Sponsors Link

Jerawat di Kepala Apa Pemicunya? (No.1 Wajib Dihindari )

Sponsors Link

Jerawat di kepala memang tidak terlihat, tetapi biasanya menimbulkan rasa sakit yang lebih dibanding jerawat di bagian lainnya. Terlebih lagi jika anda lupa dan langsung menyisir rambut anda yang kemudian mengenai jerawat di kepala anda pasti akan menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan. Jerawat di kepala juga dapat menjadi berbahaya jika jerawat terinfeksi dan menjadi semakin parah, kondisi tersebut dapat menyebabkan kerontokan rambut hingga kebotakan permanen.  Lalu apa saja sebenarnya pemicu jerawat di kepala? dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai jerawat di kepala apa pemicunya serta beberapa cara untuk mencegahnya.

Sponsors Link

Jerawat di Kepala

Jerawat di kepala juga biasanya disebut sebagai folikulitis, dimana adanya penyumbatan pada pori-pori atau folikel rambut yang terinfeksi dan mengakibatkan peradangan. Infeksi yang terjadi dapat disebabkan oleh tumpukan kotoran dan kulit mati, jamur, tungau, maupun bakteri penyebab jerawat. Kondisi tersebutlah yang kemudian memicu timbulnya jerawat di kulit kepala.

Jerawat di kepala biasanya juga muncul dalam bentuk benjolan-benjolan kecil merah,namun ada pula jerawat yang muncul di kepala sama seperti jerawat pada umumnya seperti hanya satu jerawat besar merah saja. Jerawat di kepala memang lebih mudah pecah karena kebiasaan seperti memegang rambut maupun menyisir rambut, sehingga jerawat tidak sengaja pecah dan menimbulkan koreng. Selain itu, jerawat di kepala juga dikenal lebih memberikan rasa sakit, perih, hingga gatal.

Pemicu Jerawat di Kepala

Penyebab atau pemicu timbulnya jerawat memang sangat beragam dan berbeda-beda pada letak timbulnya jerawat. Secara umum, pemicu utama timbulnya jerawat adalah karena perubahan hormon penyebab jerawat yang tidak stabil. Lalu bagaimana dengan jerawat di kepala? apa saja pemicunya? Berikut ini ada beberapa pemicu utama jerawat di kepala, diantaranya adalah:

  1. Kebersihan Kulit Kepala dan Rambut Tidak Dijaga

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa jerawat di kepala merupakan suatu kondisi dimana terjadi penyumbatan pori-pori kulit maupun folikel rambut. Penyumbatan tersebut biasanya juga disebabkan karena anda kurang menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut. Oleh sebab itu, kebersihan kulit kepala dan rambut yang tidak dijaga menjadi salah satu pemicu utama jerawat di kepala. Maka dari itu, penting bagi anda untuk terus menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut agar dapat terhindar dari masalah jerawat di kepala.

  1. Adanya Infeksi

Pemicu jerawat di kepala yang selanjutnya adalah adanya infeksi pada benjolan atau jerawat di kepala, yang di picu pula karena adanya tungau, jamur, maupun bakteri penyebab jerawat yang bersarang di kulit kepala anda. Hal ini juga tidak jauh kaitan nya dengan kebersihan kulit kepala dan rambut yang tidak dijaga, karena kondisi kotorlah yang memungkinkan jamur, tungau, maupun bakteri bersarang dan berkembang biak sehingga jerawat tidak dapat dihindari lagi.

  1. Menggunakan Produk Kepala yang tidak Cocok atau Berlebihan

Penggunaan produk kepala seperti produk shampo, minyak rambut, harspray, dan lain sebagainya juga dapat memicu timbulnya jerawat di kepala. Hal ini disebabkan karena produk yang digunakan bisa saja tidak cocok dengan jenis kulit kepala anda, sehingga menyebabkan alergi yang ditandai dengan timbulnya jerawat di kepala anda. Selain karena tidak cocok, penggunaan secara berlebihan juga dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat di kepala anda. Oleh sebab itu, pilihlah produk yang sesuai dan cocok dengan kulit kepala anda, serta gunakanlah sesuai kebutuhan dan jangan terlalu berlebihan.

  1. Memakai Penutup Kepala

Siapa sangka jika menggunakan atau memakai penutup kepala juga dapat memicu timbulnya jerawat di kepala anda. Pemakaian yang dimaksud disini adalah pemakai penutup kepala yang terlalu ketat dan berbahan tebal atau memiliki bahan yang dapat menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Produksi minyak berlebih pada kulit kepala juga dapat memicu timbulnya jerawat karena minyak dapat menyumbat pori-pori kulit maupun folikel rambut. Selain itu, pemakaian penutup kepala dalam waktu yang terlalu lama juga sama-sama dapat memicu timbulnya jerawat di kepala anda.

  1. Mencukur Rambut atau Waxing

Pemicu jerawat di kepala yang terakhir adalah karena aktivitas mencukur rambut atau waxing. Dimana hal ini dapat terjadi jika terjadi luka atau goresan pada kulit kepala anda, sehingga luka yang ada terkena bakteri penyebab jerawat maupun kotoran lain yang bersarang di kulit kepala dapat memicu timbulnya jerawat di kepala anda.

Mencegah Jerawat di Kepala

Bagi anda yang sedang mengalami atau sering mengalami masalah jerawat di kepala tidak perlu khawatir lagi, karena berikut ini ada beberapa cara mengatasi jerawat di kepala, diantaranya adalah:

  • Menjaga Kebersihan Kulit Kepala dan Rambut

Untuk mencegah timbulnya jerawat di kepala yang pertama adalah dengan selalu menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut, sehingga kotoran maupun bakteri penyebab jerawat tidak dapat bersarang maupun berkembang biak di kepala anda. Menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut juga dapat dilakukan dengan cara menjaga tempat tidur, sarung bantal, selimut, dan lain sebagainya, serta tidak terlalu sering memegang rambut dan kepala anda.

  • Menerapkan Pola Hidup Sehat

Cara mencegah jerawat di kepala selanjutnya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan selalu mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dan rendah karbohidrat. Jangan lupa pula untuk menjaga pola tidur dan hindari terlalu sering begadang, serta hindari mengonsumsi makan penyebab timbulnya jerawat. 

Demikian ulasan mengenai jerawat di kepala apa pemicunya beserta dengan cara mencegahnya, semoga dapat bermanfaat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.