Sponsors Link

5 Obat Untuk Jerawat di Dalam Telinga Sakit

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat menjadi hal yang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Jerawat bisa tumbuh di area mana saja yang ada di anggota tubuh kita, baik itu wajah, dagu, pipi, tangan, punggung, bahkan di dalam telinga sekalipun. Bagaimana jika terdapat jerawat di dalam telinga sakit? Berikut ulasannya!

Sponsors Link

Jerawat di Dalam Telinga Sakit

Jerawat yang biasanya timbul di area wajah, ternyata juga bisa muncul di dalam telinga. Jerawat di dalam telinga ini disebabkan karena pori-pori yang ada didalamnya tersumbat. Seperti kita ketahui, di sekitar telinga juga memiliki kelenjar minyak. Jika minyak berlebih, pori-pori bisa tertutupi dan kemudian menimbulkan peradangan dalam telinga. Yang lebih membuat kesal adalah saat jerawat sedang dalam keadaan matang-matangnya. Jerawat tersebut akan memberikan rasa sakit dan gatal yang begitu meresahkan.

Rasa sakit pada jerawat di dalam telinga ini juga bisa disebabkan karena infeksi dan peradangan bakteri penyebab jerawat di dalam telinga. Alasan lain yang membuat jerawat dalam telinga sakit adalah karena kencangnya kulit dan banyaknya tulang rawan di dalam telinga sehingga sakit tersebut semakin lama semakin bertambah saja. Jadi, jerawat di dalam telinga bukan hanya tanda bahwa telinga sedang kotor, namun juga karena infeksi yang ada didalamnya. Jika memang sakitnya sudah tidak tertahankan, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatakn penanganan dan pengobatan yang benar. Sebab dokter bisa memberikan penjelasan apakah jerawat yang sakit tersebut termasuk jerawat ringan, sedang, atau parah. Berikut adalah beberapa jenis obat yang bisa Anda coba:

  • Obat topikal

Obat topikal terbuat dari vitamin A yang dapat dijual bebas maupun dengan resep dokter. Salah satu jenis obat topikal yang sering diresepkan adalah tretinoin sebagai cara mengempeskan jerawat yang meradang. Akan tetapi, obat ini tidak boleh digunakan oleh ibu yang sedang hamil sebab akan mengakibatkan kelainan pada janin yang sedang dikandungnya.

  • Benzoyl peroxide

Obat jerawat batu yang ada di apotik selanjutnya adalah benzoyl peroxide yang hadir dalam bentuk gel, losion, krim, dan sabun. Obat jenis ini adalah yang umum dan paling sering digunakan untuk mengobati jerawat. kandungan benzoyl peroxide sangat efektif membunuhpenyebab jerawat meradang, mengurangi minyak berlebih pada telinga, dan membantu kulit beregenerasi. Untuk menghindari seusatu yang tidak diinginkan, ada baiknya jika penggunaan obat ini dibawah pengawasan dokter.

  • Antibiotik

Antibotik seperti minocycline, doxycycline, dan tetracycline juga bisa digunakan untuk mengobati masalah jerawat. Antibiotik jenis ini sangat ampuh dalam mengobati jerawat dan peradangan yang diakibatkan oleh bakteri penyebab jerawat.

  • Witch hazel

Witch hazel adalah desinfektan yang membantu menyingkirkan dan mencegah jerawat di dalam telinga. Caranya adalah dengan menyelupkan cotton bud ke dalam larutan witch hazel, kemudian oleskan ke dalam telinga yang berjerawat. Jika terdapat di luar telinga, cukup gunakan kapas yang sudah dicelupkan ke laruta witch hazel, lalu oleskan ke jerawat.

  • Peroksida

Peroksida juga bisa Anda gunakan untuk membantu memulihkan jerawat di dalam telinga yang sakit. Caranya cukup dengan mencelupkan bola kapas ke dalam hydrogen peroksida, lalu oleskan ke area telinga yang berjerawat. Jika memang jerawatnya berada di dalam telinga, Anda bisa langsung menuangkan peroksida ke dalam telinga tentunya dengan kadar yang tepat.

Sebelum menggunakan obat-obatan diatas, tetap konsultasikan dengan dokter. Demikian jerawat di dalam telinga sakit dan semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Tips Kecantikan Untuk Wanita

Punya Komedo yang membandel?? Ternyata bawang putih sangat berkhasiat loh untuk menghilangkannya. Dicoba yuk!