Sponsors Link

Jerawat di Kemaluan – Penyebab, Cara Mencegah dan Mengatasinya

Sponsors Link

Jerawat dapat muncul dibagian manapun pada kulit tidak terkecuali pada daerah disekitar kemaluan baik wanita dan pria. Munculnya jerawat yang terdapat pada kemaluan bisa disebabkan karena beberapa faktor. Dan umumnya jerawat yang muncul dikemaluan dapat membuat kemaluan terkesan seperti kurang dijaga kebersihannya. Untuk itu agar tidak terulang lagi dan muncul kembali pada artike kali ini akan dibahas penyebabb, cara mencegah dan mengatasi jerawat yang tumbuh di kemaluan.

Sponsors Link

Jerawat dikemaluan memiliki ciri yang sama dengan jerawat pada bagian tubuh lainnya. Jadi intinya setiap kulit yang di tumbuhi oleh rambut dan memiliki pori-pori tetap rentan untuk ditumbuhi oleh jerawat. Berikut ini ciri-ciri dari jerawat pada kemaluan antara lain :

  • Memiliki warna yang merah saat meradang.
  • Daerah disekitar kemaluan akan terasa perih akibat jerawat yang tumbuh.
  • Ukuran jerawat biasanya kecil-kecil.
  • Jumlah jerawat yang tumbuh menyerupai jerawat pasir.

Dari ciri tersebut diatas Anda bisa dapat langsung melakukan tindakan yang tepat agar jerawat yang muncul pada kemaluan tidak semakin parah.

Artikel terkait :

Penyebab

Ada banyak faktor yang menjai penyebab timbulnya jerawat di kemaluan. Adapun berikut ini ulasannya untuk Anda antara lain :

1.Keringat

Bagian selangkang dikemaluan terkadang juga dapat menimbulkan keringat saat Anda melakukan aktifitas fisik yang rutin dan sering. Jika sudah begini ada baiknya untuk melap keringat karena takutnya nanti akan menjadi pemicu dari penyebab timbulnya jerawat dikemaluan. Karena keringat yang keluar dari dalam tubuh mengandung bakteri yang dapat meningkatkan resiko jerawat pada daerah kemaluan.

Artikel terkait :

2. Faktor hormonal

Hormon juga merupakan salah satu faktor dari penyebab jerawat pada kemaluan. Faktor hormonal biasanya mulai terlihat saat beranjak remaja. Ini berlaku untuk laki-laki dan wanita. Hormon memang meningkatkan beberapa produksi kelenjar minyak pada bagian kulit tertentu akibat kesimbangan hormon yang terganggu. Namun seiring dengan kestabilan hormon maka jerawat ini akan hilang dengan sendirinya.

Artikel terkait :

Sponsors Link

3. Alergi

Alergi juga menjadi penyebab dari munculnya jerawat pada daerah kemaluan. Alergi yang terjadi biasanya berhubungan dengan menggunakan produk pembersih kemaluan yang tidak cocok. Atau bisa juga karena pemilihan dasar kain dari celana dalam yang digunakan.

Artikel terkait :

4. Cara mencukur yang salah

Seiring dengan pertambahan usia dan matangnya sistem reproduksi maka baik laki-laki dan wanita akan memiliki bulu yang tumbuh pada bagian kemaluannya. Tumbuhnya bulu ini bertujuan untuk menjaga kemaluan baik para wanita dan pria. Hanya saja jika dibiarkan dan tidak dicukur dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat pada bagian kemaluan akibat kondisinya yang lembap. Namun disisi lain mencukur bulu kemaluan hingga habis juga tidak baik bagi kesehatan kemaluan. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui cara mencukur yang benar.

Artikel terkait :

5. Terjadi iritasi

Mencukur bulu kemaluan dengan cara yang salah juga dapat mengakibatkan terjadinya iritasi pada bagian kemaluan. Akibat dari iritasi pada daerah kemaluan dapat menimbulkan jerawat pada bagian ini. Sehingga diharapkan untuk mencukur dengan menggunakan pisau atau alat cukur yang steril. Pastikan setelah menggunakannya Anda merendam pisau atau alat cukur kedalam alkohol.

Artikel terkait :

6. Celana dalam yang ketat

Setiap harinya kita selalu menggunakan celana dalam yang berfungsi untuk menjaga bagian kemaluan. Celana dalam yang terlalu ketat saat digunakan ternyata tidak baik karena dapat memicu timbulnya jerawat pada daerah ini. Jerawat yang timbul ini dapat membuat Anda terganggu karena rasanya yang sama sekali tidak nyaman. Jadi usahakan untuk memilih celana dalam yang tidak ketat dan tidak terlalu longgar untuk digunakan.

(Baca juga : Cara menghilangkan jerawat dibadan)

ads

7. Jarang mengganti celana dalam

Kebiasaan yang tidak baik selanjutnya adalah jarang mengganti celana dalam. Jika Anda jarang melakukannya maka hal ini dapat mengakibatkan timbulnya jerawat pada kemaluan. Ada baiknya melakukan pergantian untuk celana dalam dilakukan setiap mandi atau saat Anda sudah merasa tidak nyaman lagi menggunakan celana dalam tersebut. Ini bertujuan untuk mencegah jerawat pada daerah kemaluan.

8. Mengganti pembalut yang tidak rutin

Bagi wanita setiap bulan akan mengalami siklus datang bulan bagi mereka yang sudah memasuki usia remaja. Saat datang bulan wanita memerlukan pembalut untuk menahan darah yang keluar dari kemaluan agar tidak tembus. Untuk itu saat datangb bulang diharapkan Anda rutin untuk mengganti pembalut. Tujuannya adalah agar tidak menjadi penyebab dari timbulnya jerawat pada bagian kemaluan.

Artikel terkait :

Itulah beberapa penyebab dari timbulnya jerawat pada kemaluan, untuk itu diharapkan Anda dapat mempraktekkannya untuk menghindari jerawat tumbuh pada kemaluan.

Pencegahan

Pencegah memang lebih baik dari mengobati, mungkin selogan ini akan selalu menjadi slogan sepanjang masa karena memang benar adanya. Sebelum jerawat muncul di daerah kemaluan ada beberapa cara untuk menegahnya. Berikut ini cara mencegah jerawat timbul di kemaluan antara lain :

1. Pilih celana dalam yang tidak ketat

Cara mencegah jerawat yang muncul pada daerah kemaluan yang pertama adalah dengan tidak memilih celana dalam yang ketat. Karena saat menggunakan celana dalam yang ketat saat Anda membilas bagian kemaluan setelah buang air kecil maka dapat mengakibatkan kondisi daerah kemaluan menjadi lembap. Hal ini lah yang nantinya dapat membuat jerawat muncul.

2. Saat datang bulan ganti pembalut rutin

Datang bulan yang Anda alami khususnya bagi wanita ada baiknya untuk mencegah jerawat di kemaluan dengan cara mengganti pembalut rutin. Pergantian pembalut yang baik dilakukan saat kondisi sudah banyaknya darah yang terkumpul. Hal ini tergantung dari wanita yang mengalami datang bulan. Jika dirasa sudah harus mengganti pembalut maka segera lakukan pergantian secepatnya.

3. Mencukur dengan cara yang benar

Mencukur merupakan salah satu aktifitas yang bertujuan untuk tidak membuat kondisi daerah kemaluan menjadi lembap. Karena untuk mengatasi jerawat pada bagian ini diperlukan kondisi yang tidak lembap. Jadi Anda perlu melakukan teknik bercukur yang tepat. Cara mencukur dengan cara yang benar adalah dengan mencukup sebagiannya saja, agar tidak terlalu lembap yang dapat menjadi sarang berkembang biaknya bakteri.

4. Jaga kebersihan

Keempat cara untuk mencegah jerawat tumbuh di kemaluan adalah dengan menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan dapat Anda lakukan dengan menggunakan pembersih yang dirancang khusus untuk membersihkan kemaluan. Selain menggunakan pembersih untuk daerah kemaluan juga ada baiknya untuk melakukan pembersihkan kemaluan dengan benar yakni dari arah depan kebelakang dan jangan dilakukan dengan bolak balik. Ini bertujuan agar kuman yang terdapat pada bagian belakang tidak masuk pada bagian kemaluan.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai langkah untuk melakukan pencegahan agar jerawat tidak timbul pada daerah kemaluan.

Artikel terkait :

Sponsors Link

Cara Mengatasi Jerawat

Jika jerawat pada kemaluan sudah terlanjur muncul dan tumbuh maka langkah yang paling tepat untuk Anda lakukan dengan mengatasinya. Mengatasi jerawat pada bagian kemaluan tidaklah sama dengan cara mengatasi jerawat yang tumbuh pada bagian kulit lainnya. Karena kehadiran jerawat ini memerlukan penanganan khusus agar pengobatan berjalan lancar dan tidak muncul kembali jerawat pada bagian ini. Nah, berikut ini ulasan cara untuk mengatasi jerawat di kemaluan antara lain adalah sebagai berikut :

1.Menggunakan antiseptik

Antiseptik merupakan salah satu senyawa yang berguna untuk membunuh perkembangan bakteri pada permukaan kulit. Kehadiran jerawat pada bagian kemaluan merupakan salah satu sebab adanya bakteri penyebab jerawat yang ada disekitarnya. Untuk pemberian antiseptik diperlukan agar perkembangan bakteri ini tidak semakin menyebar dan dapat segera diatasi jerawat yang sudah tumbuh. Cara untuk menggunakan antiseptik ini cukup dengan mengoleskannya pada bagian jerawat di daerah kemaluan.

(Baca juga : Cara menghilangkan jerawat dengan alkohol)

2. Beri betadine

Setelah menggunakan antiseptik pada bagian kemaluan yang ditumbuhi jerawat Anda dapat menggunakan pemberian betadine pada jerawat di kemaluan. Tujuan dari penggunaan betadine ini adalah untuk mengobati jerawat yang meletus agar segera kering. Agar penggunaan dari betadine tidak menyebar dan mengenai celana dalam Anda dapat menggunakan kapas untuk dioleksan betadine diatasnya, kemudian lanjutkan dengan mengoleskan betadine kebagian jerawat yang tumbuh dikemaluan.

3. Konsultasi pada dokter kelamin dan kulit

Cara mengatasi jerawat yang tumbuh di kemaluan yang terakhir adalah dengan melakukan konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Konsultasi ini dapat Anda lakukan setelah melihat kondisi jerawat pada bagian kemaluan yang tidak kunjung sembuh atau kondisinya semakin memprihatinkan. Dengan segera melakukan konsultasi bagi dokter akan segera memberikan obat yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi jerawat yang tumbuh di kemaluan. Yang paling penting adalah jangan pernah panik dan ikuti semua anjuran yang diberikan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin kepada Anda.

(Baca juga : Jenis-jenis laser jerawat)

Itulah beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat pada daerah kemaluan. Intinya segera bertindak sebelum kondisi jerawat semakin parah dan banyak. Karena jika kondisi dari jerawat semakin parah dan banyak akan membuat waktu penyembuhan semakin lama.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.