Sponsors Link

Jerawat di Ketiak Terasa Sakit – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami, tumbhnya pun bisa di bagian mana saja mulai dari wajah hingga bagian tubuh lainnya. Salah satunya adalah bagian ketiak, yang juga bisa menjadi sarang jerawat. Munculnya jerawat yang bisa di bagian mana saja inilah yang kadang membuat kita menjadi tidak nyaman hingga mengurangi rasa percaya diri. Terlebih jika jerawat terasa sakit, maka akan semakin mengganggu kenyamanan.

Sponsors Link

Perhatikan ciri-ciri jerawat di ketiak dan penyebab jerawat di ketiak, agar dapat menemukan cara yang tepat untuk mengatasinya. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini wajahjerawat.com akan memberikan informasi mengenai penyebab jerawat di ketiak terasa sakit dan cara mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya yang perlu kita ketahui:

1. Kista Sebasea/Ateroma

Salah satu bahaya jerawat diketiak yang mengerikan adalah bisa disebabkan karena adanya kista sebasea atau ateroma. Benjolan yang menyerupai jerawat bisa mengindikasikan adanya penyakit kista sebasea karena adanya bakteri yang masuk dan berkembang biak pada kulit ketiak sehingga terjadilah abses.

Meskipun awalnya tidak terasa sakit, saat abses terjadi di dalam kista ini ada penumpukan nanah sehingga akan membuat kulit luarnya pun menjadi kemerahan atau terjadinya proses peradangan. Penyebabnya bisa dikarenakan penggunaan antiperspirant yang berlebih atau akibat cara yang salah mencukur bulu ketiak.

2. Pembengkakak Kelenjar Getah Bening

Penyebab dan juga arti letak jerawat yang muncul di ketiak adalah adanya pembengkakan kelenjar getah bening. Pembengkakan kelenjar getah bening ini pada umumnya muncul di area leher, ketiak, dan selangkangan. Penyebabnya adalah infeksi oleh virus Epstein Barry, yang ditandai dengan gejala demam, kelelahan parah, keringat berlebih, dan sakit tenggorokan.

Selain itu, benjolan atau jeraawat terasa sakit di ketiak juga bisa disebabkan oleh toxoplasmosis, wabah penyakit pes, dan demam gigitan tikus. Toxoplasmosis sendiri ialah infestasi parasit melalui kotorang kucing yang ditandai dengan gejala sakit tenggorokan dan demam ringan. Sedangkan wabah penyakit pes yang sering muncul di Amerika dan demam gigitan tikus yang sering muncul di Asia, juga disebabkan oleh infeksi bakteri.

3. Rambut Tertekuk

Rambut tertekuk ini disebabkan oleh teknik bercukur yang buruk sehingga membuat rambut tumbuh tertekuk ke dalam. Hal ini yang bisa menimbulkan munculnya benjolan seperti jerawat yang sakit saat disentuh. Ukurannya pun relatif kecil dibanding bisul atau jerawat karena penyebab sebelumnya.

Cara mengatasi jerawat di ketiak terasa sakit

Setelah memahami beberapa penyebabnya di atas, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat di ketiak dengan tepat dan efektif. Berikut ini adalah beberapa cara mudahnya yang bisa kita lakukan sendiri di rumah:

Sponsors Link

  • Cara membersihkan jerawat dengan Lemon adalah salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan jerawat di ketiak secara alami. Caranya pun sangat mudah, yaitu belah buah lemon menjadi dua bagian kemudian gosokkan perlahan pada bagian jerawat dengan gerakan memutar. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Ulangi dua sampai tiga kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.
  • Selanjutnya, yang juga bisa menjadi pilihan adalah menggunakan garam laut halus yang dicampur dengan minyak zaitun. Oleskan secara merata di atas bagian berjerawat, lalu diamkan selama dua menit hingga meresap. Kemudian, setelah garam laut tersebut meresap, bilaslah perlahan dengan air hingga bersih.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.