Sponsors Link

Jerawat Gatal Tanda Sembuh? Berikut Faktanya

Sponsors Link

Masalah jerawat memang tidak habis-habisnya menjadi masalah yang wajib di bahas, terutama bagi kaum remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan. Timbulnya jerawat pun tidak hanya sebatas munculnya benjolan kecil pada kulit, namun banyak juga jerawat yang menimbulkan rasa gatal. Walaupun begitu banyak yang berasumsi bahwa jerawat gatal merupakan salah satu tanda jerawat akan sembuh, benarkah asumsi tersebut? berikut penjelasannya:

Sponsors Link

Penyebab jerawat muncul sangatlah beragam, bisa karena kondisi kesehatan kulit dan tubuh, perubahan hormon, stress, makan yang dikonsumsi, dan masih banyak lainnya. Oleh sebab itu banyak pula cara pengobatan atau cara mengatasi jerawat yang bisa dilakukan, baik dengan menggunakan obat jerawat maupun penggunaan bahan alami. Jerawat sendiri juga memiliki beberapa fase penyembuhan, beberapa di antaranya adalah:

  • Jerawat bernanah atau berisi darah sebagai tanda bahwa jerawat sudah matang, dimana dalam fase ini biasanya jerawat akan terasa nyeri dan gatal yang tidak tertahankan yang disebabkan adanya perkembangbiakan bakteri didalamnya. Dimana kondisi tersebut merupakan salah satu penyebab jerawat meradang dan bernanah.
  • Jerawat berhenti membesar, dimana jerawat yang belum dalam fase penyembuhan biasanya akan terus bertambah besar ukurannya.
  • Isi jerawat pecah sebagai tanda bahwa jerawat sudah benar-benar matang, sehingga nanah atau darah didalam jerawat akan keluar bersama dengan bakteri yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, rasa nyeri dan gatal pada fase ini sedikit berkurang.
  • Jerawat mulai mengempis karena isi jerawat sudah keluar, pada fase ini biasanya akan timbul pula rasa gatal yang tidak tertahankan namun sudah tidak terasa perih.
  • Luka jerawat mulai mengering dimana merupakan fase terakhir dari penyembuhan jerawat, dan di fase ini biasanya gatal sudah mulai menghilang, namun luka meninggalkan bekas merah pada kulit yang nantinya akan mengelupas sendiri.

Itulah beberapa fase penyembuhan jerawat, yang mana jika dilihat dari beberapa fase diatas maka dapat disimpulkan bahwa jerawat gatal juga bisa menjadi suatu pertanda jerawat akan segera sembuh. Mengapa demikian, karena di beberapa fase penyembuhan jerawat biasanya akan menimbulkan rasa gatal yang tidak tertahankan serta rasa perih. Selain dari fase penyembuhan, jerawat gatal tanda sembuh juga menjadi salah satu ciri-ciri jerawat akan hilang atau sembuh. Beberapa ciri-cirinya adalah:

  • Ukuran jerawat yang sudah tidak membesar lagi
  • Jerawat berisi nanah atau darah
  • Timbulnya rasa nyeri dan gatal
  • Jerawat pecah mengeluarkan isi nanah atau darah dan bakteri didalamnya
  • Luka jerawat mengering dan mengelupas.

Jerawat gatal sebagai salah satu ciri-ciri jerawat akan sembuh disebabkan karena jerawat mulai matang dan bakteri mulai berkembang biak di dalamnya yang biasanya disertai dengan adanya nanah atau darah. Walaupun rasa gatal yang timbul tidak tertahankan, namun sangat dianjurkan untuk tidak menyentuh atau menggaruknya karena dapat menyebabkan luka atau infeksi. Kondisi tersebut yang nantinya dapat menyebabkan jerawat semakin parah dan meninggalkan bekas hitam ketika sembuh.

Meskipun dilihat dari fase penyembuhan jerawat serta ciri-ciri jerawat akan sembuh menunjukkan bahwa jerawat gatal tanda sembuh, namun tetap perlu diwaspadai karena di beberapa kondisi jerawat yang semakin gatal dan terus memerah atau membesar dapat juga menjadi pertanda masalah kulit yang lebih serius. Demikian penjelasan mengenai jerawat gatal tanda sembuh, semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan