Sponsors Link

Jerawat di Mata – Penyebab, Cara Mengatasi dan Pencegahan

Sponsors Link

Jerawat yang terdapat di mata biasanya dikenal dengan nama bintitan. Bintitan memang tidak memiliki ciri-ciri yang jelas sehingga bisa saja dalam satu malam mata Anda sudah mengalami bintitan. Kehadiran jerawat yang ada di mata sama sekali tidak boleh diabaikan karena hal takutnya akan semakin memperparah dari kondisi jerawat tersebut. Jerawat disebabkan karena beberapa faktor, namun untuk jerawat pada mata bisa juga disebabkan karena bakteri yang menyumbat folikel rambut sehingga menimbulkan bintitat. Untuk Anda yang belum tahu ciri-ciri dari jerawat di mata maka berikut ini ulasannya untuk Anda :

Sponsors Link
  • Mata menjadi mudah untuk untuk mengeluarkan air mata bahkan di saat-saat tidak Anda duga.
  • Sekitar daerah mata berubah menjadi warna merah.
  • Kelopak mata menjadi bengkak akibat jerawat yang tumbuh pada daerah mata.
  • Adanya rasa nyeri pada mata saat bagian mata tertekan atau di tutup.

Ciri-ciri jerawat dimata ini jika Anda menemukannya pada mata harap segera melakukan tindakan yang tepat.

Artikel terkait :

Penyebab Jerawat di Mata

Jerawat dimata dapat disebabkan karena beberapa faktor yang berkaitan dengan faktor luar dari tubuh. Berikut ini penyebab jerawat di mata antara lain :

1.Tangan kotor

Tangan merupakan salah satu anggota badan yang paling banyak digunakan untuk melakukan segala macam kegiatan. Oleh sebab itu kebersihan tangan sangat diragukan jika Anda belum membersihkannya dengan cairan pembersih tangan. Dan salah satu kebiasaan yang sering dilakukan adalah saat mata terasa gatal Anda akan langsung menggosoknya dengan tangan, tanpa peduli apakah tangan dalam keadaan bersih atau tidak. Untuk itu sebaiknya memperhatikan kebersihan tangan terlebih dahulu sebelum menggosokkannya ke mata. Karena cara ini bisa saja membuat jerawat pada mata Anda.

Artikel terkait :

2. Make up sekitar mata

Penyebab jerawat pada mata yang kedua adalah penggunaan make up. Make p memang merupakan salah satu kelengkapan para wanita untuk menyempurnakan penampilannya. Oleh sebab itu banyak wanita yang merasa tidak percaya diri jika tidak menggunakan make up terlebih ketempat yang umum. Namun penggunaan make up yang berlebihan terutama disekitar mata dapat menimbulkan jerawat. Contohnya penggunaan eye liner dan maskara. Satu lagi setelah selesai beraktifitas dengan menggunakan make up jangan lupa untuk selallu bersihkan make up dengan sempurna untuk mencegah jerawat pada mata.

Artikel terkait :

3. Lensa kontak

Tahukah Anda bahwa penggunaan lensa kontak ternyata juga menjadi penyebab dari timbulnya jerawat pada mata. Lensa kontak berguna untuk melihat dengan jelas bagi Anda yang memiliki masalah pada mata. Ibaratnya lensa kotak memiliki manfaat yang sama dengan kaca mata namun dalam bentuk yang lain. Lensa kontak digunakan untuk membuat kesan Anda tampil lebih cantik. Karena warna lensa kontak sangat beragam dan Anda dapat memilih warna yang sesuai untuk Anda sendiri. Ada baiknya untuk penggunaan lensa kontak dibatasi jika memang tidak begitu penting, Anda bisa menggunakan kacamata jika hanya untuk aktifitas diluar rumah.

4. Kelainan air mata

Kelainan air mata juga bisa menjadi penyebab dari timbulnya jerawat pada mata. Biasanya kelainan air mata ini disebabkan karena penyumbatan sistem drainase lakrimal. Sistem drainase lakrimal ini menjadikan jumlah air mata menjad berlebih atau sedikit saja.

Artikel terkait :

Sponsors Link

5. Ruangan ber-ac

Bekerja diruangan yang ber-ac memang terasa menyejukkan terlebih lagi pada saat itu suhu diluar sangatlah panas. Namun ternyata dibalik itu semua penyebab jerawat di mata dapat disebabkan karena berada diruangan ber-ac terlalu lama. Solusi yang terbaik untuk Anda adalah dengan sesekali cobalah keluar ruangan untuk mencari suasana suhu yang lebih normal sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat pada mata.

6. Mata kering

Penyebab jerawat yang keenam pada mata adalah mata kering. Mata kering terjadi akibat dari berkurangnya kelembapan pada mata. Sehingga mata kering akan terasa perih dan merah. Kondisi ini dapat membuat jerawat tumbuh dimata lebih cepat karena kondisi yang mendukung. Untuk mengatasi mata yang kering ada baiknya bagi Anda untuk meneteskan obat tetes mata yang bertujuan untuk melembapkan mata sehingga dapat mencegah mata kering.

7. Bakteri stafilokokus

Penyebab jerawat dimata yang ketujuh adalah bakteri. Bakteri ini bernama stafilokokus yang bekerja dengan menginfeksi akar bulu mata dan kelenjar minyak sehingga jerawat dapat muncul. Mencegah perkembangbiakan bakteri ini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan mata dan daerah yang berada di sekitar mata.

(Baca juga : Bakteri penyebab jerawat)

Itulah beberapa penyebab dari timbulnya jerawat pada mata, Anda yang peduli dengan kesehatan mata tentu akan berusaha menjauhi faktor-faktor yang dapat mengakibatkan timbulnya jerawat pada mata.

ads

Cara Mencegah Jerawat di Mata

Setelah membahas mengenai penyebab dari timbulnya jerawat pada mata, maka langkah yang tepat adalah untuk melakukan pencegahan lebih awal. Pencegahan memang lebih penting untuk menjaga kesehatan mata. Berikut ini cara mencegah jerawat di mata antara lain adalah sebagai berikut :

1. Tidak mengosok mata dengan tangan

Mencegah jerawat pada mata yang pertama adalah tidak menggosok mata dengan menggunakan tangan saat kondisi tangan sedang tidak bersih. Ada baiknya sebelum menggosok mata dengan tangan bersihkan tangan terlebih dahulu dengan menggunakan pembersih. Hal ini merupakan cara pertama untuk mencegah jerawat pada mata. Karena ditakutkan tangan yang tidak bersih mengandung bakteri yang dapat menimbulkan bintitan atau jerawat di mata.

2. Menggunakan pelembap mata

Pelembap mata atau dikenal juga sebagai obat tetes mata memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan pada mata. Karena bagi sebagian orang cenderung memiliki kondisi mata yang mudah kering. Ini bisa disebabkan karena kurangnya produksi air mata oleh mata itu sendiri. Jadi menggunakan pelembap mata dapat membantu Anda untuk mencegah jerawat pada mata. Untuk sekarang jika ingin menggunakan obat tetes mata atau pelembap mata bisa dibeli diapotik-apotik terdekat. Cara ini baik sekali untuk membantu mengatasi rasa gatal-gatal, perih dan mata merah akibat kondisi mata yang kering.

Artikel terkait :

Dua cara mencegah jerawat pada mata ini bisa Anda praktekkan utuk menjaga mata tetap sehat tanpa merasa ada gangguan pada mata seperti jerawat.

Cara Mengatasinya Jerawat di Mata

Jerawat yang timbul dimata memang dapat menganggu pemandangan, belum lagi jika ukuran jerawat cukup besar sehingga dapat menganggu penglihatan Anda. Untuk itu jika terdapat jerawat pada mata ada baiknya bagi Anda untuk mengatasi segera mungkin sebelum kondisi jerawat semakin besar. Berikut ini cara mengatasi jerawat di mata dengan cara yang sederhana dan dapat dipraktekkan dirumah antara lain :

1.Air hangat

Air hangat memang berguna untuk mengempeskan jerawat dan mencegah berkembangnya bakteri yang menjadi penyebab dari timbulnya jerawat. Air hangat memang dapat mengatasi jerawat dimata. Adapun berikut ini langkah-langkah dalam menggunakan air hangat untuk mengatasi jerawat pada mata sebagai berikut :

  • Bersihkan wajah Anda secara keseluruhan terlebih dahulu, kemudian keringkan dengan menggunakan handuk.
  • Ambil air hangat dan tuangkan kedalam piring kecil.
  • Sediakan kapas kemudian ambil secukupnya kapas dan rendamkan kedalam air hangat dengan cara hati-hati.
  • Air hangat yang digunakan adalah air hangat ngilu kuku.
  • Selanjutnya letakkan kapas yang telah direndam tadi pada jerawat yang ada di mata.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal maka kamu dapat mengulanginya hingga 5 kali. Sedangkan waktu untuk mengompres jerawat dimata dapat dilakukan sebanyak dua sampai dengan tiga kali sehari.

Artikel terkait :

Sponsors Link

2. Tidak memakai lensa kontak

Cara mengatasi jerawat dimata yang kedua adalah dengan tidak menggunakan lensa kontak. Jika selama ini Anda biasa menggunakan lensa kontak maka jika Anda menenukan jerawat ada di mata sebaiknya untuk sementara ini menghindari penggunaan lensa kontak. Karena menggunakan lensa kontak dapat memperparah kondisi jerawat Anda. Ini disebabkan karena lensa kontak berkaitan langsung dengan mata dan dimasukkan kedalam mata.Belum lagi tetesan yang harus diberikan pada mata untuk mencegah mata menjadi iritasi karena penggunaanya. Anjurannya sebaiknya menggunakan kaca mata saja untuk membantu penglihatan Anda. Selain itu menggunakan kaca mata juga akan terasa lebih simpel dan tidak membuat Anda repot.

3. Konsumsi obat pereda sakit

Cara mengatasi jerawat di mata yang ketiga adalah dengan mengonsumsi obat pereda rasa sakit. Jerawat yang timbul pada mata terkadang dapat menganggu penglihatan dan juga membuat daerah sekitar mata terasa sakit. Rasa sakit yang terasa didaerah sekitar mata terjadi akibat peradangan dari jerawat. Dan hal ini umumnya wajah dijumpai pada kasus jerawat yang tumbuh dibagian kulit manapun.

Tujuan dari mengonsumsi obat pereda sakit adalah untuk meringankan rasa sakit yang timbul akibat jerawat. Namun untuk mengonsumsi obat pereda sakit ini ada baiknya berada pada pengawasan dokter. Karena ditakutkan akan menimbulkan efek samping yang negatif bagi Anda nantinya.

Artikel terkait :

Itulah beberapa cara untuk membantu mengatasi jerawat yang tumbuh pada mata Anda. Lakukan dengan baik harga mendapatkan hasil yang optimla.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Jenis