Sponsors Link

Jerawat di Bibir Menandakan Apa? Temukan 10 Jawabannya

Sponsors Link

Memang tidak akan pernah habis rasanya topik mengenai segala sesuatu tentang jerawat. Kali ini yang akan dibahas adalah letak tumbuh jerawat di bagian yang cukup sensitif, yaitu bibir. Jerawat yang tumbuh di pipi, dagu, atau dahi mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana ya kalau jerawat tumbuh di bibir? Pasti dampak psikologis akibat jerawat yang harus ditanggung menjadi berkali kali lipat. Bibir adalah salah satu bagian wajah yang menjadi pusat perhatian orang, terutama saat bicara. Belum lagi rasa sakit yang harus dirasakan jika jerawat di bibir bagian dalam tumbuh.

Sponsors Link

Berbagai cara pasti dilakukan untuk segera menghilangkan jerawat di bibir. Namun pasti muncul pertanyaan pula, jerawat di bibir menandakan apa ya? Apakah hanya sekedar jerawat biasa, atau ada hubungannya dengan mitos jerawat di atas bibir yang berkembang di masyarakat?

Agar tidak lagi bertanya tanya jerawat di bibir menandakan apa, yuk kita simak dulu berbagai penyebab jerawat di bibir yang sangat mengganggu:

1. Reaksi Alergi

Jerawat bisa muncul karena adanya alergi terhadap makanan tertentu. Karena makanan dimasukkan melalui mulut, maka mulut menjadi bagian tubuh yang terkena dampak pertama kali. Kenali ciri ciri jerawat karena alergi, antara lain hanya muncul setelah memakan makanan tertentu seperti seafood yaitu udang, kepiting, dan kerang. Untuk mencegah hal ini terjadi, hentikan konsumsi makanan yang mungkin menyebabkan alergi.

2. Masalah Hormon

Masalah hormon tidak diragukan lagi memang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di wajah, termasuk di bagian bibir. Hormon penyebab jerawat muncul di waktu waktu tertentu, misalnya menjelang masa menstruasi pada wanita, menopause, serta pada anak anak yang sedang beranjak remaja. Jika jerawat tumbuh karena hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh, maka jerawat tersebut akan hilang dengan sendirinya segera setelah hormon tubuh kembali normal.

3. Perioral Dermatitis

Nah ini dia penyakit kulit seperti jerawat yang sering salah dipahami sebagai jerawat itu sendiri. Bentuk dari perioral dermatitis memang mirip papula kecil yang berwarna kuning. Bentuknya mirip ruam merah, berbisul dan berisi cairan. Ada banyak hal yang menyebabkan perioral dermatitis, antara lain yaitu penggunaan krim steroid dan penggunaan produk kosmetik yang mengandung bahan parafin dan petrolatum.

4. BAB Tidak Lancar

Memang benar bahwa arti letak jerawat erat kaitannya dengan kesehatan tubuh. Karena jika jerawat di bibir muncul, mungkin sistem pencernaan sedang dalam kondisi yang tidak baik atau kurang sehat. Salah satu masalah yang mungkin muncul tentu saja adalah BAB yang tidak lancar. Perbanyak konsumsi serat untuk mengatasi masalah ini.

5. Tidak Cocok Sabun Muka

Jerawat di bibir menandakan bahwa mungkin sabun muka yang dipakai tidak cocok untuk kulit. Sabun muka adalah salah satu faktor penting untuk menjaga kebersihan wajah. Namun jangan sampai menggosokkan sabun muka terlalu dekat dekat area bibir. Bibir termasuk ke dalam membran mukosa yang sensitif yang tidak boleh terkena zat kimia keras. Ingat, hanya gunakan sabun muka untuk kulit berjerawat agar tidak muncul masalah lain di kulit.

Sponsors Link

6. Alergi Lipstik

Jerawat yang muncul di bibir bisa jadi erat kaitannya dengan kosmetik sehari hari yang dipakai, terutama kosmetik yang bersentuhan langsung dengan bibir, yaitu lipstik. Lipstik bisa membuat bibir menjadi lebih indah dengan berbagai pilihan warna menarik. Namun di dalam lipstik terdapat banyak kandungan bahan kimia yang bisa berbahaya jika terlalu sering mengenai kulit bibir. Teliti apa saja kandungan bahan yang ada di dalam lipstik, karena bisa jadi lipstik adalah penyebab munculnya jerawat di bibir.

7. Stress Berlebihan

Kondisi psikologis sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan jerawat. Tidak diragukan lagi bahwa stress menyebabkan jerawat tumbuh di mana saja, termasuk di bagian bibir. Relaksasi pikiran agar tidak stress, karena stress bisa memicu hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang, yang merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat.

8. Alergi Pasta Gigi

Kandungan flouride di dalam pasta gigi berfungsi untuk memutihkan gigi. Namun zat kimia tersebut keras sifatnya untuk bibir. Kulit bibir yang sensitif akan menunjukkan reaksi alergi terhadap flouride, dan salah satu dampaknya adalah muncul jerawat. Gunakan pasta gigi yang sifatnya lebih ringan dan bersahabat untuk bibir yang sensitif.

9. Pertumbuhan Bakteri Meningkat

Di dalam jerawat terdapat ribuan bakteri yang tidak bisa terlihat secara kasat mata. Bisa dipastikan bahwa dimana ada jerawat, maka disitulah pertumbuhan bakteri sedang meningkat pesat. Rawatlah kulit bibir secara khusus agar tidak terjadi iritasi dan menjadi sarang bertumbuhnya jerawat.

10. Konsumsi Obat

Konsumsi obat tertentu, seperti pil KB biasanya, bisa menyebabkan jerawat muncul di bibir. Ini merupaka salah satu efek samping yang tidak bisa dihindari. Oleh sebab itu teliti dengan baik sebelum mengonsumsi obat KB atau obat yang lainnya. Karena setiap orang memberikan reaksi berbeda terhadap jenis obat yang sama.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Jerawat di Bibir

Munculnya jerawat di bibir menandakan kondisi kesehatan tubuh yang sedang tidak baik. Meski bukan gangguan kesehatan berat, namun kemunculan jerawat sudah pasti sangat mengganggu dan meresahkan. Tidak usah khawatir, ini dia cara menghilangkan jerawat di bibir dengan cepat:

  1. Perbanyak makan makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah agar pencernaan lebih.
  2. Kurangi konsumsi makanan yang pedas.
  3. Hindari makan gorengan, terutama gorengan yang dijual di pinggir jalan.
  4. Ganti pasta gigi dengan formula yang lebih ringan tanpa kandungan flouride.
  5. Atur pola hidup yang lebih sehat untuk mengurangi stress.
  6. Hindari penggunaan scrub wajah karena bisa menyebabkan luka iritasi pada jerawat.
  7. Bersihkan area mulut setelah makan, jangan sampai akan sisa makanan yang menempel karena bisa memicu munculnya bakteri.
  8. Bersihkan wajah secara rutin agar kotoran tidak menumpuk.

Setelah mengetahui bahwa secara umum jerawat di bibir menandakan kondisi kesehatan sedang tidak baik, maka yang harus dilakukan adalah menerapkan pola hidup yang sehat, mulai dari istirahat cukup, olahraga, serta konsumsi makanan dengan kandungan gizi yang seimbang. Kesehatan adalah kunci utama kulit sehat bebas jerawat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.