Sponsors Link

15 Penyebab Jerawat di Kepala Bikin Pusing dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Jerawat tumbuh karena sebab yang berbeda beda. Penyebab jerawat di ketiak tentu berbeda dengan penyebab jerawat di pipi dan penyebab jerawat di hidung. Begitu juga dengan penyebab jerawat di kepala. Sebenarnya dibandingkan dengan hidung atau pipi, kulit kepala lebih besar berpotensi ditumbuhi jerawat karena banyaknya rambut. Sebenarnya apa saja sih penyebab jerawat di kepala bikin pusing dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk kita simak bersama.

Sponsors Link

Penyebab Jerawat di Kepala Bikin Pusing

  1. Kulit Kepala Kurang Bersih

Hal pertama yang menjadi penyebab jerawat di kepala tentu saja adalah kulit kepala yang kurang bersih. Jika ingin terbebas dari jerawat, kunci yang paling utama adalah menjaga kebersihan kulit. Kulit kepala yang berdebu dan berketombe adalah tempat yang nyaman bagi jerawat untuk tumbuh dan berkembang. Ini karena ketombe yang ada pada kulit kepala menyumbat pori pori kulit kepala dan meradang hingga akhirnya terbentuklah jerawat.

  1. Kulit Kepala Berminyak

Jika wajah yang berminyak, bisa diatasi dengan cara mencegah jerawat pada kulit berminyak yang sudah terbukti ampuh. Ternyata bukan hanya wajah saja lho yang bisa berminyak. Kulit kepala juga bisa memproduksi minyak berlebih yang menimbulkan jerawat. Timbulnya jerawat di kepala bikin pusing, sama seperti jerawat yang tumbuh di wajah. Kulit kepala berminyak biasanya ditandai dengan rambut yang sering lepek dan sulit dikeringkan setelah keramas.

  1. Mengenakan Hijab Pada Wanita

Di antara banyaknya penyebab jerawat di kepala, salah satunya adalah hijab. Wanita yang mengenakan hijab harus membungkus kepalanya sepanjang hari selama beraktivitas. Ini menyebabkan kulit kepala susah bernapas dan tidak ada sirkulasi udara yang lancar di kulit kepala. Akibatnya, keringat di kepala bercampur dengan minyak dan debu. Ketiga hal tersebut adalah komponen utama yang memicu tumbuhnya jerawat di kulit kepala.

  1. Banyaknya Polusi Pada Rambut

Aktivitas di luar ruangan membuat tubuh terpapar debu dan polusi yang tak terhingga. Wajah dan rambut adalah dua bagian tubuh yang sering terkena dampak negatif polusi udara. Polusi yang didapatkan di luar ruangan akan bersarang di rambut dan menyebabkan rambut menjadi sangat kotor. Rambut yang kotor akan menyebabkan banyak masalah seperti ketombe atau rambut berbau tidak sedap dan tentu saja jerawat.

  1. Stress

Salah satu penyebab jerawat adalah ketika hormon di dalam tubuh tidak seimbang. Ketidak seimbangan hormon ini biasanya dipicu kondisi psikologis yang tidak stabil seperti stress. Jika seseorang sedang stress atau tertekan, tubuh akan lebih banyak memproduksi hormon penyebab jerawat yang bisa tumbuh di mana saja, termasuk di kulit kepala yang tersembunyi.

  1. Penggunaan Pomade Pada Pria

Pada wanita, jerawat di kepala bisa tumbuh karena memakai hijab. Pada pria, jerawat bisa tumbuh karena pemakaian pomade. Pomade atau minyak rambut memang bisa membuat rambut tampak rapi, klimis, dan enak dilihat. Tetapi di dalamnya terdapat banyak kandungan minyak yang bisa meresap ke kulit kepala menyebabkan jerawat.

  1. Penyakit Kulit

Tidak hanya faktor sederhana seperti debu dan kotoran saja yang menyebabkan jerawat di kepala. Tumbuhnya jerawat bisa jadi merupakan indikasi penyakit kulit atau iritasi yang diderita seseorang. Untuk mengetahui sebab yang lebih pasti, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Apalagi jika jerawat di kepala bikin pusing tak tertahankan.

Sponsors Link

  1. Makan Makanan Berminyak

Makanan berminyak termasuk ke dalam makanan penyebab jerawat yang harus dihindari. Minyak pada makanan tidak hanya menambah lapisan lemak di dalam tubuh saja, tetapi juga meningkatkan produksi minyak pada kelenjar sebum yang ada di kulit, termasuk kulit kepala. Kalau tidak ingin punya kulit kepala berminyak yang bisa menyebabkan rambut lepek, kurangi atau sebaiknya hentikan konsumsi makanan dengan minyak berlebih mulai sekarang.

  1. Memakai Topi Terlalu Lama

Selain hijab yang membuat kulit kepala sulit bernapas, memakai topi terlalu lama juga bisa memicu tumbuhnya jerawat pada kulit kepala. Penyebabnya pun sama, tidak ada sirkulasi udara yang lancar pada kulit kepala sehingga keringat, debu, dan kotoran bercampur menjadi satu membentuk jerawat di permukaan kulit kepala.

  1. Suka Begadang

Kebiasaan penyebab jerawat yang satu ini memang harus dihindari. Begadang membuat produksi hormon pada tubuh tidak seimbang dan menyebabkan kulit menjadi lelah. Akibatnya kulit menjadi tidak sehat dan sangat mudah ditumbuhi jerawat, tidak terkecuali pada kulit kepala.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Jerawat di Kepala Bikin Pusing

  1. Eksfoliasi Kulit Kepala

Jerawat di kulit kepala bikin pusing karena banyaknya sel kulit mati yang menumpuk. Kulit mati bisa dihasilkan dari kotoran yang menempel di kulit kepala atau ketombe. Untuk mengatasi jerawat di kulit kepala, lakukan eksfoliasi pada kulit kepala secara rutin. Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati sekaligus mendorong regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat.

  1. Menggunakan Shampoo Anti Ketombe

Jika ingin punya kulit kepala yang bersih, hilangkan dulu semua ketombe yang ada. Ketombe muncul karena beberapa penyebab, di antaranya adalah sisa shampoo yang kurang bersih saat dibilas atau debu yang menempel pada rambut. Untuk mengatasi ketombe, gunakan shampoo khusus anti ketombe agar ketombe bisa hilang. Kulit kepala bebas ketombe adalah kulit kepala sehat yang tidak akan ditumbuhi jerawat.

  1. Melakukan Perawatan Rambut Rusak

Datanglah ke dokter kulit jika rambut sudah sangat rusak dan berdampak negatif pada kulit kepala. Efek jerawat di kepala ini bisa berwujud beberapa hal, seperti kebotakan atau kepala yang ditumbuhi jerawat. Salah satu cara menghilangkan jerawat di kepala adalah dengan melakukan deep repair treatment atau damage treatment pada rambut.

  1. Sering Keramas

Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala memang sangat penting untuk mengatasi jerawat di kepala bikin pusing. Cara paling sederhana adalah dengan sering sering mencuci rambut atau keramas. Keramaslah minimal 2 hari sekali agar rambut tetap bersih, bebas dari debu dan ketombe. Tetapi jika Anda punya aktivitas padat di luar rumah sepanjang hari, cuci rambut Anda begitu sampai di rumah agar bakteri dan debu di rambut tidak berkembang biak menyebabkan jerawat.

  1. Cukup Tidur dan Istirahat

Kunci dari kesehatan kulit kepala sekaligus cara yang tepat menjaga kecantikan kulit adalah dengan cukup tidur dan istirahat. Tidur menjauhkan diri dari stress berlebihan dan memberikan waktu bagi kulit untuk beristirahat. Tidurlah minimal 8 jam sehari agar sel sel di dalam tubuh bisa beregenerasi dengan sempurna, termasuk sel di kulit kepala.

Itulah penyebab jerawat di kepala bikin pusing dan cara tepat mengatasinya. Apapun aktivitas yang Anda lakukan, jangan hanya memperhatikan kebersihan kulit wajah saja sehingga bagian tubuh lain tidak terurus. Lakukan perawatan khusus pada rambut dan kulit kepala agar selalu bersih dan tidak ditumbuhi jerawat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab