Sponsors Link

Jerawat di Payudara Kiri – Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Siapa bilang jerawat hanya bisa muncul di wajah saja? Bagian tubuh lain juga bisa ditumbuhi jerawat, bahkan bagian yang tersembunyi dan terlindung sekalipun lho. Ya, kaum wanita pasti tidak menyangka jerawat bisa tumbuh di payudara. Bayangkan bagaimana jika payudara tumbuh di area sensitif tersebut? Tentu menyebabkan rasa tidak nyaman dan sangat mengganggu sekali bukan? Karena jerawat di payudara kanan bisa tumbuh, tidak menutup kemungkinan jerawat di payudara kiri bisa tumbuh juga.

Sponsors Link

Jerawat di payudara kiri tentu tidak muncul begitu saja. Ada beberapa hal yang menyebabkan jerawat bisa tumbuh di area tersebut, dan harus bisa dihindari semaksimal mungkin. Inilah beberapa hal yang menyebabkan jerawat di payudara kiri bisa tumbuh.

1. Faktor Hormon

Hormon adalah salah satu faktor internal di dalam tubuh yang bisa menjadi penyebab tumbuhnya jerawat. Ada beberapa kondisi yang membuat jumlah hormon penyebab jerawat muncul. Antara lain adalah saat seseorang sedang beranjak remaja, wanita yang menjelang menstruasi dan selama menstruasi, serta kondisi psikologis yang sedang bermasalah saat stress. Jerawat yang muncul akibat hormon akan hilang dengan sendirinya, segera setelah hormon di dalam tubuh kembali seimbang.

2. Tidak Menjaga Kebersihan

Tahukah Anda apa kebiasaan penyebab jerawat terburuk yang masih dilakukan oleh sebagian besar orang hingga kini? Jawabannya adalah tidak menjaga kebersihan. Salah satu penyebab jerawat di wajah adalah karena seseorang malas mencuci dan membersihkan wajah setelah beraktivitas dan di malam hari sebelum tidur.

Sama halnya dengan jerawat di payudara kiri. Munculnya jerawat menandakan kebersihan tubuh yang kurang dijaga. Untuk mencegah jerawat muncul, mandilah secara rutin setidaknya 2 kali dalam sehari. Mandi akan mencegah penumpukan kotoran di tubuh dan menjaga kulit tetap bersih, jauh dari jerawat.

3. Gangguan Pada Ginjal dan Liver

Bukan hanya sekedar masalah kulit, ada arti letak jerawat tersendiri menurut kesehatan. Jerawat memang bisa menjadi pertanda bahwa kondisi kesehatan sedang tidak baik. Jika jerawat tumbuh di payudara, baik itu kiri maupun kanan, mungkin sedang ada gangguan kecil pada ginjal dan liver. Tentu saja ini bukan masalah kesehatan yang serius. Perbanyak minum air putih, minimal 2 gelas sehari. Juga makanlah tepat waktu dan secara teratur untuk mencegah gangguan pada liver. Meski bukan masalah kesehatan yang serius, tetap saja hal ini tidak bisa diabaikan.

4. Faktor Genetik

Ada faktor penyebab jerawat terus bermunculan selain faktor eksternal seperti kurang menjaga kebersihan atau hormon yang tidak seimbang. Faktor yang juga ikut berperan dalam menyebabkan jerawat adalah genetik atau keturunan. Jika seseorang terlahir dalam keluarga yang memiliki tipe kulit berminyak cenderung berjerawat, maka kemungkinan besar ia akan mengalami masalah yang sama. Faktor genetik tidak bisa dilawan atau dihilangkan, hanya bisa diatasi dengan menghindari hal hal yang bisa menyebabkan jerawat.

Sponsors Link

5. Bra Terlalu Ketat

Banyak wanita memilih untuk menggunakan bra yang ketat agar bentuk dada dan payudaranya tetap indah. Padahal bra yang ketat sangat tidak baik dan tidak disarankan karena tidak baik untuk kesehatan. Penggunaan bra yang ketat membuat kulit kesulitan untuk bernapas. Dengan demikian pori pori kulit lebih mudah tersumbat sehingga menimbulkan munculnya jerawat.

6. Keringat Berlebih

Saat aktivitas meningkat, tentu produksi keringat juga akan meningkat pula. Hal ini menyebabkan keringat berlebih pada tubuh. Saat keringat bercampur dengan debu, kotoran, dan minyak di kulit, akan menyebabkan peradangan sehingga terbentuklah jerawat. Jerawat di payudara adalah hasil dari penumpukan kotoran yang diperparah dengan penggunaan bra yang terlalu ketat.

7. Faktor Makanan

Tidak disangka, makanan ternyata juga berpengaruh terhadap pembentukan jerawat di tubuh. Konsumsi segala jenis makanan penyebab timbulnya jerawat akan membuat jerawat lebih mudah muncul dan dalam jumlah yang banyak. Makanan yang bisa menyebabkan jerawat dengan mudah antara lain adalah makanan pedas, makanan berlemak dan gorengan, serta susu dan semua produk olahannya. Perbanyak makan buah dan sayur yang kaya serat untuk mendapatkan kulit sehat bebas jerawat.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Jerawat dan Bekas Jerawat di Payudara Kiri

Kemunculan jerawat di payudara tidak hanya mengganggu, tetapi juga bisa mengindikasikan kondisi kesehatan yang sedang tidak baik. Inilah beberapa cara menghilangkan jerawat di payudara dengan bahan alami yang bisa dilakukan.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu minyak alami yang dipercaya untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun juga sudah sangat dipercaya oleh kaum wanita. Caranya juga mudah dan sederhana. Oleskan minyak zaitun secukupnya ke jerawat atau bekasnya di payudara. Tunggu selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Cara ini aman untuk dilakukan setiap hari.

  • Lidah Buaya

Semua wanita pasti sudah tahu banyaknya manfaat lidah buaya untuk kulit. Lidah buaya bisa menjadi solusi untuk hampir semua masalah kulit, termasuk jerawat. Gunakan gel lidah buaya untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat di payudara kiri. Oleskan gel lidah buaya setiap hari sampai jerawat hilang.

  • Cuka Sari Apel

Cuka sari apel jika dicampurkan dengan air akan menjadi toner yang ampuh untuk menghilangkan jerawat. Hanya saja, jangan terlalu sering menggunakan cuka sari apel sebagai toner karena kandungannya cukup keras bagi payudara. Cukup gunakan 2 kali seminggu saja.

Itulah penjelasan tentang penyebab jerawat di payudara kiri serta bagaimana cara mengatasi jerawat dan bekasnya. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan adalah cara yang terbaik untuk menghilangkan jerawat. Mulailah gaya hidup sehat dan bersih agar terhindar dari jerawat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab