Sponsors Link

Jerawat di Bibir Pertanda Apa ? Penting Diwaspadai

Sponsors Link

Jerawat dapat muncul dimanapun tanpa dapat diprediksi sebelumnya, salah satunya juga dapat muncul di bibir. Jerawat di bibir pastilah sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri untuk beraktivitas di luar. Oleh sebab itu diperlukan perhatian khusus dan cara menyembuhkan jerawat di bibir dengan baik dan benar. Tapi tahukah kalian bawa jerawat di bibir juga menjadi suatu pertanda kesehatan maupun penggunaan bahan-bahan yang tidak sesuai dengan bibir? Berikut ini beberapa pertanda jerawat di bibir:

Sponsors Link
  1. Hormon yang tidak seimbang

Faktor hormonal sudah tidak asing lagi sebagai salah satu penyebab utama munculnya berbagai jenis jerawat terutama di bagian wajah termasuk penyebab jerawat di bibir. Seperti pada masa menstruasi yang menyebabkan hormon tidak seimbang. Sehingga jerawat di bibir juga dapat menjadi pertanda bahwa keadaan hormon kalian sedang tidak seimbang.

  1. Reaksi alergi

Adanya jerawat di bibir juga dapat menjadi pertanda suatu reaksi alergi terhadap produk bibir maupun makanan yang dikonsumsi. Dimana penggunaan produk bibir yang mengandung kandungan kimia yang tidak cocok dengan bibir sangat berpotensi sebagai penyebab jerawat alergi di bibir. Selain alergi terhadap produk bibir, alergi terhadap makanan seperti seafood atau makanan berkadar minyak tinggi juga dapat menyebabkan jerawat di bibir.

  1. Adanya Infeksi bakteri pada bibir

Munculnya jerawat pada bibir berarti juga bahwa ada infeksi terhadap bibir yang biasanya ditandai dengan adanya rasa gatal pada bibir. Kondisi tersebut biasanya disebabkan karena kebersihan bibir dan mulut atau wajah yang tidak dijaga. Selain itu infeksi bakteri pada bibir juga dapat disebabkan karena penggunaan produk kecantikan terutama produk bibir yang telah kadaluarsa.

  1. Sembelit

Jerawat di bibir juga dapat menjadi pertanda bahwa kalian sedang mengalami penyakit sembelit. Walaupun masih belum ditemukan sebab yang jelas mengapa jerawat di bibir menjadi pertanda suatu penyakit sembelit.

  1. Penggunaan pasta gigi yang tidak cocok

Selain produk bibir atau kosmetik yang tidak cocok sebagai penyebab adanya jerawat, ternyata penggunaan pasta gigi yang tidak cocok juga dapat menimbulkan jerawat pada bibir. Pasta gigi yang tidak cocok dan mengenai bagian bibir saat penggunaannya dapat menyebabkan gangguan jerawat muncul, dimana biasanya jerawat yang muncul menyerupai sariawan pada bibir. Oleh sebab itu adanya jerawat di bibir menjadi suatu pertanda bahwa pasta gigi yang kalian gunakan mungkin tidak cocok dengan sifat kulit bibir kalian.

Itulah beberapa pertanda dari adanya jerawat di bibir. Pertanda-pertanda tersebut dapat dijadikan suatu acuan dalam cara mengatasi jerawat di bibir dengan benar. Beberapa cara diantaranya adalah:

  • Mengkonsumsi buah dan makanan berserat secara teratur, serta menjaga pola makan yang benar. Cara ini dapat mengatasi masalah sembelit yang mungkin menyebabkan munculnya jerawat pada bibir, sehingga jerawat dapat diatasi dan dicegah.
  • Pilihlah produk bibir yang sesuai dan mengandung bahan alami, terutama produk bibir yang mengandung SPF untuk menjaga bibir dari paparan sinar matahari yang dapat memperburuk kondisi jerawat di bibir.
  • Komsumsilah yogurt secara rutin untuk membunuh bakteri yang menimbulkan infeksi pada bibir, serta gunakan mentimun untuk meredakan iritasi pada bibir yang menyebabkan timbulnya jerawat.
    Sponsors Link

  • Gunakanlah bahan-bahan alami untuk mengatasi jerawat pada bibir seperti mengoleskan madu dibanding produk jerawat berbahan kimia, serta jangan lupa untuk menjaga kebersihan mulut dan bibir hingga wajah setiap harinya.

Demikian penjelasan mengenai pertanda jerawat di bibir beserta bagaimana mengatasinya. Semoga bermanfaat dan menyadarkan kita untuk tetap menjaga kebersihan dan berhati-hati dalam pemilihan produk kecantikan terutama produk bibir.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Jenis
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.