Sponsors Link

Jerawat di Ketiak Saat Hamil – Bahaya dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Masalah jerawat memang sering menjadi momok yang menakutkan, terutama ketika tumbuh pada masa-masa kehamilan. Salah satu yang sering dialami ibu hamil adalah tumbuhnya jerawat di ketiak. Jerawat di ketiak saat hamil merupakan salah satu yang terkadang dikhawatirkan oleh kebanyakan ibu hamil, hal ini disebabkan karena adanya beberapa asumsi mengenai bahaya jerawat di ketiak. Terutama jika dialami saat kondisi hamil sehingga dikait-kaitkan dengan kondisi bayi didalam perut hingga berbagai pertanda bahaya lainnya. Oleh sebab itu, dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bahaya jerawat di ketiak saat hamil beserta cara mengatasinya.

Sponsors Link

Bahaya Jerawat di Ketiak Saat Hamil

Sebagai salah satu masalah kulit yang paling umum dan sering dialami, ternyata letak munculnya jerawat terkadang dikait-kaitkan dengan kondisi yang terjadi didalam tubuh. Beberapa kondisi diantaranya bahkan merupakan kondisi yang berbahaya, terutama ketika dialami dalam kondisi hamil. Berikut ini ada beberapa bahaya jerawat di ketiak saat hamil.

  1. Infeksi Bakteri

Bahaya jerawat di ketiak saat hamil yang pertama adalah adanya suatu pertanda bahwa infeksi bakteri sedang terjadi di tubuh anda. Salah satu pertanda atau penyebab tumbuhnya jerawat hingga penyebab jerawat bernanah dan gatal adalah adanya infeksi bakteri dimana bakteri masuk pada pori-pori kulit. Ketika bakteri didiamkan dan berkembang biak di pori-pori maka akan menyebabkan jerawat meradang, termasuk pula pada pori-pori kulit ketiak anda. Apalagi pada saat masa kehamilan, biasanya kondisi tersebut akan mudah terjadi.

  1. Infeksi Virus

Menurut beberapa informasi, bahwa jerawat di ketiak juga merupakan salah satu pertanda adanya infeksi virus. Beberapa diantara infeksi virus tersebut adalah seperti penyakit AIDS, herpes, hingga cacar air yang memang disebabkan oleh adanya infeksi virus. Yang mana beberapa penyakit tersebut juga sangat berbahaya bagi masa kehamilan, sehingga jerawat di ketiak saat hamil sering menjadi hal penting untuk di waspadai.

  1. Pertanda Fibroadenoma

Bahaya jerawat di ketiak saat hamil yang selanjutnya adalah adanya kemungkinan terkena fibroadenoma. Fibroadenoma ini merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan tumbuhnya benjolan seperti jerawat yang disebabkan karena adanya kelebihan kelenjar penghasil susu atau lobulus dan pertumbuhan abnormal jaringan disekitar payudara. Kondisi tersebut termasuk salah satu tumor jinak yang tidak berpotensi menjadi kanker. Walaupun begitu, adanya jerawat di ketiak saat hamil perlu di waspadai dengan penuh perhatian.

  1. Kanker Limfoma

Beberapa tanda dari adanya kanker limfoma atau kanker sistem getah bening adalah adanya benjolan menyerupai jerawat yang tidak menimbulkan rasa sakit tumbuh di area ketiak, leher, dan juga selangkangan. Mengapa kondisi tersebut bisa berbahaya pada masa kehamilan? Karena kanker limfoma bisa menyebabkan adanya gangguan pernafasan, pembengkakan pada perut, hingga menurunnya berat badan dan rasa lemas  atau lelah yang terus menerus. Kondisi tersebutlah yang dapat membahayakan kondisi bayi atau kehamilan anda.

  1. Kanker Payudara

Bahaya jerawat di ketiak saat hamil yang terakhir adalah adanya kemungkinan yang dihubungkan dengan pertanda kanker payudara. Hal ini disebabkan karena ketika sel-sel kanker menyerang, maka pertumbuhan sel-sel payudara akan menjadi tidak terkontrol atau menjadi abnormal. Pertumbuhan sel abnormal tersebut biasanya menyebabkan adanya penebalan kulit yang menyerupai jerawat di sekitar payudara, termasuk pula pada ketiak. Oleh sebab itulah jerawat di ketiak saat hamil juga dapat menjadi suatu pertanda yang berbahaya.

Itulah beberapa bahaya jerawat di ketiak saat hamil yang pastinya memerlukan perhatian khusus dalam menanganinya. Oleh sebab itu, berikut ini ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Jerawat di Ketiak saat Hamil

Anda dapat mengatasi jerawat di ketiak saat hamil dengan bantuan beberapa bahan alami serta bantuan dokter. Beberapa cara mengatasi jerawat di ketiak diantaranya adalah:

  • Lidah Buaya

Lidah buaya memang sudah tidak asing lagi untuk digunakan dalam mengatasi jerawat. Salah satu manfaat lidah buaya untuk jerawat dapat dilihat dari kandungan Vitamin E didalamnya yang dapat berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya peradangan dan infeksi pada jerawat. Terlebih lagi lidah buaya juga dapat membantu proses pengangkatan sel kulit mati lebih efektif, sehingga jerawat akan lebih mudah mengempis. Untuk menggunakannya, anda hanya perlu membilas jerawat di ketiak hingga bersih dan oleskan gel lidah buaya secara merata. Bilas kembali ketika olesan gel lidah buaya sudah mengering.

  • Larutan Garam

Selain lidah buaya anda juga dapat menggunakan larutan garam. Anda hanya perlu melarutkan garam dengan air hangat dan mengoleskan pada jerawat di ketiak anda secara rutin setiap harinya. Larutan garam ini dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengempiskan jerawat lebih cepat.

  • Konsultasi Dokter

Disamping dua cara mengatasi jerawat di ketiak saat hamil diatas, cara yang paling efektif dan aman adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter kulit. Melakukan konsultasi dengan dokter kulit juga dapat membantu anda untuk mengetahui secara pasti jerawat apa yang bersarang di ketiak anda, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan beberapa kemungkinan bahaya jerawat di ketiak seperti yang dijelaskan sebelumnya. Selain itu, anda juga akan mendapatkan perawatan yang sesuai dan aman dibanding dengan cara lainnya.

Demikian ulasan mengenai jerawat di ketiak saat hamil beserta bahaya dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.