Sponsors Link

Jerawat di Punggung Pertanda Apa? Ini Jawabannya

Sponsors Link

Jerawat bisa tumbuh di mana saja, tidak peduli tempatnya. Bahkan bagian tubuh yang tersembunyi seperti punggung tidak lepas dari ancaman jerawat. Kelihatannya jerawat di punggung memang bukan masalah besar karena bagian tersebut tidak terlihat dari luar. Namun siapa sangka munculnya jerawat di punggung justru menyebabkan rasa sangat tidak nyaman, terutama saat beraktivitas.

Sponsors Link

Karena punggung adalah bagian yang tidak biasa ditumbuhi jerawat, pasti akan timbul pertanyaan jerawat di punggung pertanda apa? Eits, jangan panik dulu, ini dia penyebab jerawat di punggung yang harus diwaspadai:

1. Iritasi Kulit

Jerawat di punggung sebenarnya adalah masalah kulit yang cukup berbahaya dan mengkhawatirkan lho. Bagaimana tidak, saat jerawat muncul di punggung, mungkin saja hal itu menandakan kulit sedang mengalami iritasi. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kulit iritasi, antara lain adalah:

  • Pakaian yang terlalu ketat, karena membuat pori pori kulit menjadi sulit bernapas. Akibatnya, keringat yang dihasilkan saat beraktivitas menumpuk dan kondisi kulit menjadi semakin lembab. Kelembaban ini memicu peningkatkan produksi minyak pada kulit dan merangsang pertumbuhan bakteri.
  • Keringat berlebih yang dihasilkan oleh cuaca atau aktivitas bisa memicu iritasi yang menyebabkan jerawat. Jika hal ini ditambah dengan bahan pakaian yang tidak menyerap keringat, minyak akan bersatu dengan keringat dan bakteri, menyumbat pori pori yang merupakan awal dari terbentuknya jerawat.
  • Jarang mengganti sprei atau tidak mencuci baju dengan benar benar bersih. Akibatnya sisa kotoran menempel di punggung.

2. Kelebihan Beban Pada Punggung

Jika bertanya jerawat di punggung pertanda apa? Jawabannya bisa jadi sangat erat kaitannya dengan aktivitas sehari hari. Jerawat bisa disebabkan karena beban yang terlalu berat sering menempel di punggung. Mungkin saja Anda beraktivitas dengan menggunakan tas ransel, sehingga semua beban diletakkan di punggung. Tas ransel menghalangi kulit punggung untuk bernapas. Sebagai akibatnya, pori pori kulit punggung tersumbat oleh kelebihan beban dan menimbulkan jerawat.

3. Kelainan Pada Hormon

Pengetahuan akan hormon penyebab jerawat memang sangat penting. Kelebihan hormon tertentu, kelainan hormon, dan hal lain yang menyebabkan hormon tidak seimbang akan meningkatkan resiko tumbuhnya jerawat. Hormon biasanya sangat erat kaitannya dengan fase tertentu di dalam tubuh. Misalnya seseorang yang tumbuh dewasa sehingga terjadi banyak perubahan hormon di dalam tubuh, wanita yang mengalami menstruasi, hingga seseorang yang sedang mengalami stress berat.

Sponsors Link

4. Pembentukan Limpoma

Jangan menganggap setiap jerawat yang muncul di punggung adalah jerawat biasa lho. Bisa saja jerawat tersebut adalah awal dari kemunculan limpoma yang berbahaya. Limpoma adalah sebuah benjolan di kulit yang mirip dengan jerawat. Munculnya limpoma adalah akibat dari pertumbuhan lemak antara kulit dengan otot yang sangat lambat. Jangan memencet jerawat jika tidak ingin merasakan bahaya memencet jerawat dan membuatnya semakin sulit disembuhkan.

5. Pembentukan Abses

Selain limpoma, jerawat di punggung juga bisa menunjukkan indikasi munculnya abses di tubuh. Abses adalah nanah yang terkumpul di suatu titik di bagian tubuh, menimbulkan pembengkakan seperti jerawat yang berisi nanah. Infeksi semacam ini biasanya muncul karena penumpukan bakteri pada kulit. Abses adalah masalah kulit yang cukup serius dan tidak bisa disembuhkan dengan cara yang mudah. Perlu pertolongan dari dokter untuk menyembuhkan abses secara total.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah abses di punggung adalah melalui berbagai cara berikut ini:

  • Makan makanan bergizi serta menjauhi makanan penyebab timbulnya jerawat seperti makanan pedas, makanan berlemak, dan berbagai produk olahan susu.
  • Mandi 2 kali sehari untuk mencegah penumpukan kotoran pada kulit.
  • Menerapkan gaya hidup sehat dengan olahraga. 
    Sponsors Link

6. Masalah Pencernaan

Jerawat yang muncul di area punggung atas dan punggung bawah bisa menjadi indikasi masalah pencernaan. Tentu saja bukan masalah pencernaan yang serius. Jika jerawat muncul di punggung, cobalah mengganti makanan yang sehat seperti memperbanyak buah dan sayur. Masalah pencernaan hingga menimbulkan jerawat di punggung biasanya berkaitan dengan penyakit maag atau asam lambung yang sedang tinggi.

7. Stress

Kondisi psikologis ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan kulit lho. Tidak percaya? Fakta ilmiah menunjukkan bahwa stress menyebabkan jerawat memang benar adanya. Saat seseorang stress, hal tersebut mempengaruhi jumlah hormon yang ada di dalam tubuhnya. Seperti diketahui, jika hormon di dalam tubuh tidak seimbang, jerawat akan lebih mudah muncul. Hindari stress yang berlebihan karena dampaknya bagi kesehatan kulit juga sangat buruk.

8. Gangguan Kesehatan Kulit

Jerawat adalah bakteri dan minyak yang meradang di kulit. Munculnya jerawat berarti kesehatan kulit sedang terganggu. Jika segala cara menghilangkan jerawat punggung tidak mempan, segera periksa ke dokter kulit. Mungkin saja ada gangguan kesehatan kulit lain yang lebih serius dari jerawat.

9. Faktor Genetik

Seseorang yang memiliki keturunan kulit berjerawat terbukti lebih rentan terkena jerawat daripada mereka yang tidak. Faktor genetik adalah salah satu dari banyaknya penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Jika keluarga Anda memang memiliki tipe kulit yang cenderung berjerawat, maka kemungkinan besar gen tersebut menurun.

Cara Mengatasi Jerawat Punggung

Punggung memang bagian yang tidak terlihat dari luar. Tapi tetap saja jerawat tersebut harus segera dihilangkan karena menyebabkan rasa yang sangat tidak nyaman. Inilah cara mengatasi jerawat di punggung agar tidak mudah tumbuh:

  • Menjaga Kebersihan Badan.  Tubuh yang bersih tidak akan mudah ditumbuhi oleh jerawat. Jagalah kebersihan badan dengan mandi minimal 2 kali sehari, terutama setelah seharian beraktivitas. Mandi membatu mengikiskan kotoran pada kulit.
  • Sabun Anti Bakteri. Jika ingin kulit bersih dengan sempurna, gunakan sabun anti bakteri saat mandi. Ada banyak merk sabun untuk menghilangkan jerawat di punggung seperti sabun JF Sulfur untuk jerawat punggung yang banyak dijual di pasaran.
  • Pakaian yang Menyerap Keringat. Tidak hanya kotoran, jerawat punggung bisa muncul karena keringat yang menumpuk di dalam pakaian. Pilih bahan pakaian yang bisa menyerap keringat dengan baik, seperti kain katun. Hindari kain berbahan tebal yang menyebabkan kondisi kulit menjadi lembab.

Itulah jawaban atas pertanyaan jerawat di punggung pertanda apa, yang ternyata sangat berhubungan dengan kebersihan badan. Jerawat memang hasil dari penumpukan bakteri dan kotoran yang menyumbat pori pori kulit. Nah agar punggung tidak berjerawat, yuk jaga kebersihan diri mulai dari sekarang.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.