Sponsors Link

Jerawat di Leher Samping – Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Mengapa segala sesuatu tentang jerawat sangat meresahkan? Jerawat memang bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang jika muncul di wajah. Tetapi jangan salah, wajah bukan satu satunya bagian tubuh yang bisa ditumbuhi jerawat. Bagian yang tersembunyi seperti leher dan punggung juga bisa ditumbuhi oleh jerawat. Kali ini akan dibahas tentang jerawat di leher samping yang pasti sangat meresahkan. Seperti penyebab jerawat di bibir yang berbeda dengan penyebab jerawat pada miss V, inilah penyebab jerawat di leher samping yang harus diwaspadai.

Sponsors Link

Penyebab Jerawat di Leher Samping

  • Rambut Kurang Bersih

Menjaga kebersihan rambut adalah hal yang penting. Rambut dan kulit kepala yang kotor akan mempengaruhi kulit wajah secara langsung. Kotoran dan minyak yang ada di rambut dapat jatuh dan berpindah ke leher, apalagi jika rambut panjang menjuntai melebihi bahu. Maka leher samping yang bersentuhan langsung dengan rambut akan terkena kotorannya dan menjadi jerawat.

  • Kerah Baju Tidak Bersih

Dalam beraktivitas sehari hari, kita tidak bisa lepas dari baju yang berkerah. Entah itu untuk pergi ke kantor atau untuk menghadiri acara acara formal. Kebersihan kerah baju harus Anda perhatikan. Kerah bersentuhan langsung dengan leher bagian samping, yang bisa memperbesar kemungkinan tumbuhnya jerawat. Pakailah baju dengan kerah yang longgar agar kulit leher dapat bernapas dan pori porinya tidak tersumbat.

  • Keringat Berlebih

Mengapa keringat dapat menyebabkan jerawat? Keringat adalah lemak yang terbakar karena aktivitas tertentu yang kita lakukan. Keringat bisa membuat jerawat muncul di area leher. Saat berkeringat pori pori kulit akan terbuka, nah karena pori pori kulit terbuka lebar, besar kemungkinan terjadi penyumbatan pori pori akibat keringat yang bercampur dengan minyak dan kotoran.

  • Bakteri dan Kotoran

Bakteri punya bentuk yang sangat kecil dan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Inilah pentingnya menjaga kebersihan badan, karena kita tidak tahu seberapa banyak bakteri yang ada di tubuh kita, termasuk pada leher samping. Bakteri yang dibiarkan hingga berkembang menjadi sangat banyak akan berkumpul menjadi satu, bercampur dengan kotoran dan akhirnya menyebabkan jerawat yang sangat parah.

  • Alergi Makanan

Ciri ciri jerawat karena alergi makanan sebenarnya mudah dikenali. Jika kulit terasa gatal hingga muncul bisul jerawat setelah memakan makanan tertentu, maka dipastikan Anda terkena jerawat akibat alergi makanan. Jerawat alergi bisa tumbuh dimana saja, termasuk di leher samping.

  • Stress

Salah satu jenis hormon penyebab jerawat akan muncul ketika Anda sedang stress atau tertekan. Stress menganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh dan menyebabkan munculnya jerawat

Gejala Jerawat di Leher Samping Akan Tumbuh

  • Leher Terasa Nyeri

Gejala pertama yang muncul saat jerawat akan tumbuh adalah rasa nyeri. Rasa nyeri yang timbul sama dengan rasa nyeri yang Anda rasakan saat jerawat akan tumbuh di wajah. Rasa nyeri ini biasanya dibarengi dengan permukaan kulit yang sedikit mengeras. Jika sudah terasa gejala ini, Anda sebaiknya melakukan langkah pencegahan agar jerawat tidak timbul semakin besar sampai akhirnya meradang. 

Sponsors Link

  • Leher Samping Terasa Gatal

Gejala lain yang muncul saat jerawat akan tumbuh di leher samping adalah rasa gatal. Apabila leher samping mulai terasa gatal, tahan keinginan untuk menggaruknya. Menggaruk leher yang gatal karena akan ditumbuhi jerawat akan semakin memperparah kondisi kulit Anda. Setelah digaruk kulit akan menjadi sangat merah, bahkan timbul luka lecet. Jika sudah begini akan terjadi iritasi dan jerawat bernanah segera muncul di kulit leher Anda.

  • Adanya Benjolan di Leher Samping

Jerawat tidak langsung membesar saat tumbuh. Biasanya ia berupa benjolan kecil yang muncul seperti bisul. Berhati hatilah jika benjolan semacam ini muncul di leher samping Anda. Itulah bibit jerawat yang bisa tumbuh membesar jika tidak segera ditangani dengan tepat. Kompres dengan es batu atau oleskan pasta gigi pada benjolan bibit jerawat yang mungkin muncul.

Cara Mengatasi Jerawat di Leher Samping

  • Lidah Buaya

Berbicara tentang manfaat lidah buaya untuk jerawat pasti sudah banyak yang tahu. Lidah buaya kaya akan kandungan anti bakteri dan anti virus yang sangat baik untuk membunuh bakteri yang ada pada jerawat dan menghentikan bakteri untuk terus tumbuh dan berkembang. Senyawa alami dalam lidah buaya mampu memberikan efek menenangkan, sehingga mengurangi efek peradangan pada jerawat.

Ambil sepotong lidah buaya segar, cukup untuk jerawat di leher Anda. Cuci bersih lalu buang kulitnya. Oleskan gel lidah buaya ke jerawat yang ada di leher, biarkan selama semalam. Bilas saat Anda mandi keesokan harinya. 

Sponsors Link

  • Lemon

Sebagai bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan jerawat, tentu saja banyak manfaat lemon untuk jerawat yang bisa Anda rasakan. Lemon kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk kulit. Lemon merangsang pertumbuhan kolagen yang bisa membuat kulit tampak awet muda. Vitamin C juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah secara alami.

Siapkan 1/2 buah lemon lalu peras airnya saja. Campurkan dengan sedikit air, lalu celupkan kapas bersih ke dalamnya. Kompreskan kapas yang sudah dicelupkan ke daerah jerawat yang ada di leher. Diamkan selama semalaman, lakukan hingga jerawat di leher samping menghilang.

  • Minyak Zaitun

Anda yang sering punya masalah dengan jerawat pasti sudah tidak asing lagi dengan minyak zaitun. Banyak manfaat yang bisa dirasakan jika Anda merawat kulit dengan minyak zaitun. Minyak zaitun bisa menghaluskan kulit dan memperbaiki tekstur kulit yang rusak akibat jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun cukup mudah. Pilih minyak zaitun alami atau extra virgin yang belum banyak dicampuri bahan kimia. Oleskan minyak zaitun secara langsung di jerawat yang ada di leher. Lakukan di malam hari dan diamkan sampai keesokan harinya. Minyak zaitun bisa menyembuhkan jerawat yang ada di leher dengan sangat cepat.

Itulah dia penjelasan tentang jerawat di leher yang belum banyak diketahui orang. Mulai sekarang berhati hatilah dalam menjaga kebersihan tubuh Anda ya. Ingat bahwa banyak kebiasaan penyebab jerawat yang harus Anda hindari demi mendapatkan kulit bersih mulus tanpa jerawat.

Jerawat bisa muncul di mana saja, bukan hanya di wajah. Jaga kebersihan seluruh tubuh Anda agar jerawat tidak mau mendekat. Rawat kulit dengan baik, menggunakan bahan alami atau krim perawatan dokter. Jerawat memang masalah kulit yang meresahkan. Nah maka dari itu jaga selalu kebersihan kulit dan rawat kulit Anda dengan baik ya!

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Jenis
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.