Sponsors Link

Jerawat di dalam Hidung – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Jerawat terjadi akibat beberapa faktor yang berkaitan erat dengan kesehatan kulit. Umumnya jerawat disebabkan karena produksi kelenjar minyak yang berlebihan dan sel-sel kulit mati yang terdapat pada wajah. Sel kulit mati tersebut kemudian mengakibatkan pori-pori wajah menjadi tertutup hingga timbulah peradangan. Jika tidak rajin membersihkan kulit peradangan akibat jerawat dapat menyebar lebih luas karena adanya bakteri penyebab jerawat. Nama dari bakteri penyebab jerawat ini adalah propionibacterium acnes .(Baca juga : Bakteri penyebab jerawat)

Sponsors Link

Jerawat dapat terjadi di bagian kulit manapun selama kulit tersebut memiliki pori-pori. Namun jerawat paling sering terjadi pada wajah. Hal ini dikarenakan wajah lebih sering terpapar dengan sinar matahari dan debu yang bertebaran diudara. Beberapa jerawat dapat juga tumbuh didalam hidung. Jerawat yang tumbuh didalam hidung tentu sangat menganggu sekali bagi penderita. Karena jerawat tersebut menimbulkan rasa yang sangat sakit.

Artikel terkait :

Bisa jadi telah terjadinya infeksi pada bagian hidung didalam. Berikut ini perbedaan infeksi timbulnya jerawat didalam hidung antara lain :

  • Nasal vestibulitis yaitu infeksi yang terjadi karena bakteri yang bernama staphylococcus.Bakteri ini berasal dari bahasa yunani yaitu anggur dan granula. Bakteri ini merupakan genus dari bakteri positif dan juga merupakan salah satu mikroba tanah. Ciri-ciri dari bakteri staphylococcus ini memiliki tubuh yang berbentuk bulat dan hidup secara berkelompok. Bakteri staphylococcus ini hidup diatas kulit dan selaput lendir.
  • Nasal furuncles disebabkan oleh bakteri yang lebih beragam antara lain staphylococcus, streptococcus dan stophylococcus aureus. Ciri-ciri dari bakteri streptococcus ini memiliki bentuk menyerupai oval, ukurannya panjang dan tidak memiliki spora.

Perbedaan infeksi ini dapat dibedakan berdasarkan bakteri penyebab jerawat dihidung. (Baca juga : Obat jerawat batu yang ada di apotik, Manfaat amoxicillin untuk jerawat)

Ciri Ciri

Jerawat yang terjadi pada bagian tubuh lainnya memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda berdasarkan penyebab dari jerawat berikut ini ciri-ciri dari jerawat antara lain :

  • Jerawat memiliki warna yang putih.
  • Ujung yang terdapat pada jerawat berwarna merah.
  • Pembengkakan karena jerawat menyebabkan kulit disekitar menjadi merah dan perih saat disentuh.
  • Ukuran dari jerawat ini bisa lebih besar tergantung dari infeksi yang terjadi.

Itulah beberapa ciri-ciri dari jerawat yang terdapat didalam hidung. Untuk mengatasinya diharapkan untuk menghindari penyebab dari timbulnya jerawat pada bagian hidung didalam.

Artikel terkait :

Penyebab

Jerawat yang muncul didalam hidung memiliki beberapa sebab yang membuat jerawat tumbuh. Perlu diketahui apa saja yang menjadi penyebab dari timbulnya jerawat sebagai langkah upaya dalam mencegahnya. Berikut ini beberapa sebab dari timbulnya jerawat didalam hidung antara lain adalah sebagai berikut :

1.Mengupil terlalu sering

Penyebab pertama dari munculnya jerawat didalam hidung adalah kebiasaan mengupil. Mengupil memang diperlukan untuk membersihkan rongga-rongga dalam hidung dari kerak dan kotoran hidung akibat debu. Jadi kotoran dalam hidung harus dibersihkan secara berkala tanpa terlalu sering. Karena jika mengupil terlalu sering dikhawatirkan dapat mengakibatkan munculnya jerawat. Ini karena saat mengupil Anda menggunakan tangan yang kadang tidak dicuci terlebih dahulu.

Sponsors Link

Ada baiknya mengupil dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari saja. Dan mengupil sebaiknya dilakukan dengan cara membersihkan tangan terlebih dahulu karena tangan merupakan sarang dari bakteri. Hal bertujuan sebagai langkah mencegah timbulnya jerawat didalam hidung. (Baca juga : Cara menghilangkan bekas jerawat batu di hidung)

2. Saat demam mengeluarkan cairan dengan keras

Penyebab kedua dari timbulnya jerawat di dalam hidung adalah mengeluarkan cairan dengan keras. Saat tubuh mengalami demam maka otomatis Anda akan mengalami flu, dimana kondisi ini sangat menganggu sekali karena saat flu tubuh juga ikut pusing dan panas dingin.

Saat flu untuk meredakannya memang perlu untuk mengeluarkan cairan dalam rongga hidung. Namun untuk menghindari dari jerawat didalam hidung sebaiknya mengeluarkan cairan tidak terlalu keras. Lakukan dengan hati-hati dan lunak saja. (Baca juga : Cara menghilangkan jerawat batu di hidung)

3. Bakteri

Penyebab ketiga dari timbulnya jerawat didalam hidung adalah bakteri. Bakteri hidup dilapisan luar kulit manusia sangat beragam jenisnya. Termasuk bakteri yang dapat masuk kedalam rongga hidung dan mengakibatkan jerawat. Adapun bakteri yang masuk kedalam hidung dan dapat mengakibatkan jerawat bernama bakteri staphylococcus dan streptococcus.

Kedua bakteri ini dapat mengakibatkan jerawat dan membuat jerawat menjadi bertambah meradang. Cara dari bakteri ini untuk menimbulkan jerawat didalam rongga hidung antara lain :

  • Bagian dalam hidung mengandung pori dan folikel.
  • Dimana pori-pori didalam hidung dapat tersumbat karena kotoran dan kulit mati.
  • Saat sedang dalam kondisi ini bakteri dapat masuk kedalam pori-pori dan mengakibatkan timbulnya jerawat.

Jadi ada baiknya untuk mencegah perkembangan bakteri ini dengan tidak memasukkan tangan kedalam rongga hidung secara spontan.

4. Kurang menjaga kebersihan

Hidung memiliki rongga didalamnya yang harus dijaga kebersihan. Menjaga kebersihan dalam rongga hidung penting untuk mencegah timbulnya penyebab jerawat didalam hidung. Salah satu cara untuk mencegah penyebanya adalah menjaga kebersihan. Kebersihan rongga hidung dapat dilakukan secara berkala satu kali seminggu dengan menggunakan air hangat. Adapun langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut :

  • Ambil air hangat ngilu kuku dan tuangkan kedalam piring kecil.
  • Sediakan kapas secukupnya dan rendam didalam piring kecil.
  • Setelah itu putar-putar kebagian dalam rongga hidung bagian kiri dan kanan.

baru terakhir dapat dibilas dengan menggunakan air yang bersih. (Baca juga : Cara menghilangkan jerawat dibadan)

5. Memperhatikan makanan yang dikonsumsi

Jerawat juga dapat disebabkan karena mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan gula dan lemak. Contoh makanan yang kaya kandungan gula adalah kue manis, coklat dan permen. Dan makanan yang mengandung lemak contohnya adalah gorengan dan makanan cepat saji.\

ads

Untuk memiliki kulit yang bebas dari masalah jerawat ada baiknya Anda untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Perbanyak makan buah dengan kandungan vitamin c dan vitamin e karena kedua vitamin ini sangat baik sekali untuk mempercantik kulit Anda.

(Baca juga : Makanan penghilang jerawat)

Itulah beberapa penyebab dari timbulnya jerawat didalam hidung, untuk menghindari timbulnya jerawat ada baiknya Anda untuk menjauhkan apapun yang dapat menjadi penyebabnya.

Pengobatan

Jerawat yang muncul didalam hidung memang sangat menganggu Anda akibat dari rasa sakitnya. Biasanya jerawat didalam rongga hidung akan membengkak dan sakit saat disentuh. Untuk mengatasi agar jerawat segera sembuh maka lebih baik lakukan penanganan yang tepat. Berikut ini cara-cara untuk mengatasi jerawat yang timbul didalam hidung antara lain :

a.Air lemon

Air lemon terdapat didalam buah lemon, buah yang memiliki warna kuning ini kaya akan kandungan kalsium, besi, natrium, tembaga, fosfor, kalium, magnesium, dan sulfur. Selain itu vitamin yang terdapat didalam buah lemon ini adalah a,b dan c. Air lemon telah lama dikenal dapat membantu mengatasi peradangan pada jerawat dikulit termasuk jerawat yang tumbuh didalam hidung. Ini karena zat asamnya dan sulfur yan membantu untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Berikut ini cara untuk menggunakan air lemon untuk mengatasi jerawat antara lain :

  • Sediakan satu buah lemon yang segar, kemudian belah menjadi dua bagian.
  • Peras buah lemon untuk mengambil air lemon kedalam piring dan pisahkan dari bijinya.
  • Sesudah itu oleskan air lemon pada bagian jerawat didalam rongga hidung.

Setelah mengoleskannya biarkan hingga air lemon meresap kedalam rongga hidung. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali sehari hingga bengkak dari jerawat berkurang.

Artikel terkait :

b. Bawang putih

Bawang putih mengandung anti bakteri dan anti iritasi didalamnya. Itu kenapa berbagai macam masalah kulit dapat diatasi dengan menggunakan bawang putih. Sebagai salah satu rempah dan bumbu dapur asli Indonesia bawang putih dapat mengatasi jerawat dan bisul. Adapun langkah-langkah untuk memanfaatkan bawang putih dalam mengatasi jerawat adalah sebagai berikut :

  • Ambil satu siung bawang putih kemudian kupas kulitnya dan bersihkan.
  • Masukkan siung bawang putih kedalam blender atau di geprek yang bertujuan untuk menghaluskannya.
  • Setelah halus baru kemudian oleskan pada bagian yang berjerawat.

Yang perlu diperhatikan adalah oleskan secara hati-hati untuk mencegah jerawat pecah dalam hidung. Karena jika sampai jerawat pecah infeksi bisa menyebar kedalam rongga hidung dan memperparah kondisi dari jerawat. Lakukan hal ini sebanyak dua kali dalam sehari. Dan jangan lupa bersihkan rongga hidung setelah bawang putih yang telah lumat tadi kering.

Artikel terkait :

c. Uap air panas

Terakhir langkah untuk mengatasi jerawat didalam rongga hidung adalah dengan menggunakan uap dari air panas. Air panas memiliki uap yang muncul sehingga efektif untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara untuk menggunakan air panas ini sangat praktis dan sederhana. Tuangkan air panas kedalam baskom kemudian selimuti kepala Anda dengan handuk dan dekati ke uap air panas. Hati-hati jangan sampai terkena muka, Biarkan keadaan ini selama 5 menit baru kemudian jauhkan wajah Anda dari uap air panas.

(Baca juga : Cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat)

Cara mengatasi jerawat dalam rongga hidung ini menggunakan cara-cara dan bahan yang alami. Dimana hal ini aman dari efek samping untuk jangka panjang.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Jenis