini sangatlah besar sehingga memerlukan penanganan yang tepat agar tidak meninggalkan bekas nantinya.

Artikel terkait :

2. Stres

Penyebab jerawat bisul yang kedua adalah stres. Stres adalah kondisi dimana tubuh berada pada titik terendah dalam melakukan berbagai macam akitifitas. Akibat stres ini beberapa fungsi kerja dari hormon menjadi terganggu. Jika demikian dapat mengakibatkan beberapa masalah pada tubuh termasuk pada kulit. Kulit memerlukan proses regenerasi yang sempurna untuk mengganti sel kulit mati. Saat stres dapat mengakibatkan proses pergantian kulit tidak menjadi optimal berjalan sebagai akibatnya jerawat bisa saja muncul pada kulit wajah Anda.

Artikel terkait :

Sponsors Link

3. Faktor genetik

Faktor berikutnya adalah genetik. Genetik merupakan faktor yang diwarisi dari orang tua secara langsung. Karena faktor genetik ini masih berhubungan dengan pertalian darah dalam suatu keluarga. Jika genetik ayah dan ibu pernah memiliki riwayat menderita jerawat bisul, maka tidak menutup kemungkinan hal serupa juga akan menurun pada anaknya. Meskipun demikian kuncinya adalah merawat wajah dengan perawatan yang tepat serta menerapkan pola hidup sehat.

Artikel terkait :

4. Pola hidup tidak sehat

Pola hidup yang tidak sehat juga merupakan cikal bakal dari tumbuhnya jerawat bisul pada wajah. Contoh pola hidup yang tidak sehat adalah jarang mengkonnsumsi buah dan sayuran, minum air putih sedikit dan tidak pernah melakukan olahraga. Jika Anda biasa menerapkan pola hidup demikian, ada baiknya untuk merubah kebiasaan tersebut karena tidak baik sekali untuk kesehatan dalam jangka panjang. Selain itu pola hidup yang tidak sehat membuat Anda rentan terhadap berbagai macam masalah pada kulit termasuk jerawat bisul.

(Baca juga : Pola hidup sederhana yang dapat atasi jerawat)

5. Makanan mengandung gula

Selanjutnya penyebab dari timbulnya jerawat bisul adalah karena mengonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi secara berlebihan. Makanan yang mengandung gula memang manis sehingga cocok di lidah. Hanya saja dibalik rasanya yang manis ternyata mengonsumsi makanan mengandung gula secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan kulit. Karena kandungan gula dapat memecah kolagen pada lapisan kulit. Dimana kolagen berfungsi untuk menjaga keelastisan kulit dan membantu mencegah jerawat.

Artikel terkait :

Faktor penyebab jerawat ini bisa menjadi acuan untuk mencari pencegahan terhadap jerawat bisul, sehingga Anda tidak perlu lagi merasa was-was dengan jerawat ini.

Mencegah Jerawat Bisul

Tidak ada satupun orang yang ingin memiliki jerawat pada wajahnya, wajah yang semula mulus dan bersih namun tiba-tiba muncul jerawat hal ini tentu menjadi beban tersendiri. Untuk itu ada baiknya mulai sekarang menerapkan cara mencegah jerawat bisul, adapun berikut ini cara-cara untuk mencegah jerawat bisul antara lain :

ads

a. Membersihkan wajah teratur

Langkah pertama untuk melakukan pencegahan dari jerawat bisul adalah dengan membersihkan wajah secara teratur. Membersihkan wajah dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pada pagi hari dan siang hari. Selain itu membersihkan wajah bertujuan untuk menghilangkan debu dan minyak pada kulit setelah seharian melakukan aktifitas. Jangan lupa untuk membersihkan wajah secara teratur karena ini merupakan cra pencegahan awalyang lebih praktis dan sehat.

Artikel terkait :

b. Menggunakan tabir surya diluar ruangan

Berada diluar ruangan lebih rentan menghadapi berbagai masalah kulit termasuk jerawat bisul. Saat berada diluar ruangan jangan biarkan kulit terpapar sinar matahari dan debu secara langsung. Ada baiknya Anda menggunakan semacam topi atau masker yang bertujuan untuk melindungi kulit. Karena bagaimanapun juga kulit tetap memerlukan perlindungan untuk mencegah masalah kulit. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari juga dapat dilakukan dengan mengoleskan tabir surya pada kulit. Dengan menggunakan tabir surya maka pigmentasi pada kulit dan jerawat dapat dicegah lebih baik.

(Baca juga :Pelembap untuk kulit berminyak)

c. Pilih produk yang sesuai jenis kulit

Saat sekarang ini hampir mudah sekali memilih berbagai jenis produk yang mengklaim dirinya mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Sebagai salah satu konsumen yang bijak ada baiknya Anda meneliti terlebih dahulu sebelum memberik produk seperti pembersih, scrub dan tabir surya. Karena pemilihan produk yang baik harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Apakah kulit Anda termasuk kulit normal, kering, berminyak atau kombinasi. Pemilihan produk yang sesuai dengan jenis kulit bertujuan untuk menghindari permasalah kulit yang mungkin muncul seperti jerawat bisul.

Artikel terkait :

d. Minum air yang cukup

Minum air putih dianjurkan sebanyak delapan gelas setiap harinya. Minum air putih berfungsi untuk melancarkan pembuangan toksin dalam tubuh melalui air seni. Minum air putih yang cukup juga membantu kebutuhan organ-organ didalam tubuh lainnya untuk bekerja secara optimal termasuk kulit. Hal ini ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat bisul pada kulit.

e. Konsumsi buah dan sayuran

Terakhir cara untuk mencegah tumbuhnya jerawat bisul adalah dengan mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari. Buah dan sayuran kaya akan vitamin dan mineral yang membantu menutrisi kulit dari dalam. Contoh buah yangg baik untuk kulit adalah buah yang kaya akan vitami c dan vitamin e. Jadikan buah sebagai penganti cemilan Anda sehari-hari. Selain itu jika ingin konsumsi buah secara variasi dapat Anda buat sebagai jus dan campurkan dengan aneka buah lainnya.

(Baca juga : Buah penghilang jerawat yang alami dan ampuh)

Kiat-kiat yang dijabarkan diatas ini merupakan beberapa langkah awal untuk mencegah jerawat bisul tumbuh diwajah.

Cara Mengatasi Jerawat Bisul

Jika jerawat bisul sudah tumbuh diwajah maka untuk mengatasi jerawat bisul harus segera dilakukan secepatnya. Hal ini bertujuan agar jerawat bisul dapat tidak semakin menyebar pada bagian wajah yang lain. Cara mengatasi jerawat bisul dapat dilakukan dengan cara menggunakan bahan alami atau melakukan konsultasi kedokter kulit. Karena biasanya mengatasi jerawat bisul memerlukan penanganan yang tepat dari dokter. Sebab jerawat ini sudah tergolong parah daripada jerawat lainnya.

Biasanya dokter kulit akan memberikan semacam antibiotik yang digunakan dengan cara dioles dan diminum. Berikut ini langkah-langkah untuk mengatasi jerawat menyerupai bisul antara lain :

  • Anda membersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan pembersih wajah yang biasa digunakan.
  • Kemudian keringkan wajah Anda.
  • Oleskan sejenis antibiotik, retinoid, isotretinoin dan spironolactane kepada bagian wajah yang ditumbuhi jerawat secara merata.
  • Dan tunggu hingga olesan tersebut meresap secara sempurna pada jerawat.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan gel oles ini baiknya dibawah pengawasan dari dokter kulit untuk mencegah efek samping yang mungkin saja terjadi. Selain pengoleskan antibiotik juga terdapat beberapa cara untuk mengatasi jerawat menyerupai bisul yaitu :

  • Injeksi streroid adalah cara mengatasi jerawat dengan suntik yang dilakukan terhadap jerawat.
  • Chemical peeling dengan cara pengolesan yang bertujuan untuk mengelupaskan kulit agar jerawat cepat mengering.
  • Laser dengan menggunakan cahaya yang berguna untuk mengurangi produksi kelenjar minyak yang berlebihan pada wajah.

Cara-cara ini tentunya harus dilakukan dengan dokter kulit yang telah berpengalaman dan tepercaya.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Jenis
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.