Sponsors Link

Jerawat di Pipi Pertanda Apa? Ini Jawabannya

Sponsors Link

Siapa saja pasti tidak ingin di wajahnya muncul jerawat, apalagi di area yang terlihat seperti di pipi. Pipi memang menjadi salah satu daerah di wajah yang mudah terkena jerawat, dan jika sudah muncul, jerawat di pipi sulit hilang. Hal ini pasti sangat meresahkan untuk wanita dan pria, karena banyak dampak psikologis akibat jerawat yang harus ditanggung. Munculnya jerawat bisa menyebabkan stress dan rasa percaya diri seseorang akan menurun karena.

Sponsors Link

Pasti banyak wanita yang bertanya jerawat di pipi pertanda apa? Kemunculan jerawat di pipi bisa jadi disebabkan oleh hal hal di bawah ini.

1. Minyak Berlebih di Wajah

Dari berbagai tipe kulit yang ada, kulit berminyak memang yang paling rentan terkena jerawat. Ini berkaitan dengan tingginya produksi minyak di wajah sehingga lebih berpotensi menyebabkan pori pori kulit tersumbat. Minyak berlebih bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di pipi. Lakukan berbagai cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat agar tidak mudah ditumbuhi jerawat.

2. Efek Samping Obat

Jika kaum wanita penasaran jerawat di pipi pertanda apa, salah satu penyebabnya adalah konsumsi jenis obat tertentu. Pil KB termasuk obat yang bisa menyebabkan jerawat muncul di pipi. Jerawat menjadi salah satu efek samping konsumsi pil KB, karena hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang akibat kandungan yang ada di dalam obat tersebut. Konsultasilah pada dokter dan bidan terlebih dahulu untuk menemukan pil KB yang tepat dan minim efek samping.

3. Faktor Hormonal

Seperti yang diketahui, hormon yang tidak seimbang menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat. Hormon penyebab jerawat muncul di beberapa kondisi tertentu, misalnya saat remaja sedang tumbuh dewasa atau saat wanita menjelang dan sedang menstruasi. Jaga kebersihan kulit dengan lebih ekstra di saat saat tersebut agar dampak dari peningkatan hormon penyebab jerawat tidak terlalu dirasa.

4. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Di antara berbagai jenis makanan penyebab timbulnya jerawat yang harus dihindari, salah satunya adalah makanan manis yang banyak mengandung gula. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis dan susu beserta produk olahannya memicu munculnya jerawat di wajah, termasuk di area pipi. Kurangi konsumsi makanan yang manis serta jenis makanan lain seperti makanan pedas dan dan berbagai produk susu.

5. Efek Samping Kosmetik

Hampir tidak ada wanita yang tidak bisa lepas dari kosmetik. Memakai kosmetik memang sudah menjadi kebiasaan wajib bagi seorang wanita. Padahal kandungan bahan kimia yang ada di dalam kosmetik membawa dampak yang buruk bagi kulit wajah. Terlebih lagi sisa sisa kosmetik di wajah bisa menyebabkan penyumbatan pada pori pori yang meradang sehingga memicu pertumbuhan jerawat. Ketahui cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik yang tepat agar dampak jerawat tidak semakin parah.

Sponsors Link

6. Stress

Kondisi psikologis seseorang mempengaruhi pertumbuhan jerawat di wajahnya. Saat sedang stress, kadar hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang sehingga jerawat mudah muncul. Stress menyebabkan jerawat memang hal yang tidak bisa dihindari. Hindari stress akibat pekerjaan atau masalah lain karena hal tersebut memancing peningkatan produksi minyak pada kelenjar kulit di pipi. Tidak hanya jerawat, produksi minyak yang semakin meningkat juga bisa menyebabkan munculnya komedo.

7. Tidak Menjaga Kebersihan Wajah

Salah satu faktor utama yang menyebabkan jerawat muncul di pipi adalah kebersihan wajah yang kurang terjaga. Kotoran dan debu yang menempel di kulit wajah tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena bisa menyumbat pori pori. Tidak hanya debu, sisa kosmetik dan penumpukan minyak wajah juga bisa menjadi kotoran yang menyebabkan munculnya jerawat. Bersihkan kulit wajah setelah beraktivitas dan jangan biarkan kosmetik menempel terlalu lama di kulit wajah agar tidak berjerawat.

8. Penggunaan Handphone

Penggunaan handphone memang tidak bisa dilepaskan dari siapapun. Handphone menjadi saran komunikasi yang utama bagi seseorang. Namun terlalu sering bertelepon dengan menggunakan handphone bisa menyebabkan jerawat di pipi jadi tumbuh lebih banyak. Layar handphone memiliki banyak bakteri yang tak terlihat, dan bakteri tersebut menempel di kulit pipi saat bersentuhan dengan layar. Kurangi penggunaan handphone jika tidak terlalu diperlukan. Usahakan menggunakan handsfree saat bertelepon untuk mengurangi intensitas kontak antara pipi dengan layar handphone.

Sponsors Link

9. Alergi

Alergi bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa makanan, penggunaan obat, bahkan kosmetik. Begitu pula dengan dampak yang bisa ditimbulkan oleh alergi. Salah satu reaksi alergi yang mungkin muncul adalah jerawat. Salah satu ciri ciri jerawat karena alergi yang paling mudah dikenali adalah munculnya hanya saat kita bersentuhan dengan zat alergen, seperti makanan. Untuk mencegah munculnya jerawat akibat alergi, jauhi semua makanan, obat, dan jenis kosmetik yang bisa menyebabkan alergi.

10. Gangguan Kesehatan

Disamping semua penyebab yang telah disebutkan di atas, ada pula arti letak jerawat berdasarkan kesehatan lho. Jerawat yang muncul di pipi menandakan bahwa kesehatan pencernaan sedang tidak baik. Mungkin Anda sedang maag atau asam lambung sedang tinggi. Jerawat juga bisa menjadi pertanda bahwa ada masalah ringan di bagian liver. Perbanyak minum air putih serta makanan kaya serat seperti buah dan sayur.

Cara Menghilangkan Jerawat di Pipi Secara Alami

Jerawat di pipi tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Berikut beberapa bahan alami untuk menghilangkan jerawat tersebut:

  1. Es Batu. Suhu beku es batu dapat membekukan bakteri yang ada pada jerawat dengan sangat efektif. Dengan demikian jerawat tidak akan tumbuh lagi dengan mudah di pipi.
  2. Lemon. Di dalam buah lemon terdapat kadar asam sitrat yang tinggi beserta vitamin C. Asam sitrat adalah zat anti bakteri untuk menghilangkan jerawat, sedangkan vitamin C membantu menghilangkan jerawat agar tidak berbekas dan kulit tetap cerah alami.
  3. Lidah Buaya. Lidah buaya mampu menghilangkan jerawat dengan cepat karena memiliki kandungan anti peradangan dan anti bakteri yang tinggi. Lidah buaya sangat cocok digunakan oleh kulit yang sensitif sekalipun.

Setelah mengetahui jerawat di pipi pertanda apa, sekarang sebaiknya Anda semua lebih berhati hati dan menghindari semua kebiasaan penyebab jerawat yang berbahaya. Terapkan gaya hidup sehat agar kulit bisa terhindar dari jerawat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.