Sponsors Link

Jerawat Keras Tidak Sakit – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Pernahkah anda mengalami jerawat tetapi tidak menimbulkan rasa sakit dan berbentuk keras? Itu tandanya anda sedang mengalami jenis jerawat tipe non-inflammatory. Dimana jenis jerawat ini memang tidak menimbulkan rasa sakit dan cenderung memiliki ukuran yang tetap atau tidak dapat membesar. Selain itu jerawat jenis ini juga biasanya akan bertekstur keras. Lalu apa yang menjadi penyebab jerawat keras tidak sakit tersebut. Sama hal nya dengan penyebab jerawat pada umumnya, kondisi seperti hormon, stress, produksi minyak pada kulit, dan lain sebagainya juga menjadi penyebab munculnya jerawat keras tidak sakit pada wajah anda. Untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi jerawat keras tidak sakit, maka simak ulasan berikut ini.

Sponsors Link

Penyebab Jerawat Keras Tidak Sakit

Segala sesuatu tentang jerawat seperti penyebab jerawat memang perlu di ketahui agar setidaknya dapat menghindari dan mencegah munculnya jerawat. Penyebab jerawat sendiri memang belum secara pasti diketahui, namun beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat sendiri sangat beragam. Beberapa penyebab jerawat keras tidak sakit diantaranya adalah:

  1. Faktor Hormonal

Faktor hormonal merupakan salah satu faktor penting yang menyebabkan atau memicu timbulnya jerawat, seperti adanya peningkatan produksi hormon testosteron. Hormon penyebab jerawat yang terdapat didalam tubuh wanita maupun pria dapat mempengaruhi produksi kelenjar minyak, yang kemudian menyebabkan adanya produksi sebum atau minyak kulit yang berlebihan. Kulit yang terlalu berminyak akan sangat rentang terserang jerawat karena pori-pori kulit akan mudah tersumbat.

  1. Stress

Saat seseorang dalam kondisi banyak pikiran hingga stress maka akan mempengaruhi kondisi hormon di dalam tubuh. Perubahan hormon yang tidak stabil karena stress ini juga akan merangsang kelenjar minyak yang kemudian memicu timbulnya jerawat karena kulit terlalu berminyak.

  1. Faktor Genetik

Faktor genetik atau faktor keturunan juga dapat menjadi penyebab jerawat keras tidak sakit. Ketika anggota keluarga anda memang sering mengalami jerawat dan begitu pula dengan anda, mungkin saja kondisi tersebut memang dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika begitu, maka anda perlu memberikan perhatian yang lebih khusus untuk mencegah jerawat lebih sering muncul.

  1. Kebersihan dan Kesehatan Kulit Tidak Dijaga

Selain karena penyumbatan pori-pori kulit oleh produksi minyak yang berlebih, jerawat juga timbul karena adanya bakteri, kotoran, hingga sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Kondisi tersebut menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit semakin parah, sehingga jerawat tidak dapat di hindari lagi. Terlebih lagi bakteri yang menempel dapat menyebabkan peradangan pada jerawat, dan menyebabkan rasa sakit dari jerawat.

Itulah beberapa penyebab utama timbulnya jerawat seperti jerawat keras tidak sakit. Setelah mengetahui penyebabnya, anda juga perlu mengetahui cara mengatasi jerawat keras tidak sakit tersebut.

Cara Mengatasi Jerawat Keras Tidak Sakit

Sama halnya dengan mengatasi masalah jerawat yang lainnya, anda dapat melakukan cara-cara berikut ini untuk mengatasi jerawat keras tidak sakit:

  1. Rajin Mencuci Muka

Untuk mengatasi jerawat keras tidak sakit yang pertama adalah dengan rajin mencuci muka. Cuci muka anda minimal 2 kali sehari menggunakan sabun muka yang tidak menghasilkan terlalu banyak busa. Mencuci muka secara rajin diperlukan untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada kulit wajah, sehingga dapat pula mencegah berkembang biak nya bakteri. Karena ketika bakteri berkembang biang pada jerawat anda, maka jerawat akan mengalami peradangan dan menimbulkan rasa sakit.

  1. Diet Karbohidrat dan Rendah Lemak

Mengatur pola makan juga penting dalam mengatasi jerawat keras tidak sakit, salah satunya adalah dengan diet karbohidrat dan rendah lemak. Karena makanan penyebab timbulnya jerawat biasanya berasal dari makanan yang mengandung lemak dan gula tinggi, sehingga menghindari makanan-makanan tersebut penting agar jerawat lebih cepat hilang. Selain itu, produksi sebum atau minyak di kulit juga dapat di kontrol lebih baik lagi.

  1. Gunakan Kosmetik atau MakeUp Secukupnya

Kosmetik atau makeup memang tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari, terutama bagi kaum wanita. Namun penggunaan makeup yang berlebih justru dapat memperparah kondisi jerawat anda, dan dapat menghambat proses penyembuhan jerawat keras tidak sakit di wajah anda. Terlebih lagi jika sisa-sisa makeup tidak dibersihkan secara teratur sebelum tidur, maka dapat pula menghambat proses regenerasi kulit. Oleh sebab itu, untuk mengatasi jerawat keras tidak sakit anda dapat mengurangi atau menghindari penggunaan makeup terlebih dahulu selama proses penyembuhan.

  1. Hindari Memencet Jerawat

Untuk mengatasi jerawat keras tidak sakit agar cepat sembuh atau hilang, maka anda wajib menghindari untuk memegang atau bahkan memencet jerawat. Karena dengan memencet jerawat, maka jerawat akan semakin parah, bahkan dapat pula memicu timbulnya jerawat lebih banyak lagi. Belum lagi, memencet jerawat dapat menyebabkan luka pada jerawat dan meninggalkan bekas jerawat atau bopeng bekas jerawat.

Demikian ulasan mengenai jerawat keras tidak sakit beserta penyebab dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan