Sponsors Link

Jerawat di Jidat Artinya Apa? Wajib Baca!

Sponsors Link

Jerawat memang dapat muncul dimana saja tanpa dapat diprediksi sebelumnya, terlebih lagi banyak juga bagian-bagian wajah atau tubuh dimana jerawat tumbuh sering dianggap memiliki arti-arti tertentu. Salah satunya adalah jerawat yang tumbuh di jidat yang sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan dalam tubuh. Memang munculnya jerawat pada umumnya diartikan bahwa kondisi didalam tubuh seperti perubahan hormon penyebab jerawat sedang tidak stabil. Namun tidak sedikit pula arti-arti munculnya jerawat di beberapa bagian tubuh hanyalah suatu mitos saja, artinya belum ada penjelasan dan bukti yang nyata bahwa hal tersebut dapat dibenarkan, salah satunya adalah mitos jerawat di atas bibir atau mitos jerawat cinta. Lalu apa arti jerawat yang muncul di jidat? Sebelum membahas mengenai jerawat di jidat artinya apa, perlu diketahui dahulu beberapa penyebab munculnya jerawat di jidat.

Sponsors Link

Penyebab Jerawat di Jidat

Beberapa penyebab jerawat di jidat sering dikaitkan dengan kondisi kebersihan kulit dan rambut, berikut beberapa diantaranya:

  • Produksi Keringat Berlebih

Penyebab munculnya jerawat di jidat yang pertama adalah karena adanya produksi keringat berlebih, dimana biasanya terjadi karena terlalu lama beraktivitas di luar ruangan dengan paparan sinar matahari langsung serta karena sistem tubuh yang pada dasarnya mudah berkeringat. Ketika jidat dalam kondisi berkeringat maka kotoran akan lebih mudah menempel dan menjadi sarang bagi bakteri untuk berkembang biak. Sehingga keringat dan kotoran dapat menyumbat pori-pori kulit ditambah dengan infeksi bakteri akhirnya menyebabkan munculnya jerawat di jidat.

  • Perubahan Hormon tidak Stabil

Penyebab munculnya jerawat paling umum adalah karena adanya perubahan hormon yang tidak stabil di dalam tubuh, kondisi tersebut juga yang sering menyebabkan jerawat di jidat. Perubahan hormon yang tidak stabil tersebut yang berpengaruh pada produksi minyak di kulit berlebih, sehingga menyumbat pori-pori. Belum lagi ketika debu atau kotoran dan bakteri menempel, maka munculnya jerawat sudah pasti tidak dapat dihindari lagi.

  • Gaya Rambut dan Rambut Kotor

Gaya rambut juga ternyata dapat berpengaruh pada munculnya jerawat di jidat, terutama gaya rambut berponi. Dimana poni yang menutup jidat dapat memicu lebih mudah nya jidat berkeringat, serta memudahkan perpindahan kotoran atau debu dari rambut ke kulit sehingga kondisi tersebut dapat membuat pori-pori kulit tersumbat dan menimbulkan jerawat di jidat. Hal ini dapat diperparah jika kondisi rambut kotor atau tidak sering di cuci, sehingga dapat menyebabkan jerawat gatal di dahi atau jidat.

Arti Jerawat di Jidat 

Selain penyebab munculnya jerawat di jidat, jerawat di jidat juga ternyata memiliki beberapa arti tertentu. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai jerawat di jidar artinya apa:

  1. Sistem Pencernaan Terganggu

Arti jerawat di jidat yang pertama adalah adanya gangguan dalam kesehatan di dalam tubuh, seperti gangguan pada sistem pencernaan tubuh. Sistem pencernaan di dalam tubuh memiliki fungsi untuk menyerap makanan dan nutri untuk tubuh, serta membuang sisa-sisa yang tidak berguna bagi tubuh. Oleh sebab itu, bagi anda yang sedang berusaha untuk mengatasi jerawat di jidat mungkin bisa dengan cara memperbanyak konsumsi makan berserat seperti sayur dan buah-buah yang berfungsi untuk memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh, karena jerawat di jidat anda dapat berarti bahwa sistem pencernaan di dalam tubuh anda sedang terganggu atau tidak berjalan dengan sempurna.

  1. Organ Hati Bermasalah

Selain berarti bahwa sistem pencernaan di tubuh sedang dalam gangguan, jerawat di jidat juga sering dikaitkan dengan adanya masalah pada organ hati. Organ hati sendiri memiliki fungsi untuk menawarkan racun yang masuk ke dalam tubuh, sehingga jika organ hati mengalami masalah dan racun tidak dapat ditawarkan dengan sempurna maka akan berdampak pula pada kesehatan kulit. Oleh sebab itu, jerawat di jidat sering diartikan bahwa organ hati sedang dalam kondisi yang tidak normal atau sedang bermasalah. Untuk menjaga organ hati agar tetap sehat, anda dapat melakukannya dengan rutin berolahraga, selalu mengkonsumsi makanan sehat, serta jauhi minuman beralkohol, dan lain sebagainya.

  1. Sirkulasi Darah Tidak Lancar

Arti yang ketiga dari jerawat di jidat adalah sirkulasi darah di dalam tubuh sedang tidak lancar, hal ini disebabkan karena adanya timbunan lemak pada saluran peredaran darah. Lemak yang menggumpal tersebut dapat berasal dari makanan yang di konsumsi, seperti makan yang mengandung minyak dan lemak yang tinggi yang juga sebagai salah satu penyebab atau pemicu timbulnya jerawat di jidat. Kurangnya gerak juga dapat menyebabkan sirkulasi darah terganggu. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk rajin berolahraga, terutama pada pagi haru serta rajin mengkonsumsi makanan sehat.

  1. Hormon Tidak Stabil

Jerawat di jidat juga menjadi suatu pertanda atau arti bahwa kondisi hormon di dalam tubuh sedang tidak stabil. Hal ini dapat disebabkan karena masa haid, stress, kelelahan, dan lain sebagainya, dimana perubahan hormon yang tidak stabil ini juga menjadi penyebab utama munculnya jerawat di jidat.

Demikian penjelasan mengenai jerawat di jidat artinya apa, semoga dapat bermanfaat.

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.