Sponsors Link

Jerawat Matang Sebaiknya Diapakan ?

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat adalah bentuk kondisi gejala kulit akibat bakteri penyebab jerawat  yang datang kapan pun dan dimana pun tanpa disadari. Hal ini merupakan masalah yang tidak terlalu serius namun jika tidak diatasi dengan benar akan menimbulkan efek yang fatal. Selain memberikan dampak psikologis akibat jerawat seperti menurunnya rasa percaya diri seseorang terhadap penampilannya sendiri, jerawat dapat pula menjadi parah dan meradang yang akhirnya menyebabkan jerawat batu. Faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat juga bermacam-macam. Bagi remaja jerawat timbul akibat dari bakteri penyebab jerawat serta aktivitas hormon yang berlebihan.

Sponsors Link

Tahap mereka ketika masuk usia puber membuatnya akan lebih rentan untuk terkena jerawat. Bagi seseorang yang sudah dewasa, jerawat juga bisa ditimbulkan dari faktor genetik ataupun kegagalan dalam mengelola stres. Sedangkan bagi ibu-ibu, jerawat bisa ditmbulkan dari efek pengobatan pil KB dan proses menjelang menopause. Lalu bagaimana dengan jerawat yang sudah matang? Apa saja hal yang harus dilakukan dan dihindari dalam merawat jerawat matang? Berikut adalah ulasannya

Hal Yang Harus Dihindari Ketika Jerawat Matang

  1. Jangan menyentuhnya

Menyentuh jerawat akan menjadi biang masalah yang fatal apabila Anda menyentuh jerawat matang dengan menggunakan tangan yang kotor. Seperti kita ketahui tangan adalah wadah yang aman dan efektif bagi pertumbuhan jerawat. Apabila tangan ini menyentuh jerawat matang maka secara otomatis bakteri penyebab jerawat akan pindah dan memicu jerawat baru.

  1. Jangan sering membersihkan wajah

Ketika jerawat matang, hindari pual untuk terlalu sering membersihkan wajah. Karena hal ini dapat mengurangi kelembaban kulit sehingga jerawat matang dapat mudah terserang kuman. Untuk itu, Anda hanya perlu mencuci wajah Anda dua kali setiap hari.

  1. Jangan menggunakan scrub yang keras

Menggunakan scrub yang keras akan membuat rusaknya lapisan kulit dan menyebabkan bekas luka. Apalagi jika scrub yang keras ini mengenai jerawat Anda yang matang, maka bisa dipastikan jerawat matang ini bisa pecah dengan sendirinya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk membicarakan penggunaan scrub terbaik bagi wajah Anda.

  1. Singkirkan rambut

Rambut yang mengenai jerawat matang akan menimbulkan efek iritasi dan infeksi pada kulit. Sebab, minyak yang terdapat di rambut akan dapat berinteraksi dengan minyak di wajah sehingga dapat menyumbat pori-pori dan membaut jerawat baru.

  1. Jangan menggunakan krim anti minyak

Walaupun jerawat memang disebabkan dari adanya produksi minyak berlebih, namun yang perlu Anda perhatikan disini adalah jangan menggunakan krim anti minyak pada jerawat yang matang. Sebab, hal ini bukan malah memperkecil produksi minyak, akan tetapi memicu munculnya jerawat baru dan bertambah banyak. Oleh karena itu ganti produk perawatan wajah dengan dry wash.

  1. Hindari memijat jerawat dengan minyak

Ketika jerawat matang, mohon hindari melakukan pemijatan dengan minyak. Sebab, hal ini tidak memberikan efek yang baik bagi jerawat matang malah membuat jerawat matang menjadi semakin meradang. 

Sponsors Link

  1. Hindari mengkonsumsi makanan penyebab jerawat

Saat Anda mengetahui bahwa jerawat Anda sudah matang, maka hindari kebiasaan penyebab jerawat. Anda bisa mulai mengkonsumsi sayuran anti jerawat dan menghindari mengkonsumsi makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus seperti makanan junk food dan makanan gorengan yang mengandung banyak minyak.

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Jerawat Matang

  1. Segera pencet jerawat

Yang perlu Anda lakukan ketika jerawat sudah matang adalah segera lakukan pemencetan jerawat. Jerawat matang disini adalah jerawat yang sudah terlihat bijinya. Jerawat yang sudah menguning ini memang seyogyanya harus segera dikeluarkan. Anda bisa menggunakan pinset jarum yang ditekankan pada titik jerawat. Akan tetapi, tetap perhatikan kestrerilannnya.

Tangan dan wajah harus dibersihkan dengan menggunakan antisepetik terlebih dahulu, sedangkan pinset harus dicuci dengan alkohol. Jika sudah bersih dan steril, segera cari titik jerawat dan lakukan pemecetan hingga isi jerawat yang kuning keluar. Setelah isi kuning tersebut, akan keluar pula darah kotor dan kemudian cairan bening. Kemudian segera lakukan perawatan setelah melakukan pemencetan.

ads
  1. Mengelupas kulit

Ketika jerawat matang, hal yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pengelupasan kulit. Tujuan dari kegiatan pengelupasan kulit ini adalah untuk menghilngkan sel kulit mati sehingga dapat berganti dengan sel kulit yang baru dan lebih sehat. Segera konsultasikan cara pengelupasan kulit yang benar dengan dokter kulit Anda.

  1. Tetap melakukan pembersihan

Memang membersihkan jerawat terlalu sering bukanlah hal yang dianjurkan, akan tetapi juga jangan dibiarkan. Sebab pembersihan wajah ini berfungsi untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat, debu menyebabkan jerawat dan kuman. Apabila Anda memiliki wajah yang kotor akan menyebabkan jerawat bertambah banyak.

  1. Pakailan pelembab

Walaupun jerawat Anda sudah matang, tetap pakai pelembab kulit. Pelembab yang dipilih harus sesuai dengan jenis kulit Anda atau khusus dengan kulit yang berjerawat, misalnya pelembab yang memiliki kandungan lidah buaya. Sebab, lidah buaya berguna untuk mengatasi radang serta mempercepat proses penyembuhan jerawat matang.

  1. Setia pada satu produk

Kebiasaan Anda untuk selalu berganti-ganti produk kosmetik atau kecantikan akan memberikan efek negatif bagi jerawat matang dan juga kulit Anda. Kosmetik yang dipakai oleh orang lain yang memberikan efek yang bagus belum tentu juga memberikan efek yang bagus pula atau cocok dengan kenis kulit Anda. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai jenis kosmtik yang cocok bagi kulit Anda.

  1. Gunakan tisu

Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa Anda dilarang untuk menyentuh jerawat dengan tangan sebab hal ini dapat mentransfer kuman dari tangan ke kulit wajah. Anda bisa menggunakan tisu khusus untuk kulit jerawat. Hindari menggunakan handuk untuk menyentuh jerawat yang sudah matang sebab jika jerawat matang ini tak sengaja pecah, isi atau bakteri jerawat ini akan menyebar ke seluruh bagian kulit Anda.

Sebenarnya jerawat bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, ketika Anda terlalu acuh tak acuh dan membiarkannya, maka juga dapat berakibat fatal. Berhati-hatilah ketika melakukan pengobatan terhadap jerawat Anda. Salah mengaplikasikan dan merawat wajah dari jerawat bukan malah membuat jerawat sembuh, akan tetapi akan semakin memperparah jerawat yang ada. Hal yang paling aman adalah segera konsultasikan jerawat Anda kepada dokter kulit Anda untuk mendapatkan perawatan yang terbaik bagi penyembuhan jerawat Anda.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan