Sponsors Link

5 Cara Menghindari Jerawat Karena Hormon Tidak Seimbang

Sponsors Link

Sebagian orang tentu pernah mengalami tumbuhnya jerawat, namun ada beberapa orang yang sering mengalami permasalahan kulit ini. Salah satu penyebab tumbuhnya jerawat adalah dikarenakan ketidakseimbangan hormon. Jerawat karena hormon tidak seimbang ini bisa dialami baik wanita maupun pria. Penyebabnya adalah pengaruh hormon yang biasanya berhubungan dengan sistem reproduksi. Di dalam tubuh itu sendiri, hormon berperan membawa pesan kimiawi antar sel yang beredar dalam sistem peredaran darah manusia. Salah satu hormon yang menyebabkan jerawat adalah hormon androgen, yang dimiliki oleh pria dan juga wanita.

Sponsors Link

Hormon androgen inilah yang mempengaruhi tumbuhnya jerawat, dan biasanya terjadi pada masa pubertas yang membentuk perubahan ciri fisik baik pria maupun wanita menjadi dewasa. Hal ini disebabkan oleh terjadinya peningkatan hormon inilah sehingga kulit memproduksi sebum atau minyak berlebih kemudian muncullah jerawat. Jerawat karena hormon tidak seimbang ini tidak hanya terjadi pada masa pubertas, melainkan juga saat dewasa misalnya pada saat menstruasi, menopouse, obesitas, stres, dan sindrom ovarium polikistik.

Jadi, munculnya jerawat bisa disebabkan oleh terjadinya peningkatan hormon atau ketidakseimbangan hormon. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara mengatasi jerawat semacam ini. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi jerawat karena hormon yang tidak seimbang:

1. Mengurangi Stres

Jerawat karena hormon tidak seimbang bisa disebabkan oleh stres berlebih, misalnya saja stres karena terlalu banyak pekerjaan. Stres ini lah yang mengakibatkan hormon menjadi tidak seimbang sehingga muncul jerawat. Oleh karena itu, kita bisa mengurangi stres misalnya saja dengan refreshing, jalan-jalan, atau sekedar makan bersama teman dan keluarga. Mengurangi stres juga bisa membantu mencegah munculnya jerawat lagi.

2. Menghindari Junk Food

Konsumsi junk food terlalu sering sangatlah tidak baik, hal ini dikarenakan junk food merupakan makanan yang tidak sehat dan juga makanan penyebab jerawat makin parah. Sehingga, perlu kita hindari dan beralih ke makanan-makanan yang lebih sehat. Kandungan gula, lemak, kalori, dan garam yang berlebih, serta zat aditif di dalamnya menjadi alasan mengapa kita perlu menghindari junk food.

3. Konsumsi Teh Hijau

Penyebab jerawat terus bermunculan yang disebabkan oleh hormon tidak seimbang bisa diatasi dari dalam dengan cara mengonsumsi teh hijau. Caranya adalah mengonsumsi teh hijau tanpa gula sebanyak 3 gelas dalam sehari, cara ini akan membuat hormon menjadi lebih stabil. Selain dibuat menjadi minuman, teh hijau juga bisa dijadikan masker alami untuk mengatasi Jerawat sakit saat di sentuh.

4. Mengatur Waktu Tidur

Jerawat karena hormon tidak seimbang bisa juga disebabkan oleh kurangnya waktu tidur. Manusia sebaiknya tidur selama 8 jam saat malam, hal ini bertujuan untuk memaksimalkan fungsi kerja hormon. Apabila kurang waktu tidur maka yang terjadi adalah hormon tidak seimbang. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga dan mengatur waktu tidur kita agar kesehatan tubuh dan kulit tetap terjaga.

5. Mengonsumsi Suplemen dan Probiotik

Mengonsumsi suplemen dan probiotik menjadi salah satu cara mengatasi jerawat karena hormon tidak seimbang dan cara membuat wajah mulus tanpa jerawat dan komedo. Suplemen yang bisa dikonsumsi yaitu suplemen yang mengandung minyak ikan, spirulina, zinc, dan klorofil. Dengan mengonsumsi suplemen ini akan mencegah munculnya jerawat dan membantu meregenerasi sel-sel kulit mati. Sedangkan probiotik seperti yogurt, bisa menyeimbangkan bakteri baik dalam tubuh yang berguna pula untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.