Sponsors Link

Jerawat di Telinga Dekat Anting – Bahaya dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Mengalami masalah jerawat memang sering mengganggu aktivitas sehari-hari, karena selain menimbulkan dampak psikologis akibat jerawat seperti berkurangnya kepercayaan diri namun masalah jerawat terkadang juga menandakan suatu bahaya atau masalah lain didalam tubuh. Salah satunya adalah jerawat di telinga dekat anting, dimana banyak asumsi yang mengatakan bahwa jerawat di telinga juga menandakan beberapa masalah dalam tubuh. Oleh sebab itulah, anda perlu berhati-hati dalam mengatasi masalah jerawat di telinga dekat anting, serta perlu juga mengetahui pertanda atau bahaya apa munculnya jerawat di telinga dekat anting. Maka dari itu berikut ini akan dibahas mengenai jerawat di telinga dekat anting beserta bahaya dan cara mengatasinya.

Sponsors Link

Bahaya Jerawat di Telinga Dekat Anting

Jerawat yang muncul di telinga dekat anting dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab, baik dari dalam maupun dari luar tubuh. Beberapa penyebab diantaranya seperti kurangnya menjaga kebersihan telinga dan rambut, adanya suatu trauma daun telinga, terlalu sering mengonsumsi makanan penyebab timbulnya jerawat dan lain sebagainya. Lalu apakah benar jerawat di telinga dekat anting itu berbahaya? Berikut penjelasannya.

Suatu jerawat muncul di berbagai bagian tubuh memang tidak dapat diprediksi sebelumnya, banyak sekali asumsi-asumsi yang menyatakan mengenai letak munculnya jerawat yang berhubungan dengan kesehatan organ didalam tubuh. Tidak terkecuali adalah jerawat di telinga, termasuk juga jerawat di telinga dekat anting. Jerawat yang muncul di telinga dekat anting dapat mengidentifikasi beberapa hal terjadi didalam tubuh, seperti:

  • Trauma Pada Daun Telinga

Salah satu bahaya jerawat di telinga dekat anting adalah terjadinya suatu trauma pada daun telinga. Dimana trauma ini dapat disebabkan karena aktivitas pierching atau menindik telinga. Jerawat yang muncul merupakan efek dari trauma pada daun telinga yang terjadi, sehingga perlu bagi anda untuk memastikan kebersihan jarum tindik yang digunakan. Selain karena adanya proses menindik telinga, jerawat yang muncul juga dapat menandakan bahwa anting yang anda gunakan kotor. Anting yang kotor dapat memicu persebaran bakteri penyebab jerawat, sehingga dapat menyebabkan iritasi dan penyumbatan pada kulit daun telinga anda. Kondisi tersebut dapat berbahaya dan menimbulkan jerawat di telinga dekat anda.

  • Gangguan Organ Dalam

Bahaya jerawat di telinga dekat anting yang kedua adalah adanya kemungkinan gangguan organ dalam tubuh anda. Beberapa sumber menyatakan bahwa jerawat yang muncul di telinga merupakan suatu indikasi adanya gangguan pada organ ginjal dalam tubuh anda. Mengapa demikian? Karena telinga memiliki kaitan yang erat dengan bagian tangan dan kaki yang juga berhubungan erat dengan hati, kantung empedu, dan juga hati. Oleh sebab itulah, ketika terjadi gangguan pada organ-organ dalam tersebut, akan ada kemungkinan timbulnya benjolan mirip jerawat pada telinga sebagai suatu pertanda.

Itulah dua bahaya jerawat di telinga dekat anting yang perlu anda waspadai. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika anda mengkonsultasikan jerawat di telinga dekat anting anda agar dapat secara pasti mengetahui apakah jerawat anda berbahaya atau tidak. Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat di telinga dekat anting? Berikut beberapa diantaranya.

Mengatasi Jerawat di Telinga Dekat Anting

Beberapa cara mengatasi jerawat di telinga dekat anting dapat sangat mudah anda lakukan, yang paling penting andalah jangan sekali-kali memencet jerawat di telinga dekat anting anda. Karena terdapat pula bahaya memencet jerawat, seperti memicu timbulnya jerawat lainnya, menyebabkan infeksi dan bekas jerawat, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, berikut ini ada beberapa cara mengatasi jerawat di telinga dekat anting yang dapat anda coba:

  1. Menjaga Kebersihan Telinga, Anting atau Aksesoris, dan juga Rambut

Cara mengatasi jerawat di telinga dekat anting yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan telinga, anting, serta rambut anda. Hal ini dimaksutkan agar tidak ada penyebaran bakteri yang dapat menyebabkan jerawat pada telinga anda. Anda juga perlu memperhatikan kebersihan anting yang anda gunakan.

  1. Kompres Air Hangat

Anda juga dapat mengatasi jerawat di telinga dekat anting dengan rutin melakukan kompres air hangat. Lakukan secara berhati-hati jangan sampai jerawat anda terlalu tertekan dan pecah.

  1. Benzoyl Peroxide

Menggunakan salep atau obat jerawat juga dapat anda gunakan pada jerawat di telinga dekat anting, salah satunya adalah dengan salep yang berbahan Benzoyl Peroxide. Bahan dasar ini memang merupakan obat jerawat yang dipercaya paling efektif dan ampuh dalam mengatasi masalah jerawat.

  1. Konsultasi Dokter

Cara mengatasi jerawat di telinga dekat anting yang terakhir adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter, sehingga dapat dilakukan tindakan yang aman dan sesuai dengan kondisi jerawat di telinga dekat anting anda.

Demikian ulasan mengenai jerawat di telinga dekat anting, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan jerawat di telinga dekat anting dapat diatasi dengan benar.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.