Sponsors Link

Apakah Jerawat di Dagu Tanda Hamil? Ini Penjelasannya

Sponsors Link

Tanda-tanda hamil ternyata bisa dilihat dari beberapa aspek, salah satunya jerawat yang tiba-tiba muncul di area dagu. Benarkah anggapan tersebut? Sudah dibuktikan secara ilmiah atau hanya mitos belaka? Berikut ulasannya!

Sponsors Link

Jerawat di Dagu Tanda Hamil ?

Berikut adalah beberapa ulasan mengenai jerawat di dagu tanda hamil, diantaranya adalah:

  • Pandangan umum vs pandangan ilmiah

Perubahan-perubahan fisik yang muncul saat hamil memang sangat menganggu apalagi jika hal tersebut terjadi pada area wajah. Yups, jerawat! Masalah satu ini memberikan dampak psikologis akibat jerawat, yakni menganggu penampilan. Pandangan masyarakat mengenai adanya jerawat di dagu pertanda apa misalnya tanda kehamilan tak sepenuhnya salah, tetapi juga tak selamanya benar. Tanda kehamilan memang bisa dilihat dari adanya flek hitam di pipi yang kemudian melebar hingga ke dagu dan dahi. Namun, anggapan yang berkembang di masyarakat adalah jerawatnya, bukan flek hitamnya sehingga muncul pandangan bahwa jerawat di dagu adalah tanda hamil. Padahal bisa jadi itu adalah pertanda jika ada penyakit yang harus segera diobati.

Sementara dari sudut pandang ilmiah, kehamilan pada orang tertentu memang dicirikan dari meningkatnya kelenjar minyak atau sebum pada tubuh. Jika kelenjar ini berlebih, maka akan membuat kotoran dan bakteri penyebab jerawat mudah menumpuk akibat dari pori-pori yang tertutup oleh sebum. Sebum atau kelenjar minyak yang meningkat juga dipengaruhi oleh naiknya level hormon pada trimester pertama kehamilan. Alhasil, wajah bisa tampak lebih berminyak dari biasanya hingga menyebabkan jerawat di area wajah salah satunya di dagu. Jadi, dari sudut pandang ilmiah, anggapan jerawat di dagu sebagai tanda hamil mungkin saja terjadi.

Penyebab jerawat di dagu

Selain, perubahan-perubahan ilmiah yang terjadi pada tubuh saat masa kehamilan, jerawat di dagu tak kunjung sembuh ternyata juga bisa muncul karena kebiasaan penyebab jerawat yang dilakukan oleh ibu hamil itu sendiri. Seperti salah memakai make up atau skin care yang tidak sesuai dengan kondisi wajah, menggunakan helm sembarangan, penggunaan telepon genggam yang berlebihan, atau bahkan malas untuk mencuci wajah dengan rutin. Hal-hal semacam inilah yang kemudian memperburuk jerawat yang muncul di area dagu.

Berapa lama jerawat di dagu tanda hamil ada?

Jerawat yang muncul di area wajah terutama di area dagu biasanya hanya muncul pada trimester pertama kehamilan. Kemudian pada trimester kedua dan ketiga jerawat tersebut bisa mereda dengan sendirinya. Sebab setelah trimester pertama, tubuh sudah bisa menyesuaikan diri dengan perubahan hormonal yang terjadi.

Cara mengobati jerawat di dagu tanda hamil

Perbanyaklah minum air putih agar kebutuhan air di dalam tubuh terpenuhi sehingga racun-racun di dalamnya dapat terangkat. Hal ini akan meminimalisir resiko munculnya jerawat saat hamil. Selain itu, seperti pada jerawat-jerawat lainnya, jangan terlalu sering untuk memegang jerawat sebab hal ini hanya akan memperparah keadaan. Apalagi jika memegang jerawat tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Maka, hal ini hanya meningkatkan resiko perpindahan bakteri dari tangan ke dagu. Jika memang jerawat harus diobati dengan mengonsumsi obat perawatan jerawat, hindari mengonsumsi obat yang mengandung isotretinoin, sebab kandungan ini bisa menimbulkan kecacatan pada janin. Apabila jerawat tak kunjung sembuh, maka segera periksakan hal ini kepada dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Demikian jerawat di dagu tanda hamil dan semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Jenis
Search
Tips Kecantikan Untuk Wanita

Punya Komedo yang membandel?? Ternyata bawang putih sangat berkhasiat loh untuk menghilangkannya. Dicoba yuk!