Sponsors Link

Jerawat di Liang Telinga Sakit, Apakah Bahaya?

Sponsors Link

Jerawat tak hanya menyerang anggota tubuh seperti punggung, pipi, tangan, hidung atau dahi, tetapi, juga bisa menyerang liang telinga. Jerawat yang ada di liang telinga ini bisa menyebabkan beberapa pertanda-pertanda. Pada artikel ini akan dibahas pertanda-pertanda dan cara mengatasi jerawat yang ada di liang telinga. Simak, baik-baik ya!

Tanda Jerawat di Liang Telinga

Pertanda jerawat-jerawat di liang telinga adalah sebagai berikut:

  • Pertanda kebersihan telinga kurang terjaga

Jika ada jerawat di telinga dekat anting berarti Anda kurang memperhatikan kebersihan pada telinga Anda. Tak hanya mengakibatkan jerawat, kotoran, debu, dan bakteri bisa menggangu alat pendengaran Anda. Debu ini bisa disebabkan dari sprei atau sarung bantal yang tidak diganti secara berkala, earphone kurang bersih, hingga kebersihan saat mencuci rambut. Telinga lembab inilah yang memungkinkan jamur dan bakteri tumbuh di telinga.

  • Pertanda trauma di telinga

Trauma yang dimaksud disini adalah saat telinga pernah memiliki luka goresan atau gigitan serangga sehingga memunculkan benjolan seperti jerawat. Sebaiknya Anda tidak menyentuh atau memencet benjolan tersebut sebab liang telinga akan semakin menimbulkan efek samping.

  • Pertanda ada peradangan

Peradangan pada telinga juga bisa memunculkan jerawat bahkan hingga mengeluarkan nanah dan rasa sakit yang berlebihan. Sebaiknya segera periksakan ke dokter THT untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jerawat bernanah ini termasuk dalam gejala yang berbahaya hingga merusak gendang telinga.

  • Pertanda ada gangguan kulit atau organ dalam

Gangguan kulit juga menjadi pertanda bahaya jerawat di telinga Anda memiliki jerawat. Oleh karena itu, perhatikan secara baik-baik kulit dan organ dalam Anda jika memang jerawat mulai muncul pada liang telinga.

Cara Mengatasi Jerawat di Liang Telinga

Setelah mengetahui beberapa pertanda jerawat di liang telinga, berikut ini adalah cara untuk mengatasinya:

  1. Madu dan kayu manis

Madu dan kayu manis kaya akan sifat antimikroba dan anti inflamasi sehingga membantu mencegah rasa sakit dan pembengkakan yang berkaitan dengan jerawat. Caranya cukup mudah yakni dengan mencampurkan 1 sendok the madu dan setengan sendok teh bubuk kayu manis. Aduk rata lalu oleskan ke area yang berjeawat. Diamkan selama 10 menit hingga kering kemudian basuh dengan air hangat. Ulangi tahap ini sekali atau dua kali selama satu hari.

2. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh memiliki anti bakteri yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat di liang telinga. Selain itu, minyak pohon teh juga menenangkan dan mengurangi kemerahan akibat jerawat. Caranya cukup mudah, yakni dengan mencairkan minyak pohon teh menggunakan air dengan perbandingan 1:10. Aduk rata, lalu masukkan kapas kedalamnya. Tempelkan bola kapas ke jerawat dan tahan selama 10 menit. Ulangi 2-3 kali sehari.

3. Kunyit

Kunyit adalah obat jerawat alami yang berfungsi untuk menyembuhkan jerawat. Caranya dengan mencampukan kunyit dan madu dengan jumlah yang sama. Aduk rata lalu oleskan ke bagian yang berjerawat. Bairkan campuran ini semalaman pada jerawat Anda. Keesokan harinya, bilas menggunakan air dingin. Untuk obat minum, Anda bisa mencampurkan 1 sendok kunyit ke dalam 1 gelas susu hangat dan minum sebelum tidur untuk mencegah jerawat.

4. Neem

Neem atau Lilac India memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri sebagai salah satu solusi terbaik untuk jerawat. Caranya dengan menggiling daun neem hingga membentuk pasta. Tambahkan bubuk kunyit lalu oleskan ke jerawat. Diamkan beberapa saat, lalu bilas menggunakan air bersih.

Demikian jerawat di liang telinga dan semoga bermanfaat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Jenis
Search
Tips Kecantikan Untuk Wanita

Punya Komedo yang membandel?? Ternyata bawang putih sangat berkhasiat loh untuk menghilangkannya. Dicoba yuk!